MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin,
05 Februari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 5
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat
menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila
dengan benar.
·
Dengan menulis contoh perilaku di
rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila, siswa dapat menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah
dengan benar.
·
Dengan mengamati gambar variasi gerak
mendarat, siswa dapat menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam
lantai dengan benar.
·
Dengan menjelaskan variasi gerak
mendarat dalam aktivitas senam lantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak
mendarat dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
·
Dengan mengamati teks percakapan,
siswa dapat menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks
percakapan menggunakan bahasa sendiri dengan benar.
·
Dengan menggunakan teks percakapan,
siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan menggunakan menggunakan kata
“tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Beni
pergi ke Papua bersama Edo.
Keluarganya
bermusyawarah. Akhirnya, keluarga sepakat pergi ke Raja Ampat.
Musyawarah
merupakan contoh sikap yang baik.
Karena sesuai sila keempat Pancasila.
Ayo Berlatih
Buatlah
pertanyaan tentang teks percakapan!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: ........................................................
Diskusikan
bersama temanmu! Contoh sikap yang
baik! Sikap yang sesuai sila keempat Pancasila di
tempat
wisata!
Tuliskan
hasil diskusimu!
Bagaimana
hasil diskusimu?
Coba
ceritakan pengalamanmu!
Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Apa
gerak dasar dalam lomba? Terutama yang dilakukan Beni.
Gerak
dasarnya adalah mendarat. Bagaimana caranya yang benar?
Perhatikan
gambar berikut!
Lakukanlah sesuai arahan gurumu!
Ayo Membaca
Edo
meminta tolong kepada kakak sepupunya.
Kakaknya
bernama Oridek. Oridek disuruh menjadi
juri. Bacalah teks percakapan berikut!
Edo :
“ Bang, bolehkah meminta tolong? ”
Oridek : “ Boleh, meminta tolong apa, Dik? ”
Edo
: “ Bang, Edo ingin berlomba lompat
palang.
Apakah Abang mau menjadi jurinya?”
Oridek : “ Baiklah, kalau begitu. Bersiaplah untuk menjadi pemenang! ”
Edo : “ Oke, Bang! Terima kasih ya, Bang ”
Ayo Berdiskusi
Diskusikan
bersama teman sebangkumu! Diskusi
tentang
makna ungkapan meminta tolong. Katakata ini dari teks percakapan.
Ceritakan dengan kalimatmu sendiri!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar