MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jumat,
02 Februari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu Membaca indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Memecahkan
masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan
penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi
cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya
hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Ayo Mengamati
Beni
tamasya ke Candi Borobudur.
Tamasya
disebut juga study tour.
Beni meminta tolong pengunjung lain.
Beni meminta untuk difoto.
Apa
yang dilakukan Beni?
Bagaimana
cara melakukannya?
Gurumu
akan membacakan teks percakapan.
Percakapan
Beni bersama orang yang baru dikenal.
Dengarkan teks percakapan
tersebut!
Sudahkah
kamu mendengarkannya?
Teks
percakapan yang disampaikan gurumu?
Buatlah
pertanyaannya!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Menulis
Jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Sebutkan alat untuk memfoto.
Jawab:
................................................................
2.
Bagaimana cara meminta tolong yang baik?
Jawab:
................................................................
3.
Siapa yang meminta tolong?
Jawab:
................................................................
4.
Mengapa orang mau menolongnya?
Jawab:
................................................................
5.
Apa yang terjadi setelah berfoto?
Jawab:
................................................................
Ayo Berlatih
Gambar
berikut menunjukkan sikap santun.
Sikap
Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu
menggunakan bahasa yang santun. Bahasa ketika meminta tolong.
Lakukan
bersama teman sebangkumu! Gunakan bahasamu sendiri!
Beni
dan teman-teman telah selesai mengunjungi Borobudur. Kemudian, melanjutkan
membatik di sekitar
Candi.
Sebelum
membatik, Beni mengukur panjang kain.
Panjang
kain untuk dibatik. Panjang kain yang
dibatik berbeda-beda.
Perhatikan
data berikut!
Data tentang panjang kain untuk membatik.
Siti
dan Lani belum mendapatkan kain.
Kerjakanlah soal berikut!
Hitunglah berdasarkan data di
atas!
1.
Berapakah panjang kain Meli dan
Edo jika digabung? Hitunglah dalam satuan meter!
2.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa meter panjang kain Beni dan Dayu?
3.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa cm panjang kain Siti dan Udin?
4.
Setengah kain Edo diberikan
kepada Lani. Berapa cm panjang kain Lani dan Meli?
Kain hasil membatik dibawa
pulang.
Kain batik dijadikan bahan dasar
hiasan. Hiasan bingkai foto. Hal ini sebagai pengalamannya di candi Borobudur.
Ayo Mencoba
Beni
menghias bingkai foto dengan kain batik.
Coba
lakukan seperti Beni.
Perhatikan langkah-langkahnya!
Contoh
bingkai foto Beni. Foto ketika di candi
Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar