MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 4 : Menjaga Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran : 4 dan 5
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-4
ya Nak. Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat memperbaiki
teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan tanda titik secara
tepat. Kalian juga dapat menyelesaikan permasalahan seharihari tentang satuan
waktu dengan benar. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi cara
menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
Museum Indonesia terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Udin dan ayah mengendarai sepeda motor menuju museum.
Mereka menjaga keselamatan di perjalanan.
Ayo Mengamati
Amati kegiatan Udin dan ayah dalam menjaga keselamatan di perjalanan!
Apa saja informasi yang kamu peroleh dari gambar tersebut?
Apa saja yang dilakukan Udin dan ayah dalam menjaga keselamatan di
perjalanan?
Udin dan ayah memasuki museum.
Di museum terdapat berbagai kebudayaan daerah.
Udin juga mengamati jumlah pengunjung museum di tahun 2017.
Amati daftar jumlah pengunjung berikut dengan teliti!
Berdasarkan tabel, berapakah banyaknya pengunjung?
Ayo Membaca
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan tanda titik?
Tanda titik digunakan di setiap akhir sebuah kalimat.
Tanda titik juga digunakan untuk memisahkan bilangan ribuan yang
menunjukkan jumlah.
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
1. Jumlah pengunjung museum bulan Januari ada 1.500 orang.
2. Jumlah pengunjung museum bulan Maret ada 1.550 orang.
3. Jumlah pengunjung museum bulan Mei ada 1.700 orang.
4. Jumlah pengunjung museum bulan November ada 2.000 orang.
5. Total jumlah pengunjung museum
tahun 2016 ada 20.200 orang.
Ayo Berlatih
Lengkapilah teks yang rumpang berikut berdasarkan tabel jumlah pengunjung
sebelumnya!
Perhatikan aturan penggunaan tanda titik yang benar!
1. Jumlah pengunjung museum bulan Februari ada ... orang.
2. Jumlah pengunjung museum bulan April ada ... orang.
3. Jumlah pengunjung museum bulan Agustus ada ... orang.
4. Jumlah pengunjung museum bulan September ada ... orang.
5. Jumlah pengunjung museum bulan Desember ada ... orang.
Sekarang, coba tukarkan hasil kerjamu dengan teman! Perbaikilah tulisanmu
jika ada yang tidak tepat!
Ayo Mengamati
1. 1. Sekarang bulan Maret. Dua bulan yang lalu adalah bulan kelahiran Udin.
Bulan apakah Udin lahir?
Jawab:
........................................................................
2. Sekarang bulan Desember. Tiga bulan yang lalu adalah bulan kelahiran kakak.
Bulan apakah kakak lahir?
Jawab:
........................................................................
3. Sekarang bulan November. Satu bulan yang lalu adalah bulan kelahiran adik. Bulan apakah adik lahir?
Jawab: ........................................................................
4. Sekarang bulan Agustus. Lima bulan yang lalu adalah bulan kelahiran ayah.
Bulan apakah ayah lahir?
Jawab:
........................................................................
5. Sekarang bulan Juni. Empat bulan yang lalu adalah bulan kelahiran ibu.
Bulan apakah ibu lahir?
Jawab:
........................................................................
Untuk menguji kebenaran jawabanmu, pasangkanlah soal berikut dengan benar!
Ayo Mengamati
Selain mengamati tabel banyaknya pengunjung, Udin juga melihat berbagai
karya hiasan dinding.
Udin melihat hiasan dinding dengan teknik percik.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Tahukah kamu bagaimana cara membuatnya? Apa saja alat dan bahan yang
diperlukan dan digunakan?
Buatlah hiasan tertentu mengikuti contoh berikut!
Karya Hiasan dengan Teknik Percik
Bahan :
(1) Kertas gambar
(2) Cat air
(3) Air
Alat :
(1) Palet
(2) Gunting
(3) Sisir
(4) Sikat gigi bekas
(5) Kertas koran jika perlu
Langkah Kerja:
Ayo
Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati di atas?
Untuk menguji pemahamanmu, bacalah pertanyaan berikut
dengan nyaring!
Kemudian, jawablah pertanyaan dengan benar!
1. Apa saja yang dilakukan Udin dan ibu dalam menjaga
keselamatan ketika di pasar?
2. Mengapa Udin dan ibu bergandengan tangan?
3. Kapan Udin dan ibu pergi ke pasar?
4. Di mana saja kita harus menjaga keselamatan?
5. Siapa saja yang ada di pasar?
6. Bagaimana pendapatmu dengan sikap Udin dan ibu?
Amati kembali pertanyaan-pertanyaan di atas!
Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?
Ayo
Berlatih
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
·
Amati gambar di bawah ini dengan teliti!
·
Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan gambar!
·
Gunakan kata Tanya apa, siapa, mengapa, kapan, dimana
dan bagaimana dalam mengajukan pertanyaan!
Ayo
Mengamati
Udin
mengamati berbagai kegiatan di pasar.
Udin
mengamati kegiatan petugas kebersihan.
Petugas
kebersihan sedang membersihkan sampah yang berserakan.
Pedagang
yang lain juga ikut membantu.
Petugas
dan pedagang berbeda pekerjaan.
Walaupun
berbeda, mereka hidup akur dan saling membantu.
Amatilah
gambar berikut dengan teliti!
Menjaga
kebersihan pasar bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.
Semua
pengunjung pasar wajib menjaga kebersihan pasar.
Pasar
yang bersih akan terlihat indah.
Amati
kembali gambar berikut dengan teliti!
Sikap-sikap
di atas merupakan wujud persatuan dalam keragaman.
Tahukah
kamu manfaat hidup bersatu dalam keragaman?
Ayo
Berlatih
Kerjakan latihan mengikuti petunjuk berikut!
·
Amatilah gambar secara teliti!
·
Tentukanlah gambar yang menunjukkan sikap menjaga
kebersihan lingkungan!
·
Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai!
Kerjakan latihan mengikuti petunjuk berikut!
·
Amatilah gambar secara teliti!
·
Tentukanlah gambar yang mencerminkan hidup bersatu
dalam keragaman!
·
Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar