MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Selasa,
23 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 5 dan 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas
senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.
Beni
telah mahir menulis puisi.
Sekarang,
Beni akan mengikuti lomba
menggambar.
Lomba menggambar layang-layang.
Lomba
dilakukan dengan adil. Adil sesuai rentang
waktu
yang ditetapkan.
Ayo Mengamati
Apa
yang sedang dilakukan Udin?
Benar,
Udin sedang bermain estafet bola. Udin
memutar
badan ke samping. Udin bermain bersama temannya.
Amati
gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: .......................................................
Beni
dan teman-temannya akan berolahraga.
Olahraga seperti berikut!
Ayo Mencoba
Perhatikan
gambar berikut!
Lakukan
bersama teman-temanmu!
Lakukan dengan bimbingan gurumu!
Badan
dapat diputar ke samping kiri dan kanan.
Coba
lakukan gerakan itu! Hati-hati dalam
melakukan
gerakan tersebut.
Kemudian,
bermainlah estafet bola. Caranya
dengan gerakan memutar badan.
Perhatikan gambar berikut!
Bagaimana
perasaanmu setelah bermain estafet bola?
Ceritakan pengalamanmu bermain estafet
bola!
Tim
Edo terdiri atas anak laki-laki. Tim Beni ada anak perempuannya.
Berikanlah
kesempatan yang sama untuk anak perempuan.
Sikap di atas sesuai sila kedua Pancasila.
Ayo Berlatih
Perhatikan
gambar berikut!
Berikan
centang (_) yang sesuai sila kedua Pancasila!
Ayo Mengamati
Perhatikan
gambar berikut
Perhatikan
gambar berikut!
Beni
memberi kesempatan sama untuk anak
perempuan.
Beni bersyukur dapat saling
kenal. Juga kenal dengan anak perempuan.
Ceritakanlah
pengalamanmu! Pengalaman di sekolah sesuai sila kedua Pancasila!
Coba
tuliskan pengalamanmu! Pengalaman di rumah sesuai sila kedua Pancasila.
Tuliskan pada kolom berikut!
Ayo Membaca
Simaklah
temanmu saat membacanya!
Berikan
tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.
Perhatikan
kata-kata berikut!
Diskusikan maknanya
dengan temanmu!
Kerjakanlah
latihan berikut!
Cermati
kata-kata dalam kotak sebelah kiri.
Susunlah
huruf pada kotak sebelah kanan.
Kamu akan menemukan maknanya
Perhatikan
kolom berikut!
Temukan
kata-katanya seperti di atas.
Ikuti petunjuk gurumu sebelum mengerjakan.
Beni
anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah
mengikuti
lomba. Lomba tingkat nasional.
Beni
mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca
puisi
dengan tema “Alam.”
Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”
AYo Membaca
Bacalah
puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!
Simaklah
pembacaan puisi temanmu!
Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan
ekspresinya?
Simaklah
pembacaan puis
Ayo Berdiskusi
Perhatikan
kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut?
Diskusikan
dengan temanmu!
Temukan
kata-kata di atas dalam kolom berikut!
Dengarkan
petunjuk gurumu! Kemudian, kerjakan latihannya.
AYo Mengamati
Amati
gambar berikut!
Gambar
kunang-kunang yang sedang terbang.
Kunang-kunang
terbang di malam hari.
Kunang-kunang
tampak seperti bintang berkelap-kelip
Sudahkah
kamu amati gambar di atas? Buatlah pertanyaannya!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: .......................................................
Ayo Berlatih
Perbedaan
warna kulit, agama, dan bahasa
merupakan
anugerah. Kamu tidak boleh membeda-bedakannya.
Inilah
contoh sesuai sila ketiga Pancasila.
Amati lima jari temanmu!
Ukur panjang jari temanmu!
Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom yang tersedia.
Tuliskan
hasilnya pada titik-titik berikut! Ubah ke dalam satuan meter (m)!
1. ... cm = ... m
2. ... cm = ... m
3. ... cm = ... m
4. ... cm = ... m
5. ... cm = ... m
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar