MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 24
Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
3 : Pengalamanku di Tempat
Bermain
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kalian akan melanjutkan pembelajarn dengan tujuan pembelajaran yaitu
mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan
budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat
Indonesia. Bermain peran dalam melatih ungkapan
dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang ( cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal:
cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota
tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan. Melakukan
gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan.
Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^
Beni
anak yang baik.
Beni
memiliki banyak teman.
Beni
dan teman-teman bermain bersama.
Banyak
permainan yang dimainkan bersama.
Seperti
permainan gobak sodor, kasti, dan galah
asin.
Juga drama kupu-kupu, dan egrang batok kelapa.
Beni
dan teman-teman selalu mematuhi aturan permainan.
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah pertanyaan dan jawaban sesuai gambar di atas!
Ayo Mengamati
Hari
ini Beni masuk sekolah.
Bel
istirahat berbunyi. Beni dan teman-teman
berhamburan
keluar kelas.
Kemudian,
Beni dan teman-teman bermain gobak sodor.
Permainan ini dilakukan di lapangan.
Ketika
bermain, tanpa disengaja Beni menyenggol
Udin.
Udin pun terjatuh.
Beni
dan teman-teman segera menolong Udin.
Beni
merasa bersalah.
Beni
langsung meminta maaf ke Udin.
Udin
pun memaafkan Beni. Kemudian, Beni
mengajak
melanjutkan permainan.
Ayo Berlatih
Ulangi
bacaan di atas!
Jawablah
pertanyaan berikut sesuai bacaan di atas!
1.
Apa isi cerita di atas?
Jawab:
................................................................
2.
Sebutkan permainan yang dilakukan Beni dan
teman-teman.
Jawab:
................................................................
3.
Kapan permainan itu dilakukan?
Jawab:
................................................................
4.
Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin?
Jawab:
................................................................
5.
Apakah Udin memaafkan Beni?
Jawab:
................................................................
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut!
Perankan bersama temanmu sesuai
percakapan!
Lakukan dengan percaya diri!
Beni Menyenggol Udin
Ketika bermain, Beni tidak
sengaja menyenggol
Udin. Beni pun meminta maaf
kepada Udin.
Beni : “Maafkan saya, Udin. Saya
tidak sengaja menyenggolmu ketika bermain tadi.”
Udin : “Tidak apa-apa Beni, saya
sudah memaafkan. Lain kali, hati-hati ya.”
Beni : “Lain kali saya akan
berhati-hati. Oh ya, bagaimana menurutmu permainan tadi?”
Udin : “Wah! Sangat menyenangkan sekali Ben. Kelompokmu dapat menang 2 kali.”
Beni : “Semoga besok dapat
bermain lagi, ya.”
Sebutkan
kesalahan yang pernah kamu perbuat!
.....................................................................................
Kalimat
maaf yang pernah kamu ucapkan.
.....................................................................................
Bacalah
kembali percakapan di atas!
Jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Sebutkan peristiwa yang terjadi.
Jawab:
................................................................
2.
Apa yang diucapkan Beni kepada Udin?
Jawab:
................................................................
3.
Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin?
Jawab:
................................................................
4.
Siapa yang memaafkan?
Jawab:
................................................................
5.
Simpulan
Kamu
telah melakukan kesalahan. Tindakan apa
yang
harus kamu lakukan?
Jawab:
................................................................
AYo Mengamati
Lani
mempunyai pensil.
Lani
mempunyai pensil. Kemudian, Lani
mengukurnya
dengan penggaris. Panjang
pensilnya
adalah 8 cm.
Selanjutnya,
Lani mengukur tepi meja belajarnya.
Lani
mengukurnya dengan meteran. Panjang tepi
meja
belajarnya adalah 1 m.
1. Panjang pintu kamar 2 m. 2 m
sama dengan . . .cm.
2. Panjang bambu 400 cm. Panjang
bambu tersebut sama dengan . . . m.
3. Panjang halaman rumah 1.000
cm. 1.000 cm = . . . m
Perhatikan
gambar berikut!
Ukurlah
panjang gambar benda-benda tersebut.
Gunakan
penggaris untuk mengukurnya.
Urutkanlah
benda-benda dari yang paling panjang.
Ayo Mengamati
Beni
dan Udin biasa bermain gobak sodor.
Permainan
tersebut dilakukan ketika jam istirahat.
Beni
selalu berhasil memenangkan permainan.
Beni
mengekspresikannya dengan gerakan berikut.
Bentuklah kelompok bersama
temanmu.
Rangkaikan gerakan-gerakan itu.
Ulangilah gerakan tersebut.
Berikan hitungan 1 2 3 4 5 6 7
8. Atau berikan
iringan dengan lagu agar menjadi
sebuah gerakan tari.
Bacalah percakapan berikut!
Bacalah dengan suara nyaring!
Sekarang adalah jam pelajaran
olahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan ini
dilakukan di lapangan. Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.
Beni : “Lani, ayo tangkap bola
operanku.”
Lani : “Aduh!” (operan Beni
terlalu kuat. Akhirnya, mengenai kepala Lani)
Beni : “Maaf Lani, saya terlalu
kuat melemparnya.”
Lani : “Tidak apa-apa Beni. Aku
juga kurang siap menangkap operanmu.”
Beni : “Terima kasih Lani. Aku
berjanji lain kali akan lebih hati-hati saat mengoper bola.”
Lani : “Ya... Beni. Ayo,
lanjutkan permainan ini.”
Buatlah
kartu pertanyaan! Pertanyaan tentang
percakapan
di atas. Tukarkan kartumu dengan
kartu
temanmu!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Bacalah percakapan berikut
dengan nyaring!
Beni : “Dayu, bolehkah saya pinjam penggarismu? sebentar
saja.”
Dayu : “Maaf, Beni. Penggarisku sedang digunakan Lani. Coba saja
pinjam ke Lani.”
Beni : “Baiklah, aku akan coba pinjam ke Lani. Terima
kasih Dayu.”
Dayu : “Sama-sama Beni.”
Masih
ingatkah percakapan Beni dan Lani?
Tuliskan
isi percakapan tersebut! Sesuaikan
dengan
ejaan dan bahasa Indonesia yang tepat!
Beni, Edo, Udin, Lani, dan Dayu
satu kelas.
Sebelum bermain, kelompok ini
selalu bermusyawarah.
Seperti memilih permainan yang
akan dilakukan.
Perhatikan
gambar di atas!
Perilaku
di atas sesuai sila keempat Pancasila.
Bagaimana
bunyinya?
Tuliskan
sila tersebut pada kolom berikut!
Beni
senang bekerja bakti. Kerja bakti merupakan gotong royong.
Beni
senang bekerja bakti.
Setiap
bulan Beni ikut kerja bakti. Kerja bakti
bersama
warga di lingkungan rumahnya.
Jadi,
setiap bulan Beni ikut gotong royong.
Pernahkah
kamu melakukan gotong royong?
Tuliskan
pengalamanmu pada kolom berikut.
Amati
gambar berikut!
Beni dan teman-teman senang
bermain.
Beni juga senang berolahraga.
Setiap hari Beni melakukan
olahraga.
Sebelum olahraga, Beni biasanya
melakukan pemanasan.
Pernahkah
kamu berolahraga?
Buatlah
pertanyaan tentang olahraga!
Sampaikan
pertanyaanmu kepada temanmu!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar