Materi
Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Rabu,
21 Februari 2024
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema 3
: Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran
: 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku Tujuan
Pembelajaran yang akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda titik
pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung. Memperbaiki ejaan dan
menggunakan tanda baca. Menemukan kesetaraan dan mengubah satuan ukuran benda
(1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram). Mengidentifikasi ciri-ciri karya patung
imajinatif dari bahan alami. Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya
patung imajinatif dan membuat karya imajinatif berdasarkan pengalaman. menjelaskan
prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan memperhatikan
aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan
variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan berdiskusi mengenai aturan
permainan kupu-kupu, siswa dapat mengelompokkan aturan yang berlaku pada
kegiatan di sekolah. Dengan bermain peran, siswa dapat menyimulasikan kegiatan
sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Dengan membaca teks, siswa dapat
menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Dengan membaca teks, siswa
dapat memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda
titik dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar halaman rumah Lani! Apakah
yang kamu lihat? (Ada kebun bunga). Apakah kamu menemukan bunga pada gambar
tersebut?(Ya). Bagaimana dengan halaman rumahmu? (Ada kebun bunga juga). Apakah
kamu juga memiliki bunga dan tanaman di halaman rumahmu?(Ya)
Aku menemukan banyak hal pada gambar!
Aku menemukan:
1. Bunga berwarna merah, kuning, dan pink.
2. Lani sedang menyiram bunga.
3. Rumput yang hijau dan tertata rapi.
4. Sebatang pohon yang rindang.
5. Ibu Lani yang sedang merawat bunga.
Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu.
Apakah kamu menemukan persamaan jawabanmu dengan jawaban temanmu? Ya. Apakah
kamu menemukan sesuatu yang berbeda? Tidak.
Ayo Membaca
Olahraga Pagi
Pada hari Minggu yang cerah, Lani dan
keluarganya berolahraga pagi. Udara sejuk pada pagi hari. Matahari bersinar
cerah dan semua bergembira. Mereka lari pagi mengelilingi taman perumahan.
Tampak bunga-bunga sedang bermekaran di taman. Ada bunga mawar, bunga sepatu,
bunga melati, dan banyak lagi. Hari itu hari yang membahagiakan untuk Lani dan
keluarganya.
Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan!
1. Pada hari apa Lani dan keluarganya
berolahraga?
Pada hari
Minggu
2. Di mana mereka berolahraga pagi?
Di taman
perumahan.
3. Apa yang dilihat Lani di taman?
Bunga-bunga
sedang bermekaran.
4. Bagaimana perasaan Lani pada hari itu?
Lani
merasa bahagia.
5. Sebutkan 3 jenis bunga yang ditemukan Lani
di taman!
Bunga
mawar, bunga sepatu, bunga melati.
Ayo Mengamati
Amatilah kembali bacaan yang berjudul Olahraga
Pagi!
Berapa jumlah kalimat dalam bacaan tersebut?
Ada tujuh
Kalimat.
Tanda apa yang dipakai untuk mengakhiri sebuah
kalimat?
Tanda
titik.
Tuliskan kembali kalimat-kalimat dalam bacaan
tersebut. Gunakan huruf tegak bersambung.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut! Tandailah kesalahan
ejaan dan tanda baca pada teks berikut!
Lani suka bercocok tanam lani menanam banyak
tanaman di halaman rumahnya. Setiap hari lani menyiram tanaman-tanaman tersebut
tanaman lani tumbuh dengan subur di halaman sekolah lani juga terdapat banyak
tanaman ada berbagai jenis tanaman bunga. Ada berbagai jenis tanaman apotek
hidup Apotek hidup adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat
Misalnya, jahe, kencur, dan kunyit.
Ayo Mengamati
Halaman rumah Lani cukup luas. Lani menanam
cabai di halaman rumahnya. Tanaman cabai sudah mulai berbuah. Lani memetik
cabai dan menimbangnya. Lani menggunakan timbangan. Pada timbangan tersebut
tertulis satuan beratnya ons. Berat cabai Lani adalah 5 ons.
Perhatikan timbangan yang digunakan oleh Lani!
Timbangan jarum digunakan untuk mengukur berat
benda yang ringan. Satuan berat yang digunakan dalam timbangan tersebut adalah
ons. 1 kg = 10 ons.
Ayo Berlatih
1. Cabai yang dipetik Lani seberat 5 ons. Cabai tersebut dimasukkan ke dalam satu plastik.
Ibu juga memetik cabai dan menimbang cabai
seberat 5 ons.
Berapa kilogram berat cabai sekarang?
Diketahui :
Cabai yang dipetik Lani 5 ons
Cabai yang dipetik ibu 5 ons
Ditanyakan : Berapa kilogram berat cabai
sekarang?
Jawab :
Cabai yang dipetik lani + cabai yang dipetik
ibu
= 5 ons + 5 ons
= 10 ons
10 ons = 1 kilogram
Jadi, berat cabai sekarang adalah 1 kilogram.
2. Cabai yang dihasilkan di halaman rumah Lani
seberat 5 kg. Cabai tersebut dimasukkan dalam kemasan plastik seberat 5 ons.
Ada berapa plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai tersebut?
Diketahui :
Cabai hasil dari halaman Lani 5 kg = 50 ons
Ukuran platik kemasan 5 ons
Ditanyakan : Berapa kantong platik yang
dibutuhkan?
Jawab:
Berat cabai : ukuran plastik kemasan
= 50 ons : 5 ons
= 10 plastik
Jadi, banyak plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai
tersebut adalah 10 kantong.
3. Selain menanam cabai, Lani juga menanam
beberapa jenis sayuran di pekarangannya. Ayo, kita temukan berat sayuran
tersebut dalam satuan kg.
Ayo Berkreasi
Lani senang sekali melihat beragam warna
bunga-bunga di taman. Lani membuat model setangkai bunga dari plastisin.
Perhatikan model plastisin Lani.
Karya seni Lani merupakan karya seni rupa tiga
dimensi. Ciri utama karya seni tiga dimensi adalah memiliki tiga unsur, yaitu
panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai
sisi, yaitu depan, belakang, samping, bahkan dari atas. Pada karya tiga
dimensi, terdapat titik-titik, garis, dan bidang atau bentuk.
Bentuk apa saja yang kamu lihat dari model
plastisin Lani? Bulat, persegi panjang.
Buatlan desain untuk model plastisinmu. Kamu
boleh membuat model buah, bunga, atau daun. Perhatikan contoh-contoh sebagai
inspirasimu
Ayo Renungkan
Tuliskan hal-hal yang sudah kamu lakukan pada
hari ini.
Hal-hal yang aku lakukan hari ini:
– Menjawab pertanyaan
– Berdiskusi dengan teman
– Berkreasi dengan plastisin
Ayo Bermain Peran
Lani dan teman-temannya bermain bersama ketika
istirahat di sekolah. Nama permainan itu adalah Kupu-Kupu di Taman Bunga. Ayo,
bermain bersama seperti Lani dan teman-temannya.
Perhatikan aturan mainnya.
· Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
· Kelompok 1 menjadi bunga.
· Kelompok 2 menjadi kupu-kupu.
· Satu bunga berpasangan dengan satu kupukupu.
· Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.
· Satu orang siswa menjadi pemimpin permainan.
· Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu
bilangan genap, kupu-kupu berlari di belakang bunga sebanyak lima kali.
· Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu
bilangan ganjil, bunga berlari dan bertukar tempat dengan bunga yang lain.
Ayo Berdiskusi
Dalam setiap permainan, selalu ada peraturan
permainan.
Mengapa harus ada peraturan?
Agar permainan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan.
Apakah dalam keseharianmu kamu juga memiliki
peraturan ketika bermain di sekolah?
Ya.
Tuliskan peraturan yang kamu temukan ketika
jam istirahat di sekolahmu!
Peraturan Ketika Jam Istirahat di Sekolah
1. Dilarang keluar dari lingkungan sekolah,
kecuali seizin bapak/ibu guru.
2. Setelah makan dan minum, sisa dan bungkus
makanan harap buang sampah pada tempatnya.
3. Dilarang bermain bola (olah raga lapangan) di
dalam kelas atau di ruangan lainnya.
4. Dilarang bermain sepeda di halaman sekolah.
5. Pastikan membersihkan alas kaki sebelum masuk
ke dalam kelas.
Ayo Berlatih
Kamu sudah memperhatikan permainan dengan
melompat. Sekarang perhatikan gerakan melompat berikut!
Lakukan gerakan tersebut sesuai irama. Lakukan
sambil bernyanyi! Ikutlah petunjuk gurumu!
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan di bawah ini! Kemudian,
coba lakukan percakapan sesuai peran pada teks.
Beni :
Edo, hari ini kita mendapat jadwal piket kelas.
Edo :
Benar, Beni. Itulah sebabnya, aku datang lebih pagi.
Beni :
Siapa lagi yang piket hari ini?
Lani :
Aku, Beni. Mari kita mulai membersihkan kelas. Aku menyapu lantai kelas.
Beni :
Aku juga menyapu lantai kelas.
Edo :
Aku merapikan rak buku.
Lani :
Baiklah, mari kita mulai bekerja.
Ceritakan
pengalamanmu ketika menjalankan tugas piket kelas. Tuliskan ceritamu itu ke
dalam tulisan tegak bersambung!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut! Tandailah setiap kata,
kalimat, dan ejaan yang tidak tepat pada teks!
lani udin dan beni gemar berolahraga peraturan
sekolah mewajibkan semua siswa menggunakan sepatu dan baju olahraga ketika
pelajaran olahraga suatu hari beni lupa memakai sepatu olahraga. Ia jatuh
terpeleset ketika bermain bola beni sangat menyesal karena tidak mengikuti
peraturan sekolah.
Jawaban:
Ayo Menulis
Perbaiki dan tulislah kembali teks bacaan
tersebut dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Bacalah kembali teks yang
sudah kamu tulis!
Jawaban:
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar