MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Selasa, 07
November 2023
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 3. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat
dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca
dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan
hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul,
memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan
mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut
dengan benar.
Dayu dan teman-teman belajar
tentang ruang kelas yang tidak bersih.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks
percakapan guru, Dayu, dan teman-teman berikut!
Jawablah pertanyaan berikut dari
teks percakapan!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu,
dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang
tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang
isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan
jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat
teman membuang sampah di ruang kelas?
Ayo Berdiskusi
Isilah teka-teki silang berikut
dengan benar!
Mendatar : 1. Binatang amat kecil
yang menyebabkan penyakit.
Menurun : 1. Tidak mengandung
air.
2. Mengandung air.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Informasi apa yang kamu peroleh
dari teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan
teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati?
Apa yang kamu lakukan jika
melihat kelasmu seperti pada gambar?
Tuliskan tentang kelas yang tidak
bersih berdasarkan pengamatanmu!
Bacakan laporanmu dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Kelas yang tidak bersih harus
dibersihkan.
Kelas harus disapu agar tidak ada
debu yang menempel.
Gerakan menyapu dapat membentuk
gerakan tari.
Masih ingatkah kamu gerakan
menyapu lantai dalam bentuk tari?
Amati kembali gambar di bawah
dengan teliti!
Ayo Mencoba
Sebelumnya kamu sudah melakukan
gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu
lantai dalam bentuk tari dengan hitungan.
Misalnya saja 2 x delapan
selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali
dengan alat musik.
Misalnya saja gendang, rebana,
tamborin, atau tifa.
Jika alat musik di atas tidak
ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu.
Misalnya saja botol plastik
bekas.
Amati gambar berikut dengan
teliti!
Ayo Mengamati
Coba amati kembali gambar alat
musik tifa.
Permukaan dinding tifa membentuk
pola bangun datar.
Segitiga dan segi empat merupakan
contoh bangun datar.
Tahukah kamu contoh bangun datar
yang lain?
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Berapa banyak sisi, sudut, dan
titik sudut bangun datar di atas?
Ayo Berdiskusi
Tentukanlah bangun datar yang
sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!
Ayo Berlatih
Untuk meningkatkan pemahamanmu,
coba kelompokkan bangun-bangun datar berikut!
Kelompokkan sesuai dengan banyak
sisi, sudut, dan titik sudutnya!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar