MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 31
Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 1 & 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kalian akan melanjutkan pembelajarn dengan tujuan pembelajaran yaitu
dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”, siswa dapat
membaca indah puisi anak tentang alam. Dengan mendengarkan kawanya membaca
puisi mampu mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak
tentang alam. Menemukan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan. Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan. Memecahkan
masalah sehari hari tentang satuan panjang. Menyajikan
penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Beni
sering mengunjungi tempat wisata.
Beni
pergi ketika liburan. Juga ketika Beni study tour.
Apakah
“Study Tour ” itu?
“Study
tour” adalah kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran
langsung ke lapangan.
Tujuannya untuk melihat dan mengamati.
Ayo Mengamati
Apakah
yang dilakukan Beni dan temannya?
Pernahkah kamu melakukannya?
Perhatikan
gambar berikut!
Siswa
kelas dua pergi study tour. Study tour selama seminggu.
Hari
pertama berkunjung ke Taman Nasional.
Nama
tamannya Bantimurung. Bantimurung
terletak di Sulawesi Selatan.
Ayo Membaca
Sambil
istirahat siswa bernyayi. Lagunya
“Pemandangan”. Sebagian siswa lainnya membaca puisi.
Bacalah
teks lagu berikut! Caranya seperti membaca puisi.
Gunakan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Simaklah
temanmu sedang membaca puisi!
Tepatkah
lafal, intonasi, dan ekspresinya? Berikan pendapatmu!
Ayo Menulis
Tuliskan
puisi tentang alam!
Tema
: ______________________________
Judul
: ______________________________
Kerangka Puisi:
Bacalah
puisi yang kamu tulis!
Ayo Mengamati
Beni
melihat botol bekas minuman.
Botol
tersebut berserakan.
Beni
mempunyai ide.
Beni ingin memanfaatkan botol tersebut.
Ayo Berlatih
Amati
gambar di atas!
Gambar
tentang pemanfaatan botol bekas.
Sekarang,
buatlah pertanyaannya.
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
..................................................
Ayo Berkreasi
Ikutilah
langkah berikut!
Hiasan
Pot Botol Bekas
Tujuan:
membuat hiasan pot botol bekas
Alat
dan Bahan
1.
Pola pot bekas
2.
Cat warna
3.
Kuas
Cara
Membuat
1.
Sediakan alat dan bahan
2.
Gambar pola sesuai keinginan
3.
Beri cat warna agar menarik
4.
Jemur pot yang sudah dicat
Hasil
Kerja
Ciri-ciri
hiasan yang dibuat dari botol bekas.
...............................................................................................
...............................................................................................
..............................................................................................
................................................................................................
Ayo Mengamati
Ukuran
botol bekas berbeda-beda. Botol ada yang tinggi. Botol ada juga yang pendek.
Tinggi
botol bekas pertama 26 cm. Tinggi botol
bekas kedua 15 cm. Berapakah tinggi kedua botol
tersebut?
Diketahui
Tinggi
botol pertama = 26 cm
Tinggi
botol kedua = 15 cm
Ditanyakan tinggi kedua botol
Jawab:
Tinggi
kedua botol sama dengan tinggi botol 1
ditambah
tinggi botol 2
=
26 cm + 15 cm
=
41 cm
Jadi, tinggi kedua botol adalah 41 cm
Ayo Berlatih
Kerjakan
soal berikut! Kerjakan dengan benar!
1.
Beni mempunyai 2 potong kain. Ukuran kedua kain berbeda. Kain pertama
panjangnya 200 cm.
Kain
kedua panjangnya 500 cm. Berapa meter
panjang kain semuanya?
2.
Panjang gapura kiri sama dengan gapura kanan. Panjang gapura kanan 3.500 cm.
Jarak antara
gapura
kiri dan kanan 4.000 m. Berapa panjang
gabungan ketiganya?
3.
Beni berjalan kaki menuju goa. Gua tersebut terdapat di taman
nasional. Jarak gua dari taman
nasional
70.000 cm. Beni ingin masuk ke dalam
gua. Beni harus menempuh jarak 20.000 cm.
Berapa
meter jarak yang harus ditempuh Beni
hingga sampai ke dalam gua?
Liburan
naik kelas telah selesai. Saat liburan Beni
melakukan
perjalanan. Beni ke kampung halaman papanya.
Kampung
papa Beni di Sumatra Barat.
Ada
Rumah Gadang di sana.
Beni
bertemu Siti di Rumah Gadang.
Ayo Mengamati
Amatilah
percakapan berikut! Percakapan Beni dan kakaknya. Kakak Beni
bernama Tiur.
Apa
yang disampaikan Tiur kepada Beni?
Sikap
apakah yang dilakukan?
Sesuai
dengan sila ke berapakah sikapnya?
Ayo Berlatih
Kamu
tidak boleh mengambil keputusan sendiri.
Ketika
kamu pergi bersama. Inilah contoh sikap
sesuai sila keempat Pancasila. Berikan centang (_)
pada
gambar berikut! Contoh perilaku sesuai sila keempat Pancasila!
Diskusikan
dengan teman sebangkumu!
Beni
tidak mengambil keputusan sendiri. Ketika
Beni menentukan ketua kelompok diskusi.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu di rumah! Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Sesampainya
di Padang, Beni singgah. Beni singgah di Air Terjun Lubuak Tampuruang. Air
Terjun Lubuak Tampuruang unik. Seperti batok kelapa yang dibelah.
Masih banyak terdapat air terjun di Sumatra Barat. Adakah air terjun di tempat tinggalmu?
Adakah
tempat wisata di daerahmu?
Beni
bernyanyi tentang air terjun.
Ayo Mengamati
Perhatikan
lagi gambar di atas!
Buatlah
pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: ........................................................
Ayo Membaca
Bacalah
teks lagu berikut! Lagu tentang “ Air Terjun.” Bacalah seperti puisi!
Simaklah
temanmu membaca puisi!
Berikanlah
tanggapanmu! Gunakan bahasa yang sopan!
Ayo
Berdiskusi
Diskusikan
dengan temanmu!
Diskusi
tentang makna kata-kata berikut.
Beni
singgah di kampung Siti. Anak-anak di
kampung Siti sedang main kelereng.
Beni
ikut bermain kelereng.
Beni
menang saat main kelereng. Beni sangat senang.
Beni
melompat. Beni juga berlari sambil melayang.
Tahukah,
kamu? Bagaimana gerakan melayang?
Ayo Mencoba
Perhatikan
gambar berikut! Gambar tentang gerakan melayang.
Lakukan
bersama teman-temanmu!
Perhatikan
gerakan di atas!
Tirukan
gerakan melayang seperti di atas!
Coba,
lakukan gerakan melayang lainnya!
Ceritakan
pengalamanmu setelah bermain!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar