Materi Pembelajaran
Hari/ Tanggal : Senin, 4 Maret 2024
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema 4 :
Merawat
Tumbuhan
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang
menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan
kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai
ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan
dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan
tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca
kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Di halaman sekolah Siti, terdapat banyak tanaman. Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah. Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas. Siti, Beni, dan Dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.
Lalu, angin berubah arah. Angin bertiup dari kiri.
Liukkan pinggangmu ke kanan. Lakukan dalam 8 kali hitungan. Angin kembali
berubah arah. Kali ini, angin bertiup dari belakang. Liukkan badanmu ke depan.
Lakukan dalam 8 kali hitungan.
Sekarang, cobalah berpasang-pasangan dalam melakukan
gerakan ini. Satu anak akan memberi perintah, dan anak lainnya akan melakukan
gerakan. Ayo, meliuk-liuk seperti rumput! Lakukan sesuai ketukan.
Ayo Berdiskusi
Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat
tanaman yang ada di sekolah. Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk
kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin. Dayu dan Lani ditugaskan pada
hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari Rabu. Pada hari Rabu, Niko
datang terlambat. Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.
Diskusikan dengan temanmu hal-hal berikut ini.
1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang
terlambat?
2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata
tertib?
3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu?
4. Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman
kalian yang melakukan hal seperti Niko?
Tuliskan hasil diskusi kalian pada kotak yang
tersedia.
Ayo Berlatih
Pasangkan tata tertib sekolah berikut dengan manfaat
yang tepat.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu ketika melakukan piket kelas.
Supaya memudahkan bercerita, jawablah pertanyaan berikut!
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar
hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari
ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran
hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar