MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis,
09 November 2023
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
1 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 5. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan dapat menemukan serta mengartikan kosakata yang berkaitan dengan cara
menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, dapat melakukan
pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang cara menjaga kesehatan lingkungan
pedoman menggunakan isi teks yang telah dibaca, mengidentifikasi berbagai
kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman, dapat
menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di
sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan prosedur gerak kelenturan
tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
Kelas dan pekarangan sekolah Dayu telah bersih. Dayu mengetahui cara
menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan sehat.
Ayo
Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
Jawablah pertanyaan berikut
sesuai dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman!
1. Apa isi percakapan ibu guru, Dayu, dan temanteman?
Jawab:
...................................................................
2. Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah?
Jawab:
...................................................................
3. Apa saja alat-alat yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan?
Jawab:
...................................................................
4. Bagaimana pendapatmu dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Jika kamar mandi sekolahmu kotor, apa yang akan kamu lakukan?
Jawab:
...................................................................
Ayo
Berdiskusi
Temukan kata yang dibentuk pada tabel dengan makna berikut!
1. Wadah yang diberi tangkai untuk mengambil air.
2. Tempat air berbentuk tabung.
3. Pembersih yang dibuat dari bulu dan diberi dasar tempat berpegang.
Ayo
Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Apa isi teks di atas?
Sudah tahukah kamu cara menjaga kelas agar bersih dan sehat?
Ayo
Mengamati
Amati gambar di bawah ini!
Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Ayo
Menulis
Tuliskan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!
Bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo
Mengamati
Dayu dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang kelas.
Mereka menjaga kebersihan kelas bersama.
Sikap mereka pantas untuk ditiru.
Sikap itu merupakan contoh kebersamaan di kelas.
Tahukah kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap kebersamaan di
kelas?
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Sikap apa saja yang harus dimiliki agar dapat terwujud kebersamaan di
kelas?
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu!
Diskusikan sikap yang harus dimiliki agar terwujud sikap kebersamaan di
kelas!
Biasakan di kelasmu sikap-sikap seperti di atas!
Ayo
Berlatih
Coba ceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kebersamaan dengan
temanmu di kelas!
Ayo
Mengamati
Kelas yang bersih nyaman untuk belajar.
Nyaman juga untuk melaksanakan berbagai bentuk kegiatan.
Misalnya untuk latihan melenturkan tubuh.
Latihan ini membuat tubuh lentur dan tidak kaku.
Latihan melenturkan tubuh banyak caranya.
Misalnya kombinasi gerakan persendian leher, persendian lengan, dan
persendian pinggang.
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Ayo
Mencoba
Lakukan permainan meliukkan badan sambil memegang bola dalam
kelompokmu!
Sebelum bermain, lenturkan tubuhmu terlebih dahulu!
Kemudian, ceritakan perasaanmu setelah bermain!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar