MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis,
21 Maret 2024
Tema
7 : Kebersamaan
Subtema
2 : Kebersamaan
di Sekolah
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah akan mempelajari tentang
mengelompokkam teman berdasarkan kegemaran, menyajikan hasil pengamatan tentang
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah, menuliskan cerita
berdasarkan gambar, dan memahami isi dongeng. Sebagai catatan tulisan ini hanya
sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu
guru. Berikut ini kegiatan pembelajaran pada pertemuan kelima.
Pagi
ini, Pak Guru mengajak Beni dan teman-temannya bermain.
Mereka
bermain Pipa Sumur.
Sebelum
melakukan permainan, mereka melakukan pemanasan.
Mereka
melakukan gerakan memutar dan menekuk di air.
Kemudian,
mereka melakukan permainan pipa sumur.
Setiap
tim bekerja sama dengan baik.
Seluruh
siswa kembali ke kelas.
Mereka
berencana membawa bekal ketika pergi ke kolam renang.
Mereka
berdiskusi makanan yang sesuai untuk bekal.
Mereka
memilih buah dan kue.
Ayo
Berlatih
Carilah
informasi tentang kue kesukaan dan buah kesukaan teman sekelasmu
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan
dengan teman sebangku, bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kue
kesukaan dan buah kesukaan berbeda!
Tulislah
hasil diskusimu!
Saya akan tetap menghormati kesukaan mereka
karena itu adalah hak teman dan kita tidak boleh memaksakan kehendak kita
kepada orang lain
Ayo
Menulis
Perhatikan
gambar di bawah! Buatlah suatu cerita berdasarkan gambar di bawah!
Tulislah
sebuah cerita dari gambar di atas!
Ada
dua ekor burung kecil yang tinggal di dahan pohon. Mereka bernama Pipit dan
Puput. Pipit selalu bangun pagi sebelum matahari terbit. Puput tak pernah
bangun kalau matahari belum berada di atas pucuk pohon. Karena tidur terlalu
lama dan jarang berolahraga,
Pipit bersusah payah membangunkan puput,
karena masih mengantuk, Puput sering menutup matanya. Pipit memberi tahu dafi
bahwa Ibu ayam sedang mengais tanah dan memperoleh banyak cacing karena bangun
pagi. Ibu ayam mengajak mereka sarapan cacing bersama. Puput sangat senang
karena makan cacing di pagi hari untuk sarapan dan merasa senang ketika bangun
pagi. Sejak saat itu, Puput berjanji untuk selalu bangun pagi bahkan sebelum
Ayam Jantan mulai berkokok.
Ayo
Membaca
Bacalah
cerita yang telah kamu tulis di depan kelas!
Ayo
Berlatih
Jawablah
pertanyaanpertanyaan berikut!
1.
Siapakah tokoh dalam cerita yang kamu tulis?
Jawab: Tokoh dalam cerita yang saya tulis
antara lain : Puput, pipit, dan ibu ayam
2.
Sikap apa yang kamu temukan dalam cerita yang kamu tulis?
Jawab: Sikap yang saya temukan antara lain
sikap Pipit yang baik karena selalu membangunkan Puput, Puput burung yang malas
untuk bangun pagi namun mau memperbaiki diri dan Ibu ayam yang baik hati.
3.
Berilah contoh perilaku yang mencerminkan persahabatan dalam cerita yang kamu
tulis!
Jawab: Contoh perilaku yang mencerminkan
persahabatan adalah Pipit selalu membangunkan Puput dan mengajaknya berubah
menjadi burung yang lebih baik dan lebih rajin
4.
Berilah contoh perilaku yang mencerminkan persahabatan dalam lingkungan
sekolahmu!
Jawab: Contoh perilaku yang mencerminkan
persahabatan antara lain saya selalu bermain dengan teman yang lain tanpa
membeda bedakan jenis kelamin atau agama. Kami selalu rukun dan suka saling
membantu.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar