MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024
Tema
7 : Kebersamaan
Subtema
2 : Kebersamaan
di Sekolah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 3Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah akan
mempelajari tentang menemukan kata sapaan dalam dongeng, menirukan kata sapaan
dalam dongeng, menulis kata sapaan dalam dongeng, mengoreksi penggunaan kata
sapaan, mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis kelamin,
embuat daftar kelompok karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis kelamin,
menentukan pecahan setengah, menentukan pecahan sepertiga, dan menentukan
pecahan seperempat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu Guru.
Ayo
Mengamati
Piket
Kelas
Setiap
hari, semua siswa bertugas menjaga kebersihan kelas.
Setiap
hari, ada beberapa siswa yang bertugas melaksanakan piket.
Setiap
kelompok piket terdiri atas siswa laki-laki dan siswa perempuan.
Masing-masing
siswa bertangggung jawab menjaga kebersihan kelas.
Mereka
saling bekerja sama. Ruang kelas 2, pagi ini sangat bersih.
Ruang
kelas siap digunakan untuk belajar.
Ibu
Guru datang memasuki kelas.
Siswa
memberi salam dan dilajutkan berdoa bersama.
Hari
ini, Siti dan teman-teman menyimak kembali dongeng Kiki dan Kiku.
Menemukan
Kata Sapaan pada Dongeng
Anak-anak,
coba kalian ingat kembali cuplikan dongeng kemarin! “Selamat pagi, Matahari
yang baik,” sapa Kiki ramah. “Selamat pagi juga, Kiki! Ho ho ho, pagi ini
lagilagi kau bangun lebih pagi dariku,” sahut Matahari.
Kata
sapaan yang diucapkan Kiki: Matahari yang baik
Kata
sapaan yang diucapkan Matahari: Kiki
Informasi
:
Kata
sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak
berbicara. Berikut adalah beberapa contoh kata yang dapat digunakan sebagai
kata sapaan.
- Nama diri, seperti Toto, Nur.
- Kata yang tergolong istilah kekerabatan, seperti
bapak, ibu, paman, bibi, adik, kakak, mas, atau abang.
- Gelar kepangkatan, profesi atau jabatan, seperti
kapten, profesor, dokter, soper, ketua, lurah, atau camat.
- Kata nama, seperti tuan, nyonya, nona, Tuhan,
atau sayang.
- Kata nama pelaku, seperti penonton, peserta,
pendengar, atau hadirin.
- Kata ganti Anda.
Penggunaan
kata sapaan itu sangat terikat pada adat-istiadat setempat.. Itulah sebabnya,
kaidah kebahasaan sering terkalahkan oleh adat kebiasaan yang berlaku di daerah
setempat. Namun, yang perlu diingat adalah cara penulisan kata kekerabatan yang
digunakan sebagai kata sapaan, yakni ditulis dengan huruf awal huruf kapital.
Ayo
Berlatih
Bacalah
kembali dongeng Kiki dan Kiku! Tunjukkan kata sapaan yang terdapat pada dongeng
terebut!
No. |
Kalimat |
Kalimat Sapaan |
1. |
“Selamat
pagi, Matahari yang baik,” sapa Kiki ramah. |
Matahari
yang baik |
2. |
“Selamat
pagi juga, Kiki! Ho ho ho, pagi ini lagi-lagi kau bangun lebih pagi dariku,”
sahut Matahari. |
Kiki |
3. |
“Kiku,
pernahkah engkau makan cacing?” tanya Kiki pada suatu hari |
Kiku |
4. |
“Lihat
Kiku! Bu Ayam sedang mengais-ngais tanah. Cacingnya banyak sekali! Tidakkah
engkau ingin memakannya?" tanya Kiki. |
Kiki |
5. |
“Petok.
Petook! Ayo, Kiki, ajak temanmu sarapan bersama,” ajak Bu Ayam. |
Kiki |
Ayo
Berlatih
Coba
kamu tulis daftar nama teman-temanmu yang piket! Kemudian, tentukan jenis
kelaminnya!
Nyatakan
banyak laki-laki atau perempuan dalam bentuk pecahan!
Pasangkan
gambar berikut dengan pecahan yang sesuai!
Banyaknya
siswa laki-laki pada kumpulan siswa berikut sesuai dengan nilai pecahan …
Banyaknya
siswa perempuan pada kumpulan siswa berikut sesuai dengan nilai pecahan …
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan
dengan teman sebangku, bagaimana sikapmu terhadap teman piket yang memiliki
jenis kelamin berbeda!
Tulislah
hasil diskusimu!
Sikap kita terhadap teman piket yang
memiliki jenis kelamin berbeda adalah menghargai dan menghormatinya.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar