MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Rabu, 8 Mei 2024
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-4
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda titik dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
Dengan mengamati model jam, siswa dapat menentukan
konversi satuan waktu, menentukan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan
benar. Serta, dapat mengidentifikasi dan melakukan gerak bagian anggota tubuh
dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar.
Udin dan teman-teman mengadakan latihan tari.
Mereka latihan di ruang tengah rumah Udin.
Mereka dilatih oleh Mutiara, kakak Udin.
Ayo
Membaca
Apa isi percakapan Udin dan ibu?
Apa kesimpulanmu terhadap isi percakapan mereka?
Mengapa kita perlu melakukan hal itu?
Bagaimana jika kita tidak melakukan hal itu?
Ayo
Mengamati
Udin dan teman-teman mulai latihan tari.
Mereka membentuk pola lantai.
Pola lantai banyak jenisnya.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Udin dan teman-teman telah paham dengan pola lantai.
Mereka mulai mengikuti gerakan tari yang dicontohkan kakak.
Masih ingatkah kamu gerakan tarinya?
Perhatikan kembali gambar gerakan tari berikut!
Ayo
Membaca
Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Menjaga
Keselamatan dalam Latihan Tari
Jam
menunjukkan pukul 14.00. Udin dan teman-teman mengadakan latihan tari.
Mereka berlatih di
ruang tengah. Mereka dilatih oleh kakak Udin bernama Mutiara.
Udin dan teman-teman
berlatih mengikuti pola lantai.
Udin
dan teman-teman memperhatikan keselamatan diri ketika latihan.
Mereka membersihkan
lantai terlebih dahulu.
Barang-barang yang mudah pecah,
dipindahkan terlebih dahulu.
Semua itu di lakukan
untuk meng hindari hal-hal yang membahayakan diri ketika menari.
Sikap mereka pantas
untuk ditiru dan dicontoh.
Waktu
menunjukkan pukul 16.00. Udin dan teman-teman selesai latihan tari.
Mereka sudah mahir
menari dengan pola lantai.
Mereka berterima kasih
pada kak Mutiara karena telah membantu.
Mereka juga tidak lupa
merapikan kembali tempat mereka latihan.
Tidak ada barang-barang
yang berserakan.
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan tanda titik?
Tanda titik digunakan di setiap akhir kalimat.
Tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan
waktu.
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk
berikut!
Tuliskanlah 5 kalimat yang memuat aturan
penggunaan titik!
Ayo
Mengamati
Pukul berapakah Udin dan teman-teman mulai latihan tari?
Pukul berapa pula mereka selesai latihan tari?
Perhatikan tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!
Mereka mulai latihan pukul 14.00.
Mereka selesai latihan pukul 16.00.
Lama kegiatan selama 2 jam.
1 jam = 60 menit.
Jadi, mereka latihan selama 120 menit.
Ayo
Berlatih
Tentukan pukul berapa kegiatan-kegiatan berikut dimulai!
Gambarkan posisi jarum panjang dan pendek di angka berapa!
Hitung pula berapa menit kegiatan itu berlangsung!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar