MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 06
November 2023
Tema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema kedua di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 4
mengenai Hidup Bersih dan Sehat.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 1. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan bisa menemukan dan
menjelaskan arti kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan
teks yang dibacakan, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan kaki dengan
benar, juga kalian dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan
banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
Hidup bersih dan sehat tidak
hanya di rumah.
Kita juga harus hidup bersih dan
sehat di sekolah.
Kebersihan sekolah menjadi
tanggung jawab semua warga sekolah.
Dayu dan teman-teman menyadari
hal itu.
Apa yang dilakukan Dayu dan
teman-teman?
Apakah kamu setuju dengan
kegiatan mereka?
Pernahkah kamu melakukan
kegiatan seperti mereka?
Bagaimana perasaanmu setelah
melakukan kegiatan itu?
Dayu dan teman-teman sedang
bermusyawarah.
Mereka membahas persiapan lomba
kebersihan antarkelas.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca
teks di bawah ini!
Jawablah
pertanyaan berikut sesuai hasil musyawarah Dayu dan teman-teman!
1. Kegiatan apa yang akan
diikuti Dayu dan temanteman?
2. Apa hasil musyawarah Dayu dan
teman-teman?
3. Bagaimana pendapatmu terhadap
hasil musyawarah mereka?
4. Apa saja peralatan yang perlu
mereka siapkan?
5. Menurutmu, apa manfaat
kegiatan yang akan mereka lakukan?
Ayo Berdiskusi
Temukanlah makna kata-kata
berikut dengan benar!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan
lafal dan intonasi yang sesuai!
Ayo Mengamati
Kelas Dayu adalah kelas yang
bersih.
Sudah tahukah kamu ciri-ciri
kelas yang bersih?
Amatilah gambar di bawah
dengan teliti!
Bagaimana suasana kelas yang
kamu amati?
Apakah kamu mengerti isi gambar?
Ayo Menulis
Tuliskanlah hasil pengamatanmu terhadap gambar pada kolom berikut!
Coba
bacakan laporan yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Dayu dan teman-teman telah
bergotong-royong.
Ada yang menyapu lantai.
Ada yang membersihkan kaca.
Ada juga yang menata kelas.
Gerakan menyapu lantai dapat
dibuat dalam bentuk tari.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Ayo Mencoba
Dengarkan petunjuk gurumu
terlebih dahulu!
Tirukan gerakan menyapu
lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!
Dapatkah kamu meniru gerakan
tari di atas?
Lakukan tanpa iringan musik
terlebih dahulu!
Jika sudah bisa, lakukan
dengan iringan musik!
Alat musik yang dapat
digunakan misalnya gendang, rebana, tamborin, atau tifa.
Jika alat musik di atas tidak
ada, gunakan bendabenda di sekitar kelasmu sebagai alat musik.
Misalnya saja botol plastik
bekas.
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali gambar
gendang dan tifa di atas!
Dinding gendang membentuk
pola segitiga.
Dinding tifa membentuk pola
segi empat dan segitiga.
Masih ingatkah dengan sisi,
sudut, dan titik sudut pada bangun datar?
Ayo Berlatih
Masih ingatkah dengan sisi,
sudut, dan titik sudut pada bangun datar?
Untuk meningkatkan
pemahamanmu, kelompokkan bangun datar berikut!
Kelompokkan sesuai dengan
banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan
lafal dan intonasi yang tepat!
Apa isi teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini
dengan teliti!
Apa yang dapat kamu
ceritakan pada gambar tersebut?
Apakah kamu mengerti dengan
isi gambar?
Tuliskan hasil pengamatanmu
terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!
Coba bacakan laporanmu
dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Dayu dan teman-teman
bergotong-royong.
Bergotong-royong
mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan.
Kebersamaan merupakan wujud
dari persatuan.
Sikap Dayu dan teman-teman
pantas ditiru.
Mereka juga menunjukkan
sikap kebersamaan dalam kegiatan lain.
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan
kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
Tuliskanlah sikap-sikap yang
harus dimiliki agar tercipta persatuan di sekolah!
Coba ceritakan hasil kerjamu
dengan jelas!
Biasakan sikap-sikap tersebut
dalam kehidupanmu sehari-hari!
Dayu dan teman-teman
melakukan kegiatan bersama dalam berolahraga.
Mereka melatih keseimbangan
posisi telentang, miring, dan telungkup.
Perhatikan
gambar di bawah dengan teliti!
Cara melakukan:
1. Mula-mula telentang
dengan posisi badan lurus.
2. Kepala dan pinggang
ditekuk ke depan.
3. Tahan beberapa saat
semampunya.
Cara melakukan:
1. Mula-mula berbaring
miring dengan kedua kaki lurus (gambar A).
2. Salah satu kaki diangkat
(gambar B).
3. Tahan beberapa saat
semampunya.
4. Salah satu kaki ditekuk
ke belakang (gambar C).
5. Tahan beberapa saat
semampunya.
Cara melakukan:
1. Mula-mula telungkup
dengan kedua kaki lurus dan kepala menghadap ke bawah (gambar A).
2. Salah satu kaki diangkat
dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar B).
3. Kedua kaki diangkat dan
ditahan beberapa saat semampunya (gambar C).
Lakukanlah
gerakan keseimbangan pada posisi telentang, miring, dan telungkup!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar