Rabu, 04 September 2024

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                  MATERI AJAR

P5 DAN BAHASA INDONESIA

 

 

Hari / Tanggal                   :  Kamis / 5 September 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                 :  P5

Aktivitas 7                         :  BERNYANYI DAN BERGERAK

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^

Minggu kemarin kita sudah bermain puzzle kendaraan.

Untuk pertemuan hari ini, kita akan bernyanyi dan bergerak mengikuti video tentang kendaraan di bawah ini ya....

Yuk kita simak video berikut!








Materi                                 :  Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis   Olahraga

CP                                       : 

·      Menyimak

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

·      Membaca dan Memirsa

1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.

2.    Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3.    Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

·      Berbicara dan Mempresentasikan

1.    Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2.    Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3.    Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.

4.    Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

·      Menulis

1.    Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2.    Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3.    Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

TP                                   : 

·     Mengamati

Melalui mengamati grafik bersama guru, peserta didik dapat menemukenali informasi dalam sebuah grafik.

Menulis

        Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang         sederhana.



·         Dampingi peserta didik mengamati grafik “Olahraga kesukaanku”.

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama olahraga yang ada di dalam grafik.

·         Tanyakan juga tentang fungsi angka yang ada pada garis vertikal.



·         Dampingi peserta didik mengamati gambar grafik sekali lagi.

·         Kemudian, diskusikan pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami informasi yang tersedia pada grafik.

·         Beri kesempatan kepada peserta didik yang ingin bertanya lebih lanjut tentang grafik olahraga.


Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



1 komentar:

  1. Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
    Dalam kegiatan P5, siswa diajak untuk mengingat kembali judul lagu anak yang memiliki unsur kendaraan.
    Dan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Alhamdulillah 18 siswa sudah memahami bagaimana cara membaca grafik atau tabel dalam menentukan jumlah suatu pernyataan.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...