Senin, 02 September 2024

Kelas 2.B. "Bahasa Indonesia"

  MATERI AJAR

BAHASA INDONESIA

 

Hari / Tanggal                    :  Senin / 2 September 2024

Kelas                                   :  2. B

Materi                                 :  Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis   Olahraga

CP                                       : 

·      Menyimak

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

·      Membaca dan Memirsa

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3.    Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

·      Berbicara dan Mempresentasikan

1.    Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3.    Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.

4.    Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

·      Menulis

1.    Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3.    Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

TP                                   : 

Mengamati

Melalui mengamati grafik bersama guru, peserta didik dapat menemukenali informasi dalam sebuah grafik.

Menulis

        Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang         sederhana.



·         Dampingi peserta didik mengamati grafik “Olahraga kesukaanku”.

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama olahraga yang ada di dalam grafik.

·         Tanyakan juga tentang fungsi angka yang ada pada garis vertikal.



·         Dampingi peserta didik mengamati gambar grafik sekali lagi.

·         Kemudian, diskusikan pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami informasi yang tersedia pada grafik.

·         Beri kesempatan kepada peserta didik yang ingin bertanya lebih lanjut tentang grafik olahraga.




Sekian materi hari ini, Ibu guru akhiri Wassalamu'alaikum Wr.Wb.










1 komentar:

  1. Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
    Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa sudah sebagian besar siswa memahami mengenai pengelompokkan suatu benda yang sama dalam bentuk grafik maupun tabel. Masih ada 5 siswa yang harus didampingi secara khusus dalam memahami materi hari ini.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...