MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 20
November 2023
Tema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat
Subtema
4 : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema kedua di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 4
mengenai Hidup Bersih dan Sehat.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 1. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, mencatat isi teks yang berkaitan
dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat, melalui diskusi
kelompok dapat menemukan dan menjelaskan
kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang
lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca secara benar,
dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat, dengan mengamati gambar
dan model bangun ruang dapat menentukan dan mengelompokkan bangun ruang
berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.
Tempat umum merupakan milik bersama.
Tempat umum di antaranya jalan raya, pasar,
terminal, dan tempat wisata.
Kebersihan tempat umum wajib kita jaga.
Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa
nyaman.
Apa yang dilakukan Dayu, teman-teman,
dan warga pada gambar?
Bagaimana pendapatmu tentang
kegiatan yang mereka lakukan?
Apakah kamu setuju dengan
kegiatan mereka?
Kelas Dayu melakukan karyawisata.
Mereka berkunjung ke Kebun Raya
Bogor.
Petugas memberikan penjelasan
kepada Dayu dan teman-teman.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membacakan
percakapan berikut!
1. Apa isi percakapan petugas
kebun, dayu, dan teman-teman?
2. Apa saja yang ada di Kebun
Raya Bogor?
3. Mengapa Kebun Raya Bogor harus dibersihkan?
4. Bagaimana pendapatmu terhadap
isi percakapan petugas kebun, Dayu, dan temanteman?
5. Apa yang akan terjadi jika
Kebun Raya Bogor jarang dibersihkan?
Ayo Berdiskusi
Coba diskusikan dengan temanmu
makna katakata berikut!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan
nyaring!
Informasi apa yang kalian peroleh
dari cerita di atas?
Ayo Mengamati
Tuliskan hasil pengamatanmu
terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!
Coba bacakan laporan yang kamu
buat dengan nyaring!
Ayo Berkreasi
Banyak daun kering berjatuhan di
Kebun Raya Bogor.
Daun-daun kering itu selalu
dibersihkan setiap hari.
Daun kering dapat dibuat menjadi
hiasan. Perhatikan gambar berikut!
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah sebuah hiasan menggunakan
daun kering yang ada di sekitarmu!
Perhatikan contoh hiasan yang
telah ada!
Dengarkan petunjuk gurumu
terlebih dahulu!
Ayo Mengamati
Amati hasil karya Dayu dan
teman-teman berikut!
Dayu dan teman-teman membuat
hiasan berupa vas bunga.
Vas bunga berbentuk balok.
Balok merupakan contoh bangun
ruang.
Bangun ruang mempunyai rusuk,
sisi, dan titik sudut.
Masih ingatkah kamu dengan banyak
rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok?
Perhatikan kembali gambar di
bawah dengan teliti!
Ayo Berdiskusi
Jodohkan bangun ruang yang sesuai
dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut berikut!
Dayu dan warga sekitar melakukan
kerja bakti.
Mereka membersihkan jalan raya.
Ada yang membenahi taman.
Ada yang menyapu jalan.
Ada juga yang membersihkan dan
memperbaiki selokan.
Warga di lingkungan Dayu hidup
rukun.
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan
nyaring!
Apa isi teks yang telah kamu
baca? Tahukah kamu bagaimana jalan raya yang bersih dan sehat?
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah ini!
Coba bacakan laporan yang kamu
tulis dengan nyaring!
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah ini!
Kegiatan apa yang mereka lakukan
seperti pada gambar?
Bagaimana mereka melakukannya?
Mendorong gerobak dan memikul
beban menggunakan kekuatan otot.
Masih ingatkah kamu bagaimana
cara melatih kekuatan otot?
Kita dapat melatih kekuatan otot
melalui permainan.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Tahukah kamu bagaimana cara
melakukan permainan menggendong teman?
Lakukanlah permainan menggendong
teman dengan pasanganmu!
Lakukan dengan hati-hati dan
percaya diri!
Ayo Berdiskusi
Dayu dan teman-teman bermain
menggendong teman.
Mereka bermain dengan rukun dan
kompak.
Sikap itu menunjukkan kebersamaan
dalam berolahraga.
Tahukah kamu contoh olahraga lain
yang membutuhkan kerja sama yang baik?
Coba diskusikan dengan temanmu
contoh olahraga lain yang membutuhkan kerja sama yang baik!
Coba ceritakan hasil diskusimu!
Sikap apa yang harus kamu miliki
agar terwujud kerja sama yang baik ketika berolahraga?
Coba diskusikan dengan temanmu!
Nah, bekerja sama merupakan wujud
persatuan.
Biasakan sikap-sikap di atas
dalam kehidupan sehari-hari!
Coba ceritakan olahraga yang
pernah kamu lakukan.
Ceritakan olahraga yang
menunjukkan persatuan dengan temanmu.
Ceritakan dengan jelas dan jujur!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar