Materi
Pembelajaran
Hari/
Tanggal : Senin, 26 Februari 2024
Tema 6 : Merawat Hewan
dan Tumbuhan
Subtema
3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku Tujuan Pembelajaran yang akan mempelajari tentang
menjelaskan dan mempraktekkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai
irama. Mengelompokkan dan mensimulasikan aturan yang berlaku pada kegiatan di
sekolah. Menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Memperbaiki teks huruf
tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik. Sebagai catatan tulisan
ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Amatilah
gambar di atas! Apa yang sedang dilakukan anak-anak yang tampak pada gambar?
Bermain. Anak tersebut berlari-lari mengejar kupu-kupu. Ada juga anak-anak yang
sedang melompat.
Ayo
Berlatih
Apakah
kamu suka bermain sambil melompat? Bagaimana gerakan melompat tersebut? Kita
bisa melakukan gerakan melompat. Ada berbagai variasi gerakan melompat.
Perhatikan gambar berikut! Peragakan gerakan sesuai petunjuk gurumu!
Ayo
Berlatih
Amatilah
kembali gambar di atas. Ada kupu-kupu yang sedang terbang. Ada juga kupu-kupu
yang sedang hinggap pada bunga. Masih ingatkah kamu dengan permainan kupu-kupu
di taman bunga? Ayo, kita mainkan kembali permainan itu! Tambahkan satu
peraturan!
Peraturan tambahannya adalah sebagai berikut. Jika pemimpin
permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari. Kemudian, bunga
berputar mengelilingi kupu-kupu dan bertukar tempat dengan bunga yang
lain.
Ikuti
peraturan permainannya dan jagalah kekompakan.
Ayo
Berdiskusi
Siti
dan teman-temannya bermain dengan gembira Semua mengikuti peraturan permainan.
Ibu guru pun senang melihat anak-anak kelas dua tertib dalam bermain.
Berdiskusilah
dengan teman sebangkumu. Tuliskan kembali peraturan permainan kupu-kupu di
taman bunga!
Peraturan
permainan kupu-kupu di taman bunga.
1. Buatlah kelompok kupu-kupu dan kelompok bunga.
2. Satu bunga berpasangan dengan satu kupu-kupu.
3. Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.
4. Jika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan genap,
kupu-kupu berlari. Kemudian, kupu-kupu berputar mengelilingi bunga dan bertukar
tempat dengan kupu-kupu yang lain.
5. Jika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil,
bunga berlari. Kemudian, bunga berputar mengelilingi kupu-kupu dan bertukar
tempat dengan bunga yang lain.
6. Ikuti peraturan permainannya dan jagalah kekompakan.
Apa
yang terjadi apabila anak-anak kelas dua tidak mengikuti peraturan permainan?
Apabila anak-anak kelas dua tidak mengikui peraturan permainan,
maka permainan tidak bisa berjalan lancar. Permainan tersebut akan menimbulkan
kecurangan dan timbul perselisihan dalam permainan.
Ayo
Berdiskusi
Lakukan
tanya jawab dengan teman di sebelahmu! Tuliskan pertanyaan dan jawaban pada
lembar yang tersedia! Tuliskan dengan huruf tegak bersambung!
1. Tanyakan kepada temanmu contoh tata tertib
ketika jam istirahat di sekolah
2. Tanyakan kepada temanmu tentang usaha untuk
mematuhi tata tertib yang sudah disebutkan!
3. Tanyakan juga kepada temanmu apakah pernah melanggar aturan di sekolah?
Bacalah kembali hasil tanya jawab dengan teman
di sebelahmu! Buatlah kesimpulan dari hasil tanya jawab itu! Tuliskan
kesimpulan tersebut dengan menggunakan huruf tegak bersambung! Perhatikan
penggunaan huruf kapital dan tanda titik dalam penulisan kesimpulanmu.
Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah bersama teman dalam kelompok
mengenai pertanyaan berikut. Melanggar peraturan mengakibatkan hal yang tidak
baik. Apa saja yang tidak boleh kita lakukan di lingkungan sekolah? Tuliskan
jawabanmu dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
Ayo Renungkan
Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat
temanmu melanggar peraturan sekolah? Mengapa kamu melakukan hal itu?
Saya akan menegur teman dan memberi nasihat bahwa sebagai seorang
siswa wajib menaati peraturan ketika di sekolah baik saat proses pembelajaran
maupun di luar pembelajaran.
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar