Materi Pembelajaran
Hari/ Tanggal : Rabu, 28 Februari 2024
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 4 :
Merawat
Tumbuhan
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 6 Subtema 4 Merawat
Tumbuhan akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda tanya dalam
kalimat tanya. Membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain.
Membandingkan berat dua benda. Menentukan bahan yang digunakan dan membuat
karya kreasi dari bahan buatan dengan benar. menyebutkan manfaat dan
mensimulasikan aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menjelaskan
prosedur san melakukan gerak menekuk sesuai ketukan. Menemukan penggunaan tanda
tanya dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Halaman rumah Siti ditumbuhi berbagai tanaman bunga. Bunga-bunga bermekaran
indah sekali. Siti rajin merawat tanaman-tanaman tersebut.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut .
Ayah dan Siti sedang merawat tanaman
di halaman rumah. Ayah memberi pupuk pada tanaman-tanaman tersebut.
Siti :
Mengapa tanaman harus diberi pupuk, Ayah?
Ayah :
Supaya tanaman tumbuh subur. Pupuk mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh
tanaman.
Siti :
Apakah tanaman cukup dipupuk saja, Ayah?
Ayah :
Tentu saja tidak. Tanaman juga membutuhkan air. Oleh karena itu, kita harus
menyiram tanaman juga.
Siti :
Kapan kita harus menyiram tanaman?
Ayah :
Setiap hari kita harus menyiram tanaman. Apakah kamu sudah melaksanakan tugasmu
menyiram tanaman?
Siti :
Baik, Ayah. Aku akan melaksanakan tugasku dengan baik, menyiram tanaman setiap
hari.
Bersama dengan teman orangtuamu, diskusikan pernyataan di bawah
ini.
Penulisan kalimat tanya biasa diawali
dengan kata tanya. Penulisan kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya
(?). Intonasi dalam kalimat tanya berbeda dengan kalimat pemberitahuan.
Coba tuliskan kata tanya lainnya yang kamu ketahui.
Ayo Mengamati
Tanaman memerlukan air dan pupuk agar tumbuh subur.
Ayah mengajak Siti membeli pupuk di toko tanaman.
Di toko tanaman ada pupuk dikemas dalam beberapa ukuran.
Ada ukuran 1 kg, 2 kg, 5 kg, dan 10 kg.
Ayah ingin membeli pupuk sebanyak 20 kg. Di toko tanaman, hanya
tersedia satu kemasan 10 kg
Ayo, bantu ayah Siti agar mendapatkan pupuk sebanyak 20 kg.
Contoh
jawaban: a.
Pupuk yang harus dibeli Ayah
agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 1 kemasan 10 kg, 2 kemasan 5 kg. b.
Pupuk yang harus dibeli ayah
agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 4 kemasan 5 kg.
|
jawaban:
Kantong
plastik yang dibutuhkan agar 20 kg dapat ditempatkan sama banyak di setiap
kantong plastik kemasan 5 ons adalah 40 kantong plastik. Cara: 20 kg = 200 ons 200 : 5 = 40 |
Selain merawat tanaman, ibu Dayu juga suka berkreasi. Kali ini,
ibu Dayu berkreasi dengan menggunakan karton bekas tisu gulung.
ibu Dayu akan membuat hiasan vas bunga dari karton bekas tisu
gulung.
Alat dan bahan:
1. Karton bekas tisu gulung atau karton berwarna cokelat.
2. Kertas warna
3. Lem kertas
4. Pensil
5. Gunting
Cara Membuat:
1. Siapkan karton bekas tisu gulung.
2. Kamu juga dapat membuat gulungan kertas itu dari kertas karton
warna cokelat.
3. Hiaslah kertas karton bekas tisu gulung dengan hiasan dari
kertas warna.
4. Buatlah gambar pada kertas warna sesuai keinginanmu.
5. Guntinglah gambar hiasanmu itu. Hati-hati menggunakan gunting.
6. Tempelkan hiasan dari kertas warna itu pada karton bekas tisu
gulung.
Ayo Membaca
Merawat tanaman di sekolah
adalah hal yang harus dilakukan semua siswa. Tanaman di halaman sekolah membuat
sekolah tampak indah. Tanaman di halaman sekolah jangan diinjak. Jangan pula
membuang sampah di halaman sekolah.
Jika tanaman diinjak,
tanaman akan rusak. Halaman sekolah tidak akan tampak indah lagi. Membuang
sampah di halaman sekolah, membuat lingkungan tampak kotor. Membuat lingkungan
sekolah bersih dan indah adalah kewajiban semua siswa.
Ayo Berdiskusi
Bacaan di atas merupakan
contoh pentingnya menaati peraturan untuk merawat tanaman sekolah. Bentuklah
kelompok yang terdiri atas 3 orang. Bersama dengan teman kelompokmu, jawablah
pertanyaan berikut.
1. Apa saja tata tertib
untuk merawat tanaman di sekolahmu!
· Tanaman di halaman sekolah
jangan diinjak.
· Tidak menginjak rumput
· Tidak memetik bunga
sembarangan.
2. Siapakah yang harus
menaati tata tertib tersebut?
Semua warga sekolah.
3. Apa yang terjadi jika
kita tidak mematuhi tata tertib tersebut?
Jika kita tidak mematuhi tata
tertib sekolah tersebut tanaman akan rusak.
4. Contoh tata tertib merawat
tanaman di sekolahku adalah
Tanaman harus disiram setiap
hari oleh petugas piket.
5. Yang harus mematuhi tata
tertib itu adalah
Semua warga di sekolah.
6. Peraturan tersebut harus
dipatuhi karena
Tanaman akan rusak atau mati
jika tidak dirawat.
Lakukan kegiatan bermain
peran bersama dengan teman kelompokmu. Buatlah teks percakapan dengan cara sebagai
berikut.
1. Pilihlah satu peraturan
untuk dibuat percakapan. Buatlah kalimat yang menunjukkan ada anak yang tidak
bisa menjalankan tugas sekolah. Contoh: Lani tidak masuk sekolah. Padahal, dia
bertugas menyiram bunga.
2. Kemudian, teman yang lainnya
mengingatkan untuk menggantikan tugas itu. Contoh: Ayo, kita gantikan tugas
Lani menyiram bunga.
3. Berikan pula alasan
pentingnya mematuhi peraturan tersebut. Contoh: Tanaman harus disiram supaya
tumbuh subur.
Teks percakapan menjadi
seperti berikut.
Dayu : Lani tidak masuk sekolah, padahal dia bertugas menyiram bunga.
Siti : Ayo, kita menggantikan tugas Lani!
Dayu : Mengapa kita harus menyiram tanaman?
Edo : Tanaman harus disiram supaya tumbuh subur.
Ayo Mengamati
Niko dan Beni berteman baik.
Mereka tidak pernah bertengkar dan selalu bermain bersama. Beni suka bermain
menjaga keseimbangan.
Beni bisa berdiri dengan
satu kaki, dan kaki yang lainnya menekuk ke depan. Beni bisa berdiri dengan
satu kaki, dan kaki lainnya menekuk ke belakang. Beni juga bisa berdiri dengan
satu kaki, dan kaki lainnya menekuk ke samping.
Ayo Berlatih
Bersama dengan temanmu,
tirukan gerakan Beni menekuk kaki ke depan, ke belakang, dan ke samping.
Hitunglah berapa lama kalian dapat berdiri dengan satu kaki, dan kaki lainnya
menekuk. Siswa yang paling lama menekuk kakinya, jadi pemenangnya.
Ayo Membaca
Bersama dengan teman
sebangkumu, bacalah percakapan Lina dan Dayu dengan nada dan intonasi yang
tepat.
Lina : Dayu, bunga matahari yang ku tanam sedang berbunga.
Dayu : Pasti bagus sekali.! Bolehkah aku datang melihat?
Lina : Tentu saja boleh.
Dayu : Siapa yang merawatnya setiap hari, Lina?
Lina : Aku dan ibuku bergantian menyiramnya setiap hari.
Dayu : Dimana kamu menanamnya?
Lina : Aku menanamnya di halaman belakang rumahku.
Dayu : Apa saja yang dibutuhkan
agar bunga matahari bisa tumbuh?
Lina : Tanah yang subur, air, sinar matahari, dan pupuk. Kapan kamu
mau datang ke rumahku?
Dayu : Sore ini setelah pulang sekolah.
Lina : Baiklah, sampai nanti, Dayu.!
Ayo Berdiskusi
Siapakah yang banyak
bertanya pada percakapan di atas?
Dayu.
Kata tanya apa saja yang
digunakan dalam percakapan?
Bolehkah, siapa, di mana, apa,
dan kapan.
Apa saja yang menandakan
kalimat tanya?
Di awali dengan kata tanya dan
di akhiri dengan tanda tanya.
Awali kalimat tanya dengan
kata tanya, dan akhiri dengan tanda tanya.
Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat tanya
berikut dengan kata tanya yang ada di dalam kotak. Jawaban di bawah pertanyaan
akan membantu kalian.
1. Siapa yang menanam bunga matahari
ini?
Yang menanam bunga matahari
ini adalah ibu Lina.
2. Kapan Lina menyiram
tanaman di halaman?
Lina menyiram tanaman setiap
sore.
3. Berapa batang bunga
matahari yang tumbuh?
Ada 4 batang bunga matahari
yang tumbuh.
4. Apa yang dibutuhkan agar
tanaman bisa tumbuh?
Tanaman membutuhkan air dan
sinar matahari.
5. Mengapa bunga matahari
harus disiram setiap hari?
Bunga matahari harus disiram
setiap hari agar tidak layu.
Ayo Renungkan
1. Sebutkan 2 alasan
pentingnya mematuhi tata tertib merawat tanaman di sekolah.
Membuat siswa menjadi lebih
peduli terhadap lingkungan di sekitar dan menciptakan lingkungan yang bersih
dan indah.
2. Sebutkan gerakan menekuk
yang dapat kamu lakukan.
Berdiri satu kaki menekuk ke
depan ke belakang, dan ke samping.
3. Sebutkan kata tanya yang
kamu ketahui.
Apa, mengapa, siapa di mana,
dari mana, ke mana, kapan, berapa, bagaimana
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar
hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya
hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran
hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar