Materi
Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Selasa, 20 Februari 2024
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran : 5 dan 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku Tujuan
Pembelajaran yang akan mempelajari
tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting
teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika
mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak
boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menjelaskan prosedur
penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan mempraktikkan prosedur gerak
berlari sesuai irama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Lani memiliki hewan
peliharaan. Hewan peliharaan Lani adalah ayam dan kelinci. Lani merawat ayam
dan kelincinya dengan baik. Lani dibantu Ayah dalam merawat hewan
peliharaannya. Ada juga petugas kandang yang bertugas membersihkan kandang.
Ayah sering membelikan
buku tentang hewan peliharaan. Lani senang membaca buku tentang hewan
peliharaan. Lani juga senang membaca buku di perpustakaan sekolah.
Ayo Berdiskusi
Apa yang ingin kamu
ketahui dari gambar di atas? Buatlah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu
ketahui dari gambar tersebut.
Misalnya:
Bagaimana cara meminjam buku
di perpustakaan?
Tukarkan pertanyaanmu
dengan pertanyaan temanmu! Jawablah pertanyaan temanmu!
Pertanyaan : Siapa saja
yang sedang membaca buku di perpustakaan?
Jawaban : Lani dan
teman-temanya.
Pertanyaan : Mengapa buku
di perputakaan harus dikembalikan ke tempat semula?
Jawaban : Agar
perpustakaan tetap tertib dan rapi.
Pertanyaan: Apa saja
peraturan yang ada di perpustakaan?
Jawaban: Tidak boleh
bising atau bersuara keras saat diperpustakaan, karena dapat menganggu
pengunjung lain yang sedang membaca buku.
Ayo Menulis
Tanyakan tata tertib
yang berlaku di perpustakaan sekolahmu kepada petugasnya! Tuliskan tata tertib
tersebut pada lembar kertas tugas! Lakukan bersama teman kelompokmu!
Tata Tertib Di
Perpustakaan
1. Setiap pengunjung
diwajibkan mengisi buku pengunjung.
2. Pengunjung dilarang
makan dan minum di dalam perpustakaan.
3. Pengunjung wajib menjaga
ketenangan di dalam ruangan perpustakaan.
4. Pengunjung tidak
membuang sampah di sembarang tempat.
5. Buku yang telah selesai
dibaca harus dikembalikan ke tempat semula.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu
dalam mematuhi tata tertib di perpustakaan sekolah. Tuliskan ceritamu itu
menggunakan huruf tegak bersambung pada tempat yang tersedia!
Pengalaman saya dalam
mematuhi tata tertib perpustakaan sekolah adalah dengan mengembalikan buku yang
saya pinjam tepat waktu. Buku yang saya pinjam pun saya jaga baik-baik agar
tidak rusak, sobek, terkena air dan lain sebagainya. Selain itu, ketika saya
ada di dalam perpustakaan maka saya menjaga diri saya agar tidak bising dan
menggangu pengunjung lain.
Bacalah dengan suara
nyaring kalimat di bawah ini.
“Aku anak yang menaati
peraturan di sekolah”.
Ayo Membaca
Hari ini Lani mendapat
tugas bercerita di depan kelas. Lani bercerita tentang hewan peliharaannya.
Hampir semua teman Lani memperhatikan. Namun Udin dan Beni mengobrol saat Lani
bercerita. Siti dan Dayu pun mengingatkan mereka, Memperhatikan orang yang
berbicara di depan kelas adalah tanda kita menghormati orang lain.
Terdapat beberapa nama
orang pada bacaan di atas. Siapa sajakah nama dalam cerita di atas?
Jawaban: terdapat 5
orang.
1. Lani
2. Udin
3. Beni
4. Siti
5. Dayu
Selain digunakan ada
awal kalimat, nama hari, dan nama bulan, huruf kapital juga digunakan ketika
menuliskan nama orang
Ayo Berlatih
A. Bacalah
kalimat-kalimat berikut. Lingkari nama orang yang tidak menggunakan huruf
kapital.
Lingkari nama orang yang
tidak menggunakan huruf kapital
B. Susunlah kata-kata
berikut menjadi kalimat yang benar. Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan
nama orang. Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu. Gunakan huruf tegak
sambung.
Perhatikan contoh:
membaca – susi – cerita
– buku
Susi membaca buku
cerita.
1. ibu – mengerjakan –
lani – PR – membantu
2. datang – ke sekolah –
udin dan beni – tepat waktu
3. dayu – suka –
menyontek – tidak
4. berdiskusi – siti,
dayu, dan lani – kelas – di dalam
5. boneka – menggambar-
ibu tati – di papan tulis
Susunlah kata-kata
berikut menjadi kalimat yang benar
1. Ibu membantu
mengerjakan PR Lani.
2. Udin dan Beni datang
ke sekolah tepat waktu.
3. Dayu tidak suka
menyontek.
4. Siti, Dayu, dan Lani
berdiskusi di dalam kelas.
5. Ibu Tati menggambar
boneka di papan tulis.
Ayo Mengamati
Berlari sangat
menyenangkan dan menyehatkan. Berlari dapat dilakukan di lapangan atau tempat
bermain. Berlari di dalam kelas tidak boleh dilakukan karena berbahaya. Banyak
sekali macam gerak dalam berlari. Perhatikan gambar dan coba ikuti.
Perhatikan gerakan anak
dalam gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada
gambar diangkat? Lakukan gerakan lari di tempat seperti gambar dengan hitungan
8 kali.
Perhatikan gerakan anak
pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada
gambar terangkat? Lakukan gerakan lari di tempat dengan lutut terangkat dengan
hitungan 8 kali.
Perhatikan gerakan anak
pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada
gambar? Lakukan gerakan lari cepat menuju garis finish.
Perhatikan gerakan anak
pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada
gambar? Lakukan gerakan lari zig-zag seperti gambar, dengan hitungan 4 kali ke
kanan dan ke kiri.
Ayo Berkreasi
Apakah kamu dapat
melakukan keempat macam gerak lari seperti pada gambar sebelumnya?Coba lakukan
macam gerakan lari secara bergantian.
1. Lari di tempat
2. Lari dengan lutut
terangkat
3. Lari cepat
4. Lari zig-zag.
5. Lakukan gerakan lari
dengan diiringi lagu.
6. Ikuti petunjuk gurumu!
Ayo Membaca
Bacalah percakapan
berikut.
Pada waktu istirahat,
Siti, Dayu, dan Beni bermain di lapangan. Di dekat lapangan, ada kolam ikan
kecil. Siti dan Dayu sedang mengobrol, sedangkan Beni melihat ikan di dalam
kolam.
Siti |
: |
Aku senang sekali belajar
tentang peraturan yang ada di sekolah. Jadi, aku makin tahu hal yang boleh
dan tidak boleh dilakukan. |
Dayu |
: |
Betul sekali, Siti. |
Beni |
: |
Selain itu, aku juga suka
belajar cara memelihara hewan di sekitar kita. Jadi, kita tidak boleh
menyakiti hewan. |
Dayu |
: |
Aku juga setuju denganmu,
Beni. Ikan di kolam ini juga harus dirawat. |
(tiba-tiba Edo lewat dan
membuang sampah ke kolam ikan) |
||
Beni |
: |
Edo, kenapa kamu membuang
sampah ke kolam? Itu namanya melanggar peraturan. |
Edo |
: |
Oh iya, aku lupa. Baiklah akan
aku ambil lagi sampahnya. Maafkan aku, teman-teman. |
Ayo Berdiskusi
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sebangkumu.
1. Apakah peraturan
sekolah yang ada dalam percakapan?
Tidak boleh membuang
sampah sembarangan.
2. Mengapa kita tidak
boleh membuang sampah sembarangan?
Membuang sampah sembarangan
bisa merusak keindahan dan saluran air mampet.
3. Apa yang harus kita
lakukan saat ada yang melanggar peraturan?
Menegur orang yang
melanggar peraturan.
4. Sebutkan 2 hal
penting yang ada pada cerita!
Menaati peraturan atau
tata tertib sekolah, menjaga kebersihan lingkungan dan merawat hewan
5. Tuliskan kata-kata
yang kamu temukan pada kotak berikut!
Pada, Siti, Dayu, Beni, Di
dekat lapangan, Aku, Jadi, Betul, Selain itu, Ikan, edo, Oh iya, Baiklah,
Maafkan.
Berdasarkan kata-kata
yang kamu tuliskan, huruf kapital digunakan pada:
1. Awal kalimat.
2. Nama orang.
3. Nama hari dan bulan.
4. Nama tempat.
Ayo Berlatih
Berikut adalah hal-hal
yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sekolah. Baca kalimat pada kotak, lalu
hubungkan pada gambar yang sesuai. Warnai gambar, jika menurutmu sesuai dengan
peraturan sekolah.
Warna merah dan hijau :
Yang boleh dilakukan di sekolah
Warna hitam : Yang tidak
boleh dilakukan di sekolah
Ayo Berlatih
Bacalah teks berikut!
Perhatikan huruf kapital
dan tanda baca yang harus digunakan pada kalimat. Tuliskan kembali teks berikut
dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Gunakan huruf
tegak bersambung.
siti memelihara burung
siti rajin merawat
burung peliharaannya
setiap hari burung
diberi makan secara teratur
makanan burung itu buah
pisang dan buah pepaya
pada hari minggu lani
bermain ke rumah siti
lani suka dengan burung
peliharaan siti karena suaranya indah
Siti memelihara burung.
Siti rajin merawat
burung peliharaannya.
Setiap hari burung diberi
makan secara teratur.
Makanan burung itu buah
pisang dan buah pepaya.
Pada hari Minggu Lani
bermain ke rumah Siti.
Lani suka dengan burung
peliharaan Siti karena suaranya indah.
Ayo mengamati
Siti pergi ke pasar
bersama Ibu. Siti membeli 1 kg pepaya. Penjual pepaya menimbang dengan
timbangan seperti gambar di bawah ini.
Setelah membeli pepaya,
ibu Siti membeli 200 gram biji jagung. Penjual biji jagung menimbang dengan
menggunakan timbangan seperti gambar di bawah ini.
Ayo Berdiskusi
Manakah yang lebih
berat, 1 kg pepaya ataukah 200 gram biji jagung? Timbangan manakah yang dapat
mengukur benda yang lebih berat? Dapatkah kamu menyebutkan perbedaan 2
timbangan itu?
Perhatikan tulisan di
dalam kotak:
1 kg = 100 gram +100 gram
+100 gram + 100 gram + 100 gram + 100 gram + 100 gram + 100 gram + 100 gram +
100 gram
Timbangan besi biasa
dipakai untuk menimbang benda yang lebih berat. Timbangan dengan jarum yang
menunjukkan angka, biasa digunakan untuk benda yang lebih ringan.
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar
berikut. Coba perkirakan berat benda pada gambar. Lingkari ukuran berat yang
menurutmu sesuai.
Ayo Renungkan
Jawablah pertanyaan
berikut.
1. Tuliskan 3 hal yang
kamu pelajari tentang peraturan di sekolah.
Peraturan yang ada di
sekolah harus ditaati oleh semua warga sekolah
Jika melanggar peraturan,
maka akan diberi hukuman maupun sanksi
Jika telah diberi hukuman,
maka berjanji tidak akan mengulanginya lagi
2. Tuliskan 3 penggunaan
huruf kapital dalam menulis kalimat. Berikan serta contohnya.
· Huruf kapital digunakan
pada huruf pertama di awal kalimat, contohnya: Aku mau makan
· Huruf kapital digunakan
pada nama orang baik di awal, tengah, dan akhir kalimat, contohnya: Lani
dan Edo mengerjakan tugas bersama di rumah Udin.
· Huruf kapital digunakan
pada nama hari dan bulan, contohnya: Lani lahir pada bulan Oktober.,
Pada hari Senin, aku bersama teman-teman bermain sepak bola
bersama.
3. Apakah yang paling
kamu sukai dalam pelajaran hari ini?
Saya suka menulis
kembali teks dengan penggunaan huruf kapital dan tanda baca
4. Apakah yang menurutmu
paling sulit dalam pelajaran hari ini?
Memperkirakan berat benda pada
gambar.
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah
tentang menemukan aturan penggunaan huruf
kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan
tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan
hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan
sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan
mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar