Kamis, 07 Maret 2024

Kelas 2. Tema 7 Subtema 1 PB 3 dan 4

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Jumat, 8 Maret 2024

Tema 7                               :  Kebersamaan 

Subtema 1                         :  Kebersamaan di Rumah

Pembelajaran                   :  3

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 1 Kebersamaan di Rumah akan mempelajari tentang memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan di rumah, membedakan warna kesukaan, membuat dafar hasil pengamatan tentang warna kesukaan siswa, menentukan sikap terhadap teman yang memiliki karakteristik berbeda, menemukan isi dongeng, menentukan pecahan, menemukan konsep pecahan,, dan menentukan pecahan. Sebagai catatan tulisan ini hanya digunakan sebagai panduan saja saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru dalam kelas. Berikut ini kegiatan pembelajarannya.

 

Ayo Mengamati

Amatilah gambar kegiatan Siti berikut!

Di rumah Siti sedang diadakan acara silaturahmi keluarga.

Silaturahmi keluarga diadakan setiap bulan.

Suasana silaturahmi menandakan kebersamaan dalam keluarga.

Semua hidup rukun

Siti membantu Ibu menyiapkan kue.

Ibu membuat kue puding.

Ibu mencetak kue dengan ukuran kecil.

Ada yang diberi warna cokelat.

Ada yang berwarna putih.

Ada yang diberi warna hijau.

Ada yang diberi warna merah.

Semua menggunakan pewarna alami.

Anak-anak bermain sambil menikmati kue puding.

Mereka bergembira mendengarkan cerita teman.

 

Ayo Berlatih

Ayo, cari tahu warna kesukaan Siti dan temantemannya!


Lengkapilah tabel berikut berdasarkan warna kesukaan teman sekelas.


Hasil pengamatan

No.

Warna Kesukaan

Banyak Siswa

1.

Warna Hijau

2.

Warna Cokelat

1

3.

Warna Merah

4.

Warna Putih

5.

Warna Lain

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Warna apakah yang paling banyak disukai siswa di kelasmu?

2. Warna apakah yang paling sedikit disukai siswa di kelasmu?

3. Apakah kamu dapat menemukan warna lain yang tidak disebutkan pada tabel?

 

Sambil menikmati kue puding,

Siti dan saudaranya bertukar cerita.

Siti dengan antusias menceritakan dongeng “Ular dan Tikus”

Siti mendapat cerita tersebut dari Ali.

 

Ayo Bercerita

Ceritakan kembali dongeng fabel “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” secara bergantian di depan kelas!

Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan

 

Di sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Ular sangat ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat memangsanya.

 

Pada suatu hari, ketika tikus sedang tertidur di sarangnya, ular mengendap-endap ingin memaksanya. Ketika ular akan memakannya, tikus berkata bahwa apabila ular memakannya maka ular tidak akan mempunyai teman yang diajak mencari makan lagi.

 

Ular berpikir bahwa perkataan tikus benar, bahwa ia akan mati karena hidup sendiri dan tidak mempunyai teman yang diajaknya mencari makan. Ular kemudian meminta maaf dan mereka mencari makan bersama-sama.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Mengapa sang Ular ingin memangsa Tikus?

Jawab: Sang ular ingin memangsa tikus karena Ular iri melihat Tikus makan dengan lahap, sementara Ular kelaparan

2. Tikus berbicara kepada Ular, jika ingin makan dirinya maka yang harus dilakukan adalah ….

Jawab: Jika ingin makan maka harus bekerja mencari makan

3. Ular tidak jadi memakan Tikus karena mereka berdua tidak bisa....

Jawab: Ular tidak jadi memakan tikus karena meraka berdua tidak bisa hidup sendiri

4. Ular meminta maaf kepada Tikus, apakah Tikus memaafkan sang Ular?

Jawab: Ular meminta maaf kepada tikus dan tikus memaafkan Sang Ular.

5. Setelah Ular dan Tikus hidup bersama, apakah yang mereka lakukan bersama?

Jawab: Ular dan Tikus mencari makan bersama

 

Siti memotong kue pudingnya menjadi tiga bagian sama besar.

Puding dipotong menjadi 3 bagian sama besar. 1 potongan dapat dinyatakan dengan pecahan sepertiga.

1/3 dibaca sepertiga atau satu pertiga

Terdapat tiga potongan sama besar = 1/3 bagian . Masing-masing potongan = 1/3 bagian. Ada potongan 1/3 sebanyak 3 buah.

 

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar berikut!

Puding di samping dipotong menjadi 3 bagian. Apakah masing-masing potong 1/3 bagian?

Tuliskan hasil diskusimu dengan teman sebangku!

Puding yang dibagi menjadi bagian yang sama besar, maka masing-masing potongan puding besarnya adalah 1/3.

Agar lebih jelas saksikan video berikut ini !

 

Ayo Berlatih

1.

Siti memotong kertas menjadi tiga bagian sama besar. Setiap bagian disebut ______1/3 ____ bagian.



2.

Sebuah kue dipotong menjadi 3 bagian. Setiap bagian sebesar 1/3. Masing-masing potongan harus ____sama besar______



3.

. Siti ingin membagi sebuah kue. Masing-masing bagian sebesar 1/3. Maka kue tersebut dibagi menjadi ___3____ bagian sama besar.



 

Arsirlah sepertiga dari gambar berikut!


Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangku, bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda? Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!

Sikapku terhadap teman yang berbeda warna kesukaan adalah harus saling memahami dan menghormati kesukaan masing-masing.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih sikap yang benar dengan memberi tanda centang (√)!

1.

Siti menyukai puding warna hijau. Sikap Siti terhadap Dayu yang menyukai puding warna cokelat adalah …

mengejek

√ menghormati

bertengkar

2.

Siti dan Dayu menyukai puding yang berbeda, maka mereka harus ...

mengolok

√ menghormati

rukun

3.

Siti memiliki kue. Siti membagi kue tersebut menjadi tiga bagian sama besar. Kemudian, Siti membagi 1/3 bagian kepada Dayu dan 1/3 bagian diberikan kepada Edo. Siti menunjukkan sikap ...

√ adil

angkuh

dengki

4.

Siti dan keluarganya selalu tolong-menolong. Mereka tidak pernah bertengkar. Mereka saling menyayangi. Siti dan keluarganya selalu ...

hidup mewah

√ hidup rukun

hidup ramai

 

Ayo Mengamati

Belajar di Rumah 


Hampir setiap malam, Siti dan Ali bersama keluarga melaksanakan salat Magrib berjamaah.

Setelah salat, Siti dan Ali belajar mengaji.

Usai mengaji, Siti dan Ali belajar.

Ibu mengajari Siti mengerjakan tugas sekolah.

Ayah mengajari Ali mengerjakan tugas sekolah

 

Ayo Berlatih

Ayo, cari tahu kebersamaan setiap keluarga dalam menjalankan agamanya masing-masing!

Kegiatan Keagamaan Bersama Keluarga

Berdasarkan gambar tersebut, tulislah kegiatan keagamaan Siti dan teman-temannya!

No.

Nama

Kegiatan Keagamaan

1.

Siti

Siti mengaji bersama keluarga

2.

Beni

Beni beribadah bersama keluarga di Gereja

3.

Edo

Edo beribadah bersama keluarga di Gereja

4.

Dayu

Dayu beribadah bersama keluarga di Pura

5.

Lani

Lani beribadah bersama keluarga di Kelenteng

6.

Lina

Lina beribadah bersama keluarga di Wihara

 

Ayo Berlatih

Tulislah kegiatan kebersamaan di rumah yang berkaitan dengan pelaksanaan agama masing-masing!

Kegiatan kebersamaanku di rumah bersama keluarga adalah …

Contoh kegiatan kebersamaan dalam keluarga yang berkaitan dengan pelaksanaan agama antara lain :

1.       Beribadah bersama anggota keluarga.

2.       Membaca kitab suci bersama keluarga

3.       Merayakan hari besar agama bersama keluarga.

4.       Berdoa bersama anggota keluarga.

Ayo Berdiskusi

Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kegiatan keagamaan berbeda di rumah bersama keluarga!

Kita harus menghargai dan menghormati teman yang memiliki kegiatan agama yang berbeda

Siti mengerjakan tugas sekolah.

Siti menulis ulang cerita dongeng yang diceritakan ibu guru.

Siti menulis ulang dongeng dengan bahasa sendiri.

 

Ayo Menulis

Tulislah kembali dongeng “Kecerdikan Membawa Kebaikan” dengan bahasamu sendiri!

Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan

 

Di sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Ular sangat ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat memangsanya.

 

Pada suatu hari, ketika tikus sedang tertidur di sarangnya, ular mengendap-endap ingin memangsanya. Ketika ular akan memakannya, tikus berkata bahwa jika ular memangsannya maka ular tidak akan mempunyai teman yang diajak mencari makan lagi.

 

Ular berpikir bahwa perkataan tikus benar, bahwa ia akan mati karena hidup sendiri dan tidak mempunyai teman yang diajaknya mencari makan. Ular kemudian meminta maaf dan mereka mencari makan bersama-sama.

 

Setelah mengaji dan belajar,

Siti dan keluarga menikmati kue.

Ibu menyiapkan kue.

Ibu memotong setiap kue menjadi empat bagian yang sama besar.

 

Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan Membuat pecahan 1/4 harus membagi satu benda utuh menjadi 4 bagian yang sama besar. Masing-masing bagian bernilai 1/4.

1/4 dibaca seperempat atau satu perempat

 

Ayo Berlatih

Lengkapilah pernyataan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1.

Siti memotong sebuah kertas berbentuk persegipanjang menjadi 4 bagian.
Masing-masing potongan sama besar.
Setiap potongan adalah __1/4__ bagian.



2.

Siti memiliki sebuah kue lapis. Ia ingin mendapatkan 1/4 bagian.
Siti membagi menjadi ___4____ bagian sama besar.



3.

Perhatikan gambar kertas berikut! Kertas di samping diberi 4 warna berbeda. Masing-masing warna luasnya sama.
Luas warna biru adalah __1/4__ bagian.
Luas warna merah adalah __1/4__ bagian.
Luas warna hijau adalah __1/4__ bagian.
Luas warna kuning adalah __1/4__ bagian.



4.

Siti menggunting kertas berbentuk daerah lingkaran.
Kemudian, ia mengguntingnya lagi sehingga menjadi bentuk seperti gambar di samping.
Bagian yang hilang atau digunting adalah __1/4___ bagian dari lingkaran.



 

Apakah masing-masing potongan martabak di bawah adalah seperempat bagian?

Tuliskan hasil diskusimu!

Masing-masing potongan kue martabak tidak sama besar, sehingga tidak dapat disebut 1/4

Arsirlah seperempat bagian dari gambar berikut! 


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


 






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...