MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Kamis, 2 Mei 2024
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-5
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan
lafal dan intonasi yang tepat. Kalian dapat
menjelaskan serta mempraktikkan penggunaan gerak menekuk dalam bentuk permainan
di air dengan tepat. Serta, kalian dapat memberikan contoh kegiatan olahraga yang menunjukkan persatuan dalam
keberagaman teman sekolah dengan benar.
Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah.
Mereka bermain gerakan dasar memutar.
Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk.
Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah.
Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain.
Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan tidak licin.
Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan.
Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu.
Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.
Ayo Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan teman-teman?
Mengapa tempat bermain harus bersih dan kering?
Apakah tindakan Udin dan teman-teman sudah benar?
Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman berikut dengan benar!
1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?
2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet untuk mengalirkan
airnya?
3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?
4. Siapa yang punya?
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.
Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan tanda tanya (?).
Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan bagaimana pada
kalimat tanya.
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu isi gambar dengan
mengikuti petunjuk berikut!
·
Duduklah
berpasangan dengan temanmu!
·
Amati
gambar berikut dengan teliti!
· Tuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi gambar tersebut!
·
Tuliskan
dengan menggunakan kata : apa, mengapa, kapan, siapa, dimana dan bagaimana.
Ayo
Mengamati
Udin dan teman-teman bermain gerakan menekuk.
Gerakan menekuk banyak bentuknya.
Gerak
Dasar Menekuk Lutut
Gerakan menekuk lutut bertujuan untuk melatih kekuatan otot paha.
Selain itu, berguna juga untuk kelenturan kaki.
Berikut beberapa gerak dasar menekuk lutut.
Gerakan menekuk lutut dapat juga dibuat dalam kegiatan bermain.
Kita dapat bermain kucing jongkok.
Bermain kucing jongkok dapat dilakukan di air atau di darat.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Cara Bermain
Kucing Jongkok di Darat
1. Tentukan area bermain, dengan membuat garis pembatas
lokasi bermain.
2. Buatlah garis melingkar seolah-olah lingkaran itu
merupakan genangan air.
3. Bagi temanmu menjadi beberapa kelompok!
4. Setiap kelompok menentukan seorang yang menjadi
kucing.
5. Kucing harus berada di tengah kelompok.
6. Siswa yang lain dikejar oleh sang kucing.
7. Apabila dikejar sang kucing, siswa bisa jongkok.
8. Apabila tidak sempat melakukan jongkok, siswa yang
dikejar menjadi kucing.
9. Ketika berlari harus memperhatikan garis lingkaran
yang dinyatakan seolah-olah genangan air.
10.Ketika tepat berada di atas lingkaran, siswa harus
berlari seolah-olah berlari di atas air.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu kegiatan-kegiatan berikut!
·
Diskusikan contoh kegiatan olahraga lain yang
mencerminkan sikap persatuan dalam kebergaman!
·
Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!
Kemudian, ceritakan salah satu olahraga yang pernah
kamu lakukan bersama temanmu!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar