Selasa, 20 Februari 2024

Kelas 2. Tema 6 Subtema 3 "Tumbuhan di Sekitarku" PB 1 dan 2

 

Materi Pembelajaran

 

Hari/ Tanggal     : Rabu, 21 Februari 2024

Tema 6                : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema 3          : Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran    : 1 dan 2

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 1 dan 2  Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku Tujuan Pembelajaran yang akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung. Memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca. Menemukan kesetaraan dan mengubah satuan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram). Mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alami. Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dan membuat karya imajinatif berdasarkan pengalaman. menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan memperhatikan aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan berdiskusi mengenai aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mengelompokkan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah. Dengan bermain peran, siswa dapat menyimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

  

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar halaman rumah Lani! Apakah yang kamu lihat? (Ada kebun bunga). Apakah kamu menemukan bunga pada gambar tersebut?(Ya). Bagaimana dengan halaman rumahmu? (Ada kebun bunga juga). Apakah kamu juga memiliki bunga dan tanaman di halaman rumahmu?(Ya)


Aku menemukan banyak hal pada gambar!

Aku menemukan:

1.  Bunga berwarna merah, kuning, dan pink.

2.  Lani sedang menyiram bunga.

3.  Rumput yang hijau dan tertata rapi.

4.  Sebatang pohon yang rindang.

5.  Ibu Lani yang sedang merawat bunga.

 

Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu. Apakah kamu menemukan persamaan jawabanmu dengan jawaban temanmu? Ya. Apakah kamu menemukan sesuatu yang berbeda? Tidak.


Ayo Membaca

Olahraga Pagi

Pada hari Minggu yang cerah, Lani dan keluarganya berolahraga pagi. Udara sejuk pada pagi hari. Matahari bersinar cerah dan semua bergembira. Mereka lari pagi mengelilingi taman perumahan. Tampak bunga-bunga sedang bermekaran di taman. Ada bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati, dan banyak lagi. Hari itu hari yang membahagiakan untuk Lani dan keluarganya.

 

Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan!

1. Pada hari apa Lani dan keluarganya berolahraga?

Pada hari Minggu

2. Di mana mereka berolahraga pagi?

Di taman perumahan.

3. Apa yang dilihat Lani di taman?

Bunga-bunga sedang bermekaran.

4. Bagaimana perasaan Lani pada hari itu?

Lani merasa bahagia.

5. Sebutkan 3 jenis bunga yang ditemukan Lani di taman!

Bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati.

 

Ayo Mengamati

Amatilah kembali bacaan yang berjudul Olahraga Pagi!

 Berapa jumlah kalimat dalam bacaan tersebut?

Ada tujuh Kalimat.

Tanda apa yang dipakai untuk mengakhiri sebuah kalimat?

Tanda titik.

 

Tuliskan kembali kalimat-kalimat dalam bacaan tersebut. Gunakan huruf tegak bersambung.



Ayo Membaca

Bacalah teks berikut! Tandailah kesalahan ejaan dan tanda baca pada teks berikut!

 

Lani suka bercocok tanam lani menanam banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap hari lani menyiram tanaman-tanaman tersebut tanaman lani tumbuh dengan subur di halaman sekolah lani juga terdapat banyak tanaman ada berbagai jenis tanaman bunga. Ada berbagai jenis tanaman apotek hidup Apotek hidup adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat Misalnya, jahe, kencur, dan kunyit.


Ayo Mengamati

Halaman rumah Lani cukup luas. Lani menanam cabai di halaman rumahnya. Tanaman cabai sudah mulai berbuah. Lani memetik cabai dan menimbangnya. Lani menggunakan timbangan. Pada timbangan tersebut tertulis satuan beratnya ons. Berat cabai Lani adalah 5 ons.

 

Perhatikan timbangan yang digunakan oleh Lani!

 

Timbangan jarum digunakan untuk mengukur berat benda yang ringan. Satuan berat yang digunakan dalam timbangan tersebut adalah ons. 1 kg = 10 ons.

 

 

Ayo Berlatih

1. Cabai yang dipetik Lani seberat 5 ons. Cabai tersebut dimasukkan ke dalam satu plastik.

Ibu juga memetik cabai dan menimbang cabai seberat 5 ons.

Berapa kilogram berat cabai sekarang?

Diketahui :

Cabai yang dipetik Lani 5 ons

Cabai yang dipetik ibu 5 ons

Ditanyakan : Berapa kilogram berat cabai sekarang?

Jawab :

Cabai yang dipetik lani + cabai yang dipetik ibu 

= 5 ons + 5 ons

= 10 ons

10 ons = 1 kilogram

Jadi, berat cabai sekarang adalah 1 kilogram.

 

2. Cabai yang dihasilkan di halaman rumah Lani seberat 5 kg. Cabai tersebut dimasukkan dalam kemasan plastik seberat 5 ons. Ada berapa plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai tersebut?

Diketahui :

Cabai hasil dari halaman Lani 5 kg = 50 ons

Ukuran platik kemasan 5 ons

Ditanyakan : Berapa kantong platik yang dibutuhkan?

Jawab:

Berat cabai : ukuran plastik kemasan

= 50 ons : 5 ons

= 10 plastik

Jadi, banyak plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai tersebut adalah 10 kantong.

 

3. Selain menanam cabai, Lani juga menanam beberapa jenis sayuran di pekarangannya. Ayo, kita temukan berat sayuran tersebut dalam satuan kg.



Ayo Berkreasi

Lani senang sekali melihat beragam warna bunga-bunga di taman. Lani membuat model setangkai bunga dari plastisin.

 

Perhatikan model plastisin Lani.


Karya seni Lani merupakan karya seni rupa tiga dimensi. Ciri utama karya seni tiga dimensi adalah memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi, yaitu depan, belakang, samping, bahkan dari atas. Pada karya tiga dimensi, terdapat titik-titik, garis, dan bidang atau bentuk.

 

Bentuk apa saja yang kamu lihat dari model plastisin Lani? Bulat, persegi panjang.

 

Buatlan desain untuk model plastisinmu. Kamu boleh membuat model buah, bunga, atau daun. Perhatikan contoh-contoh sebagai inspirasimu

 

 

Ayo Renungkan

Tuliskan hal-hal yang sudah kamu lakukan pada hari ini.

Hal-hal yang aku lakukan hari ini:

– Menjawab pertanyaan

– Berdiskusi dengan teman

– Berkreasi dengan plastisin

 

 

Ayo Bermain Peran

Lani dan teman-temannya bermain bersama ketika istirahat di sekolah. Nama permainan itu adalah Kupu-Kupu di Taman Bunga. Ayo, bermain bersama seperti Lani dan teman-temannya.

 

Perhatikan aturan mainnya.

·    Siswa dibagi menjadi dua kelompok.

·    Kelompok 1 menjadi bunga.

·    Kelompok 2 menjadi kupu-kupu.

·    Satu bunga berpasangan dengan satu kupukupu.

·    Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.

·    Satu orang siswa menjadi pemimpin permainan.

·    Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan genap, kupu-kupu berlari di belakang bunga sebanyak lima kali.

·    Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari dan bertukar tempat dengan bunga yang lain.

 

 

Ayo Berdiskusi

Dalam setiap permainan, selalu ada peraturan permainan.

 

Mengapa harus ada peraturan?

Agar permainan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan. 

Apakah dalam keseharianmu kamu juga memiliki peraturan ketika bermain di sekolah?

Ya.

Tuliskan peraturan yang kamu temukan ketika jam istirahat di sekolahmu!

Peraturan Ketika Jam Istirahat di Sekolah

1.  Dilarang keluar dari lingkungan sekolah, kecuali seizin bapak/ibu guru.

2.  Setelah makan dan minum, sisa dan bungkus makanan harap buang sampah pada tempatnya.

3.  Dilarang bermain bola (olah raga lapangan) di dalam kelas atau di ruangan lainnya.

4.  Dilarang bermain sepeda di halaman sekolah.

5.  Pastikan membersihkan alas kaki sebelum masuk ke dalam kelas.

 

Ayo Berlatih

Kamu sudah memperhatikan permainan dengan melompat. Sekarang perhatikan gerakan melompat berikut!

Lakukan gerakan tersebut sesuai irama. Lakukan sambil bernyanyi! Ikutlah petunjuk gurumu!

 

 

Ayo Bermain Peran

Bacalah percakapan di bawah ini! Kemudian, coba lakukan percakapan sesuai peran pada teks.

Beni       : Edo, hari ini kita mendapat jadwal piket kelas.

Edo        : Benar, Beni. Itulah sebabnya, aku datang lebih pagi.

Beni       : Siapa lagi yang piket hari ini?

Lani        : Aku, Beni. Mari kita mulai membersihkan kelas. Aku menyapu lantai kelas.

Beni       : Aku juga menyapu lantai kelas.

Edo        : Aku merapikan rak buku.

Lani        : Baiklah, mari kita mulai bekerja.

Ceritakan pengalamanmu ketika menjalankan tugas piket kelas. Tuliskan ceritamu itu ke dalam tulisan tegak bersambung!


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut! Tandailah setiap kata, kalimat, dan ejaan yang tidak tepat pada teks!

lani udin dan beni gemar berolahraga peraturan sekolah mewajibkan semua siswa menggunakan sepatu dan baju olahraga ketika pelajaran olahraga suatu hari beni lupa memakai sepatu olahraga. Ia jatuh terpeleset ketika bermain bola beni sangat menyesal karena tidak mengikuti peraturan sekolah.

 

Jawaban:


Ayo Menulis 

Perbaiki dan tulislah kembali teks bacaan tersebut dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Bacalah kembali teks yang sudah kamu tulis!

 

Jawaban:


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...