Rabu, 10 Januari 2024

Kelas 2. Tema 5 "Pengalamanku" Subtema 1 PB 1 dan 2


MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                   : Kamis, 11  Januari 2024

Tema 5                              : Pengalamanku

Subtema 1                         : Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran                   : 1 dan 2

 

 

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Usai liburan hampir tiga pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak di semester yang baru

Dan di tahun yang baru. Begitu juga dengan semangat yang baru.

 

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur. Menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dan berbirama tiga. Menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dan berbirama tiga.

Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah. Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai.

 

 

Liburan semester 1 telah usai.

Saat liburan Beni asyik membantu di rumah.

Beni membantu ibu, ayah, dan kakak.

Beni membantu ibu memajang jam dinding.

Beni membantu ayah memperbaiki motor.

Beni membantu kakak membersihkan kamar.

Perhatikan kegiatan Beni berikut!

Jam dinding di rumah Beni mati.

Ibu minta tolong Beni mengganti baterainya.

Jam dinding terjatuh, saat dijangkau.

Beni minta maaf kepada ibunya.

 

Dengarkan percakapan di atas!

Jawablah pertanyaan berikut!

      1.       Apa yang terjadi dengan jam dinding?

Jawab: ...................................................................

       2.       Siapa yang mengambil jam dinding?

Jawab: ...................................................................

       3.       Mengapa jam dinding jatuh?

Jawab: ...................................................................

      4.       Bagaimana cara mengambil jam dinding?

Jawab: ...................................................................

       5.       Beni telah menjatuhkan jam dinding.

Apa yang dilakukan Beni kepada ibunya?

Jawab: ...................................................................

 

Gambar berikut menunjukkan sikap santun.

Sikap Beni santun kepada ibunya.

Latihlah dirimu seperti Beni kepada ibunya.

Beni menggunakan bahasa yang santun dalam meminta maaf.

Coba lakukan bersama teman sebangkumu!

Amatilah gambar berikut! Beni teringat tugas dari gurunya.

Tugasnya mengukur panjang benda.

Benda yang ada di rumah.

Beni ingin mengukur panjang jam dinding.

Berapakah panjang jam dinding ini?

Sebutkan alat yang digunakan untuk mengukurnya.


Alat yang digunakan adalah penggaris.

Penggaris disebut juga mistar.

Pernahkah kamu menggunakan penggaris?

Sebutkan benda yang pernah diukur dengan penggaris.

Sebutkan satuan ukuran yang ada di penggaris.


Kamu sudah mengetahui cara mengukur benda.

Ukurlah benda-benda yang ada di sekitarmu!

Gunakan penggaris untuk mengukurnya.

 

Kamu sudah dapat mengukur panjang benda di sekitarmu. 





Kamu sudah mengetahui tekanan nada.

Baik nada kuat maupun lemah.

Perhatikan kosakata pada teks lagu “Pelangi-Pelangi”.

Coba tentukan panjang dan pendek bunyinya.

Diskusikan bersama temanmu! Tuliskan hasilnya pada kotak berikut!


Garis bawahi teks lagu tersebut.

Bunyi panjang dengan garis merah.

Bunyi pendek dengan garis biru.

 

Pelangi-pelangi alangkah indahmu

Merah, kuning, hijau di langit yang biru

Pelukismu Agung siapa gerangan

Pelangi, pelangi ciptaan Tuhan!

 

Oke sekarang kita lanjutkan ke pembelajaran selanjutnya yaitu pembelajaran 2

 

Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan.

Beni menirukan posisi kuda.

Posisi kuda yang diperagakan ayahnya.

Perhatikan gambar di bawah!

Pengalaman Beni dan ayahnya bermain di rumah.

Perhatikan posisi tangan Beni. Juga posisi tangan ayahnya.


Perhatikan gambar berikut!

Ada beberapa gerakan bertumpu dengan tangan.

Gerakan ini dilakukan oleh Beni.


Buatlah sebuah pertanyaan.

Pertanyaan ini berkaitan dengan gambar gerakan bertumpu.

Gerakan bertumpu dengan tangan. Mintalah temanmu menjawabnya!


Kamu dapat mencoba gerakan bertumpu.

Gerakan bertumpu seperti dilakukan Beni.

Beni melanjutkan permainan kuda-kudaan.

Beni menjadi anak kuda. Kaki Beni menyenggol guci saat merangkak.

Guci rebah dan hampir menyentuh lantai.

Ayah Beni menyambut guci tersebut.

Guci disambut sebelum rebah di lantai.

Beni dan ayahnya bersyukur.

Karena guci disambut dengan cepat.

Rasa bersyukur merupakan perilaku yang baik.

Perilaku ini sesuai sila pertama Pancasila.


Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar tersebut mencerminkan sila Pancasila.

Berikan centang () pada gambar yang menunjukkan sila pertama.


Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!

      1.       _____________________________________

      2.       _____________________________________

      3.       _____________________________________

      4.       _____________________________________

      5.       _____________________________________

 

 

Kamu pasti mempunyai pengalaman.

Ceritakan pengalamanmu menerapkan sila pertama Pancasila!

Ceritakan di hadapan temanmu!


Beni bersyukur karena guci tidak pecah.

Beni minta maaf kepada ayahnya.

Pernahkah kamu melakukan kesalahan?

Apa yang dilakukan setelah itu?

Apakah kamu pernah meminta maaf?

Coba lakukan dengan sopan.

 

 

Ayo Mencoba!!

Perhatikan teks percakapan berikut!

Bacalah dengan lancar!

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Jawabanmu berdasarkan percakapan di atas.

Beni : “Ayah, Beni meminta maaf.“

Ayah: “Meminta maaf tentang apa?”

Beni : “Karena Beni kurang hati-hati.”

Ayah: “Ya, Nak! Ayah maafkan. Beni lain kali harus hati-hati, ya”.

Beni : “Ya, Ayah”. Ayah: “Ayo main kuda-kudaan lagi!”.

Beni : “Aku ingin menjadi anak kuda lagi!”

Ayah: “Baiklah jagoanku!”




Kamu telah mempelajari kata maaf. Coba praktikkan ungkapan santun dengan kata “maaf”.

  

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...