MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jumat, 10 Mei 2024
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 5 dan 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-5
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan
lafal dan intonasi yang tepat. Dengan penugasan,
kalian dapat membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi
yang tepat. Kalian juga nantinya diharapkan dapat menjelaskan menggunakan gerak melempar dan menangkap dalam bentuk
permainan dan menjaga keselamatan diri di air dengan benar.
Di rumah Udin, ada kolam renang.
Mereka akan bermain melempar dan
menangkap bola.
Udin meminta izin kepada Ayah sebelum bermain.
Ayo
Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan Ayah?
Apa saja pesan ayah kepada Udin?
Apa yang terjadi jika pesan Ayah tidak
dituruti?
Tentu kamu masih ingat dengan kalimat
tanya, bukan?
Kalimat tanya digunakan untuk
menanyakan sesuatu.
Bacalah kalimat berikut dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
1. Apakah kami boleh bermain di kolam
renang, Ayah?
2. Tahu bagaimana caranya, Nak?
Kalimat tanya di atas menggunakan kata
tanya apa dan bagaimana.
Ayo
Menulis
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
·
Amati gambar dengan teliti!
·
Buatlah pertanyaan-pertanyaan dari gambar tersebut!
·
Tuliskan pertanyaan menggunakan kata : apa, siapa,
kapan, dimana, mengapa dan bagaimana!
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan teliti!
Apa yang dilakukan Udin dan
teman-teman?
Mereka bermain melempar dan menangkap
bola.
Melempar dan menangkap bola ada
caranya.
Ayo
Membaca
Udin dan teman-teman telah bermain
melempar dan menangkap bola.
Bermain melempar dan menangkap bola
merupakan bagian dari olahraga.
Melakukan kegiatan olahraga boleh
dengan siapa saja.
Udin dan teman-teman berbeda agama.
Mereka juga berbeda suku bangsa.
Bahasa daerah mereka pun berbeda.
Walaupun berbeda, mereka tetap
berolahraga dengan rukun.
Mereka menunjukkan sikap persatuan
dalam keragaman.
Ayo
Berdiskusi
Udin dan teman-teman bermain sepeda.
Mereka bermain di halaman rumah.
Bermain sepeda harus berhati-hati.
Jika terjatuh, badan bisa terluka. Kita harus memperhatikan keselamatan
diri.
Ayo
Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan Siti?
Apa yang akan terjadi jika bermain sepeda tidak berhati-hati?
Bacalah kalimat tanya berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
1. Siapa yang membelikan kamu sepeda?
2. Kapan kamu bisa bersepeda?
Kalimat tanya berguna untuk menanyakan sesuatu.
Kalimat tanya selalu dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
Ayo
Menulis
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk
berikut!
·
Tulislah
pertanyaan menggunakan kata Tanya : apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan
bagaimana.
·
Tuliskan
pertanyaan berdasarkan gambar berikut!
Ayo
Membaca
Udin dan temanteman bermain sepeda.
Udin dan teman-teman berbeda agama.
Mereka juga berbeda daerah asal.
Walaupun berbeda, mereka bermain sepeda dengan rukun.
Sikap mereka telah menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman.
Pernahkah kamu bermain yang menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman?
Ayo
Mengamati
Udin dan teman-teman mulai bermain pukul 16.00.
Mereka bermain selama 1 jam.
Mereka selesai bermain pukul 17.00.
Amati tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!
Ayo Berlatih
Gambarlah tanda waktu pada jam sesuai dengan penjelasan soal berikut!
1. Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam.
Pukul berapakah ia selesai bermain?
2. Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60
menit. Pukul berapakah ia selesai membantu ibu?
3. Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam.
Pukul berapakah ia selesai bermain?
4. Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00.
Mereka bermain selama 120 menit. Pukul berapakah mereka selesai bermain?
5.
Beni mulai belajar 07.00. Ia
belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar?
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar