Rabu, 18 September 2024

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                    MATERI AJAR

P5 DAN BAHASA INDONESIA

 

 

Hari / Tanggal                   :  Kamis / 19 September 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                 :  P5

Aktivitas 9                         :  RAMBU-RAMBU LALU LINTAS

Media                                 :  Video dan Praktek

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^

Untuk Minggu ini, kita akan membuat Rambu-Rambu Lalu Lintas yang sering kita temui di jalan raya.




Gambar rambu-rambu lalu lintas atau traffic sign yang terpasang di sepanjang jalan bukan sekedar hiasan saja. Tapi rambu-rambu tersebut memiliki peran penting bagi para pengguna jalan. Tanpa adanya rambu-rambu lalu lintas mungkin saja pengguna jalan bisa tersesat atau bahkan berpotensi mengalami laka lantas.

1. Rambu Peringatan


2.  Rambu Perintah

3.  Rambu Larangan




4.  Rambu Petunjuk


Materi                                 :  Mengenal Cara Aman untuk Menyeberangi Jalan dan Berada Seorang Diri di Rumah, serta Berbagai Tanda Peringatan di Tempat Umum

CP                                       : 

·      Menyimak

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

·      Membaca dan Memirsa

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3.    Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

·      Berbicara dan Mempresentasikan

1.    Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3.    Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.

4.    Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

·      Menulis

1.    Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3.    Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

TP                                   : 

Membaca

§  Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat menyebutkan fungsi tanda seru.

Menulis

§  Melalui menulis, peserta didik dapat menggunakan tanda seru dalam menulis kalimat.

§  Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat menemukan dan mengidentifikasi informasi pada sebuah kalimat.

§  Melalui menulis, peserta didik dapat menyampaikan pendapat tentang menyeberangi jalan dengan teknik 4T.

Berbicara

§  Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara.

§  Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara.







Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



1 komentar:

  1. Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
    Dalam kegiatan P5, anak-anak antusias dalam membuat simbol rambu lalu lintas.
    Dan dalam kegiatan Bahasa Indonesia juga, saling berkesinambungan, dimana anak-anak belajar mengenai simbol lalu lintas dan sikap berhari-hati di jalan raya.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...