Materi Pembelajaran
Hari/ Tanggal : Selasa, 5 Maret 2024
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 4 :
Merawat
Tumbuhan
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang
menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Dengan
bermain peran tentang menaati peraturan di sekolah, siswa dapat mensimulasikan
kegiatan sesuai aturan di sekolah. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat
menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks
percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang
tepat. Dengan mengamati gambar berbagai kemasan tomat, siswa dapat membuat
perbandingan berat dengan berbagai satuan ukuran berat. Sebagai catatan tulisan
ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Halaman sekolah sangat rindang. Banyak pohon dengan
daun yang lebat. Anak-anak mengobrol dan bermain di bawah pohon.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut dengan nada dan intonasi
yang tepat.
Udin : Aku suka sekali bermain di halaman sekolah.
Pohonnya rindang dan udaranya sejuk.
Beni : Aku setuju denganmu Udin. Karena banyak
pohon, kita dapat berlindung dari sinar matahari yang terik.
Niko : Apakah kamu melihat Siti, Dayu, dan Lina? Aku
belum melihat mereka dari tadi.
Beni : Mereka sedang melihat pohon yang mereka tanam
tadi pagi.
Niko : Pohon apa yang mereka tanam?
Beni : Pohon cemara. Apakah kamu pernah melihat
pohon cemara, Niko?
Niko : Sepertinya aku pernah melihat pohon cemara
saat pergi berlibur ke puncak.
Udin : Di manakah mereka menanam pohon cemara?
Beni : Di dekat ruang guru.
Ayo Berkreasi
Setelah membaca percakapan di atas, buatlah
percakapanmu sendiri. Diskusikan bersama dengan teman kelompokmu. Satu kelompok
dapat terdiri atas 3-4 orang.
Berikut adalah situasi percakapan yang dapat
digunakan.
1. Kalian ingin menambahkan tanaman dalam pot untuk
sekolah.
2. Kalian berdiskusi cara merawat tanaman.
3. Kalian memilih tanaman yang akan kalian tanam di
sekolah.
Pilihlah satu situasi yang kalian inginkan, dan
buatlah dalam bentuk percakapan. Tuliskan percakapan kalian pada buku tulis
masing-masing. Dalam percakapan tersebut harus terdapat beberapa kalimat tanya.
Gunakan huruf besar pada awal kalimat. Gunakan kata
tanya dan tanda tanya pada kalimat tanya. Tuliskan dengan huruf tegak
bersambung. Tampilkan di depan kelas percakapan yang kalian buat. Setiap anak harus
mendapat giliran untuk berbicara.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar tanaman tomat berikut!
Ibu guru mengajak para siswa untuk
mengunjungi kebun di belakang sekolah. Di kebun tumbuh tanaman tomat. Tanaman
tomat sudah berbuah dan siap dipetik. Para siswa mengamati buah tomat yang
sudah dikemas dalam plastik.
Sebutkan berat setiap
kemasan tomat dalam plastik tersebut.
500 gram, 1 kg, 2 ons, dan 5 ons
Ayo Berdiskusi
1. Buatlah kelompok bersama temanmu, terdiri atas 3
sampai 4 siswa.
2. Amatilah kembali gambar kemasan tomat di atas.
Buatlah berbagai perbandingan berat tomat dengan berbagai satuan ukuran berat.
Jangan lupa menggunakan tanda >, <, atau = 210
Contoh: Berat tomat 500 Gram = 5 ons
Ayo Berlatih
Saat bekerja kelompok, sikap-sikap apa yang
diperlukan agar tugas dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu?
Diskusikan pertanyaan di atas dengan teman di sebelahmu. Kemudian kerjakan
soal-soal berikut!
Berikan tanda centang (✔) jika pernyataan sesuai dengan tata tertib. Berikan
tanda silang (X) jika pernyataan tidak sesuai dengan tata tertib sekolah.
Pernyataan |
Jawaban |
Siswa mengobrol saat guru menjelaskan tugas yang harus
dikerjakan. |
x |
Siswa aktif memberikan pendapat pada diskusi kelompok. |
✔ |
Siswa mendengarkan dengan baik ketika temannya berpendapat. |
✔ |
Siswa menanggapi pendapat temannya dengan santun. |
✔ |
Hasil diskusi disimpulkan berdasarkan pendapat satu anggota. |
x |
Tuliskan kembali pernyataan yang mendapat tanda
silang (X).
Contoh: Siswa mengobrol saat guru menjelaskan tugas
yang harus dikerjakan.
Akibatnya: Siswa tersebut kurang memahami tugas yang
harus diselesaikan, sehingga tidak bisa berperan aktif dalam kelompok.
1. Siswa mengobrol saat guru menjelaskan tugas yang
harus dikerjakan.
Akibatnya: Siswa tidak memahami tugas apa yang harus
dikerjakan.
2. Hasil diskusi disimpulkan berdasarkan pendapat satu
anggota.
Akibatnya: Pendapat anggota lain tidak didengarkan
sehingga timbul perselisihan.
Ayo
Renungkan
Tuliskan
hal-hal yang sudah kamu pelajari hari ini.Tuliskan kesulitan-kesulitan yang
kamu temukan pada kegiatan pembelajaran hari ini
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar
hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya
hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran
hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar