Materi
Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Selasa, 27 Februari 2024
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema
3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran
: 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan
di Sekitarku Tujuan Pembelajaran yang akan mempelajari tentang menemukan
penggunaan tanda titik dan memperbaiki ejaan pada kalimat berita dalam tulisan
tegak bersambung. Menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100
gram), mengubah suatu ukuran berat menjadi satuan tertentu. Mengelompokkan
hal-hal yang boleh dilakukan an tidak oleh dilakukan di sekolah. Menyimulasikan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Sebagai catatan tulisan ini
hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Ayo Membaca
Merawat Tanaman di Sekitar Sekolah Di depan kelas
terdapat pot-pot tanaman bunga. Semua siswa diwajibkan merawat tanaman
tersebut. Setiap hari tanaman disiram. Siswa yang bertugas piket harus menyiram
tanaman tersebut.
Siswa harus menjaga tanaman agar tidak rusak.
Ketika bermain, siswa harus berhati-hati agar pot bunga tidak pecah. Misalnya,
tidak bermain bola di sekitar pot-pot bunga. Hal itu untuk menjaga agar bola
tidak mengenai pot bunga.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Tuliskan aturan untuk merawat tanaman di
sekolah!
Aturan untuk merawat tanaman di sekolah adalah : (1) Petugas piket
harus menyiramnya setiap hari. (2) Ketika bermain, kita harus berhati-hati agar
tidak merusak pot dan tanaman.
2. Apa akibatnya apabila aturan itu tidak
dipatuhi?
Akibat yang akan ditimbulkan jika aturan tidak dipatuhi adalah
tanaman menjadi layu dan pot tanaman bisa rusak/pecah.
3. Beni ingin bermain bola di sekitar kelas.
Bagaimana sebaiknya kamu bersikap untuk menanggapi keinginan Beni tersebut?
Menegur Beni dan memintanya bermain bola di lapangan supaya bola
tidak mengenai kaca atau pot buga.
Ayo Menulis
Tuliskan percakapan di bawah ini menggunakan
huruf tegak bersambung!
Ayo Bermain Peran
Bacalah teks percakapan Lani dan Udin
tersebut!Peragakan bersama temanmu. Pilihlah peran sesuai percakapan tersebut.
Ayo Bercerita
Amatilah lingkungan sekitar sekolahmu! Apakah
terdapat tanaman di sekitar sekolahmu? Ceritakan bagaimana peran kamu dalam
merawat tanaman di sekolahmu! Tuliskan ceritamu dengan menggunakan huruf tegak
bersambung.
Setiap menjalankan tugas piket kelas, aku selalu membersihkan
halaman sekolah. Mulai dari menyapu sampah dan membersihkan selokan. Selain
itu, aku menyirami tanaman dan mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman.
Aku sangat senang melihat tanaman tumbuh dengan baik. Aku selalu menjaga
tanaman dan merawatnya agar kelas tampak lebih indah.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di atas! Apa yang bisa kamu
ceritakan dari gambar tersebut?
Lani dan teman-temannya memiliki semangat
kerja sama yang tinggi. Mereka bekerja sama merawat tanaman di sekitar sekolah.
Setiap siswa mempunyai tugas menyiram tanaman secara bergiliran. Jika ada siswa
yang membutuhkan bantuan, siswa yang lain membantu.
Apakah kamu juga selalu bekerja sama dan
saling membantu dengan teman sekelasmu? Ceritakan pengalamanmu ketika mendapat
bantuan dari temanmu!
Saya dan teman-teman selalu bekerja sama dalam
membersihkan kelas. Kami sangat menyukai kelas yang bersih. Kelas bersih
membuat belajar menjadi nyaman. Kami senang membersihkan kelas bersama.
Ada yang
membantu menyapu lantai, merapikan kursi, menghapus papan tulis, membereskan
meja guru, menyimpan peralatan belajar ke dalam lemari, dan menyiram tanaman.
Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman satu kelompokmu
untuk mengerjakan tugas ini. Buatlah buku ringkasan tentang pengukuran berat
benda. Perhatikan isi buku yang akan kalian buat!
Halaman 1 :
Berisi identitas kelompok dan nama anggota
kelompoknya
Buku Ringkasan Pengukuran Berat Benda
Disusun oleh Kelompok 1 (nama atau nomor
kelompok)
(nama teman-teman)
Udin
Beni
Edo
Halaman 2
Berisi deskripsi buku.
Tulislah dengan huruf tegak bersambung dan
gunakan huruf kapital dan tanda titik dengan tepat.
Halaman 3:
Berisi gambar macam-macam alat pengukuran
berat (gambar bisa digunting dari majalah atau koran atau digambar sendiri)
Halaman 4:
Berisi tentang penjelasan ons dan kg serta 5
pertanyaan tentang topik itu
1. 2 kg = 20 ons
2. 40 ons = 4 kg
3. 8,5kg = 85 ons
4. 5 ons = 1/4kg
5. 5kg+ 2ons = 52ons
6. 24 ons + 33 ons = 5,7kg
7. 8 kg – 20 ons = 78 ons
8. 65 ons – 5kg = 15 ons
9. 11 ons = 1,1 kg
10. 66
ons + 1 kg = 7,6 kg
Halaman 5:
Berisi dua soal cerita dan jawabannya tentang
berat benda dengan menggunakan satuan ukur kg dan ons.
1. Soal
Bu Maya membeli 5kg apel, kemudian membeli jeruk
10 ons. Berapa kg jumlah seluruh belanjaan Bu Maya?
Jawaban
5kg apel + 10 ons jeruk = 5kg + 1kg = 6kg
Jadi, jumlah seluruh belanjaan Bu Maya adalah
6kg.
2. Soal
Udin membeli 5 kg gula pasir, 2 kg dipakai untuk
membuat kue. Berapa ons kah sisa gula pasir Udin sekarang?
Jawaban
5kg – 2kg = 3 kg = 30 ons
Jadi, sisa gula pasir Udin sekarang adalah 30
ons.
3. Soal
Pak Badrun membeli 10kg mangga, 5kg mangga telah
terjual. Berapa ons sisa mangga Pak Badrun yang belum terjual?
Jawaban
10kg – 5kg = 5kg = 50 ons
Jadi, sisa mangga yang Pak Badrun belum terjual
adalah 50 ons.
4. Soal
Pak Johar membawa 40 ons daging sapi dari pasar.
Berat daging sapi yang dibawa Pak Johar dari pasar sama juga dengan …. Kg.
Jawaban
40 ons = 4kg
Jadi, berat daging sapi yang dibawa Pak Johar
dari pasar adalah 4kg.
5. Soal
Bu Wiwin membeli buah mangga seberat 8 Kg. Bu
Ajeng membeli buah jeruk seberat 60 ons. Bu Meli membeli buah salak seberat 7
Kg. Siapakah yang membeli buah paling berat?
Jawaban
8kg mangga = 80 ons
60 ons jeruk = 6 kg
7kg salak = 70 ons
Jadi, yang paling berat membeli buah adalah Bu Wiwin, yaitu 8kg
atau 80 ons.
Halaman 6
Berisi ucapan terima kasih.
Terima Kasih
Ayo, kita terus belajar
Ayo Renungkan
Tuliskan hal-hal yang sudah kamu pelajari hari
ini.Tuliskan kesulitan-kesulitan yang kamu temukan pada kegiatan pembelajaran
hari ini
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar