MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Selasa, 7 Mei 2024
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari
sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-3
ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah
mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca
kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda titik dengan
lafal dan intonasi yang tepat. Dengan mengamati
gambar dan pemodelan, kalian dapat mengidentifikasi dan melakukangerak bagian
anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik dengan benar.
Merawat benda-benda di rumah tanggung jawab setiap
anggota keluarga.
Ayo Mengamati
Bacalah teks percakapan berikut dengan nyaring!
Apa isi percakapan Udin dan teman-teman yang terdapat
pada halaman sebelumnya?
Sikap apa yang ditunjukkan oleh Udin?
Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik pada
kalimat?
Bacalah kembali kalimat berikut dengan lafal dan
intonasi yang tepat!
1. Teman-teman, piala ini aku peroleh ketika masih kelas
I SD.
2. Waktu itu aku juara lomba mewarnai.
3. Aku selalu merawatnya sampai sekarang agar tahan
lama.
Kalimat-kalimat di atas selalu diberi tanda titik di
akhir kalimat.
Selain itu, tanda titik juga digunakan untuk memisahkan
angka yang menunjukkan waktu.
Misalnya saja pukul delapan, ditulis pukul 08.00.
Pada pukul 08.00, tanda titik digunakan pemisah antara
bilangan jam dan menit.
Ayo Berlatih
Buatlah kalimat yang sesuai dengan tanda waktu yang
ditunjukkan oleh jam!
Tuliskan di bawah ini!
Ayo Mengamati
Coba amati kembali gambar Udin
ketika membersihka piala!
Apa alat yang digunakan Udin
untuk membersihkannya?
Udin menggunakan kemoceng bukan?
Masih ingatkan kamu dengan tari
gerakan menggunakan kemoceng?
Gerakan tari dapat dilakukan
dalam posisi duduk dan berdiri.
Perhatikan kembali gambar
gerakan tari berikut!
Ayo Mencoba
Lakukan kembali gerakan tari seperti pada gambar!
Agar lebih menarik, iringi dengan alat musik.
Boleh menggunakan alat musik ritmis. Misalnya saja
gendang, tifa, dan tamborin.
Perhatikan gambar alat musik ritmis berikut!
Jika alat musik ritmis tidak ada, boleh menggunakan
kemasan-kemasan botol plastik bekas minuman. Mainkan mengikuti pola hitungan
yang teratur.
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik?
Tanda titik digunakan untuk memisahkan angka yang
menunjukkan waktu.
Misalnya, pemisah antara angka jam dan menit.
Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Ayo Berlatih
Hitunglah pukul berapa kegiatan-kegiatan berikut
selesai!
Gambarkan posisi jarum panjang dan jarum pendeknya di
mana!
Hitung pula berapa menit lama kegiatan itu berlangsung!
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar