Rabu, 01 Mei 2024

Kelas 2. Tema 8 Subtema 1 PB 5

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Kamis, 2 Mei 2024

Tema 8                               :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 1                         :  Aturan Keselamatan di Rumah

Pembelajaran                   :  5

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-5 ya Nak.

Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Kalian dapat menjelaskan serta mempraktikkan penggunaan gerak menekuk dalam bentuk permainan di air dengan tepat. Serta, kalian dapat memberikan contoh kegiatan olahraga yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.

 

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah.

Mereka bermain gerakan dasar memutar.

Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk.

Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah.

Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain.

Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan tidak licin.

Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan.

Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu.

Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.

 

Ayo Mengamati


 

Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?

Mengapa tempat bermain harus bersih dan kering?

Apakah tindakan Udin dan teman-teman sudah benar?

 

Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan airnya?

3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?

4. Siapa yang punya?

 

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan tanda tanya (?).

Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan bagaimana pada kalimat tanya.

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu isi gambar dengan mengikuti petunjuk berikut!

·         Duduklah berpasangan dengan temanmu!

·         Amati gambar berikut dengan teliti!

·        Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi gambar tersebut!

·         Tuliskan dengan menggunakan kata : apa, mengapa, kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

 

 

Ayo Mengamati

Udin dan teman-teman bermain gerakan menekuk.

Gerakan menekuk banyak bentuknya.

Gerak Dasar Menekuk Lutut

Gerakan menekuk lutut bertujuan untuk melatih kekuatan otot paha.

Selain itu, berguna juga untuk kelenturan kaki.

Berikut beberapa gerak dasar menekuk lutut.



Gerakan menekuk lutut dapat juga dibuat dalam kegiatan bermain.

Kita dapat bermain kucing jongkok.

Bermain kucing jongkok dapat dilakukan di air atau di darat.

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!


Cara Bermain Kucing Jongkok di Darat

1. Tentukan area bermain, dengan membuat garis pembatas lokasi bermain.

2. Buatlah garis melingkar seolah-olah lingkaran itu merupakan genangan air.

3. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!

4. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi kucing.

5. Kucing harus berada di tengah kelompok.

6. Siswa yang lain dikejar oleh sang kucing.

7. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.

8. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang dikejar menjadi kucing.

9. Ketika berlari harus memperhatikan garis lingkaran yang dinyatakan seolah-olah genangan air.

10.Ketika tepat berada di atas lingkaran, siswa harus berlari seolah-olah berlari di atas air.

 

 Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu kegiatan-kegiatan berikut!

·         Diskusikan contoh kegiatan olahraga lain yang mencerminkan sikap persatuan dalam kebergaman!

·         Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!


Kemudian, ceritakan salah satu olahraga yang pernah kamu lakukan bersama temanmu!

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"

Selasa, 19 November 2024 Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"                                                                    ...