SENI RUPA dan MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Rabu / 18 September 2024
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Materi : Menggambar / Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar
CP :
Mengalami (Experiencing) ·
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur
rupa. Merefleksikan
(Reflecting) ·
Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan
menggunakan kosa kata sehari-hari. Berpikir dan
Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) ·
Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan
dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang
tersedia di lingkungan sekitar. Menciptakan
(Making/Creating) ·
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya
terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna. Berdampak (Impacting) ·
Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan
keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak
positif bagi dirinya. |
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenali, mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya. Mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya. Sebuah bentuk dan menggambarkannya kembali berdasarkan hasil sudut pandang masing-masing dan
Siswa mampu mendiskusikan apa yang dimaksud dengan karya original.
Bismillah...
Assalamu'alaikum anak sholih/ah...
Bagaimana kabarnya pagi ini?
In syaa Allah, hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran di minggu sebelumnya ya Nak.
Sekarang, kita akan membuat gambar anak ayam dan kereta api dari potongan-potongan bangun geometri sebagai berikut!
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Ukuran Waktu
CP :
Pada akhir fase A, peserta didik dapat
menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai)
bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan
seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan
bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta
mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.
Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun
datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka
dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir,
mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan
piktogram paling banyak 4 kategori.
TP : Siswa dapat membaca pada jam dinding dalam satuan menit.
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
BalasHapusDalam kegiatan Seni Budaya, anak-anak berlatih membuat suatu gambar dari gabungan bidang di benda seni yang terdiri dari lingkaran, persegi, segitiga, maupun persegi panjang.
Dalam pembelajaran Matematika, Alhamdulillah anak-anak sudah memahami mengenai satuan waktu menggunakan alat bantu jam.