Kamis, 09 Mei 2024

Kelas 2. Tema 8 Subtema 2 PB 5 dan 6

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Jumat, 10 Mei 2024

Tema 8                              :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 2                         :  Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran                   :  5 dan 6

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-5 ya Nak.

Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Dengan penugasan, kalian dapat membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat. Kalian juga nantinya diharapkan dapat menjelaskan menggunakan gerak melempar dan menangkap dalam bentuk permainan dan menjaga keselamatan diri di air dengan benar.

 

 Beni dan Edo akan bermain di rumah Udin.

Di rumah Udin, ada kolam renang.

Mereka akan bermain melempar dan menangkap bola.

Udin meminta izin kepada Ayah sebelum bermain.

 

Ayo Mengamati


Apa isi percakapan Udin dan Ayah?

Apa saja pesan ayah kepada Udin?

Apa yang terjadi jika pesan Ayah tidak dituruti?

 

Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya, bukan?

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Bacalah kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

1. Apakah kami boleh bermain di kolam renang, Ayah?

2. Tahu bagaimana caranya, Nak?

 

Kalimat tanya di atas menggunakan kata tanya apa dan bagaimana.

 

Ayo Menulis

Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!

·         Amati gambar dengan teliti!

·         Buatlah pertanyaan-pertanyaan dari gambar tersebut!

·         Tuliskan pertanyaan menggunakan kata : apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana!


 Ayo Mengamati

Amati gambar berikut dengan teliti!


 

Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman?

Mereka bermain melempar dan menangkap bola.

Melempar dan menangkap bola ada caranya.



Ayo Membaca

Udin dan teman-teman telah bermain melempar dan menangkap bola.

Bermain melempar dan menangkap bola merupakan bagian dari olahraga.

Melakukan kegiatan olahraga boleh dengan siapa saja.

Udin dan teman-teman berbeda agama.

Mereka juga berbeda suku bangsa.

Bahasa daerah mereka pun berbeda.

Walaupun berbeda, mereka tetap berolahraga dengan rukun.

Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keragaman.

 

 

Ayo Berdiskusi



Udin dan teman-teman bermain sepeda.

Mereka bermain di halaman rumah.

Bermain sepeda harus berhati-hati.

Jika terjatuh, badan bisa terluka. Kita harus memperhatikan keselamatan diri.

 

Ayo Mengamati


Apa isi percakapan Udin dan Siti?

Apa yang akan terjadi jika bermain sepeda tidak berhati-hati?

 

Bacalah kalimat tanya berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

1. Siapa yang membelikan kamu sepeda?

2. Kapan kamu bisa bersepeda?

 

Kalimat tanya berguna untuk menanyakan sesuatu.

Kalimat tanya selalu dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.

 

 

Ayo Menulis

Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!

·         Tulislah pertanyaan menggunakan kata Tanya : apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.

·         Tuliskan pertanyaan berdasarkan gambar berikut!

Ayo Membaca

Udin dan temanteman bermain sepeda.

Udin dan teman-teman berbeda agama.

Mereka juga berbeda daerah asal.

Walaupun berbeda, mereka bermain sepeda dengan rukun.

Sikap mereka telah menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman.

Pernahkah kamu bermain yang menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman?

 

 

Ayo Mengamati

Udin dan teman-teman mulai bermain pukul 16.00.

Mereka bermain selama 1 jam.

Mereka selesai bermain pukul 17.00.

 

Amati tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!


Ayo Berlatih

Gambarlah tanda waktu pada jam sesuai dengan penjelasan soal berikut!

 

1. Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain?

2. Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60 menit. Pukul berapakah ia selesai membantu ibu?

3. Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain?

4. Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00. Mereka bermain selama 120 menit. Pukul berapakah mereka selesai bermain?

5.    Beni mulai belajar 07.00. Ia belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar?

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...