MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Selasa, 16 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Membaca indah
puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari
lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
kedua di rumah. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan
bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam
aktivitas senam lantai.
Pada sore hari Beni mempunyai tugas.
Tugas Beni membersihkan sangkar burung.
Kemudian, Beni mengambil sangkar burung.
Beni membersihkan sambil bernyanyi.
Beni menyanyikan lagu “Burung Kutilang.”
Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Kamu perlu menguji hasil diskusimu.
Caranya dengan mengerjakan latihan berikut.
Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan
maknanya!
1. Mulut burung, ayam, dan itik.
2. Menirukan bunyi suling dengan mulut.
3. Menarik perhatian dengan suara nyaring.
4. Kata yang sama dengan bosan.
5. Pohon yang berbatang tinggi lurus.
Pohonnya menyerupai tiang, daunnya
kecil-kecil seperti lidi.
Dengarkan petunjuk gurumu! Kerjakan latihan
berikut!
Beni telah selesai membersihkan sangkar
burung.
Beni menggantungkan sangkar burung di
tempatnya semula.
Kemudian Beni bermain di taman. Mainan di
taman banyak macamnya.
Ada mainan bergelantungan. Ada mainan
perosotan.
Ada mainan ayunan. Beni memilih mainan untuk
bergelantungan.
Apa yang sedang dilakukan Beni?
Pernahkah kamu melakukan seperti Beni?
Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti arahan
gurumu!
Beni mempunyai banyak teman.
Beni juga anak yang baik. Beni pandai
bergaul.
Teman Beni ada yang menjadi pengurus masjid.
Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni.
Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk
korban banjir.
Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni
memberi contoh yang baik.
Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila.
Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan
di taman.
Tangannya kurang kuat memegang gantungan.
Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni
hampir terjatuh.
Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah
langsung menolong Beni.
Beni bersyukur karena ditolong ayahnya.
Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!
Sepupu Beni datang dari kampung.
Beni senang dikunjungi saudaranya.
Beni dan sepupunya saling berkunjung.
Beni selalu menjaga kerukunan antarkeluarga.
Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.
Amati gambar tersebut?
Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Kamu harus hidup rukun. Rukun dengan teman.
Rukun dengan anggota keluarga. Rukun dengan tetangga.
Hidup rukun merupakan contoh perilaku yang baik.
Hidup rukun sesuai sila ketiga Pancasila.
Bacalah percakapan berikut!
Perhatikan percakapan Beni dan sepupunya!
Perhatikan gambar berikut! Contoh perilaku di rumah yang sesuai sila ketiga Pancasila!
Pilihlah dengan memberi centang ()!
Tiba-tiba Beni membuka jendela. Ternyata, hari ini turun hujan.
Beni menunggu hujan reda. Kemudian,
Beni nyanyi lagu “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”. Ayo, tirukan bersama!
Perhatikan temanmu membaca puisi! Berikan tanggapanmu!
Perhatikan lafal, intonasi, dan ekspresinya! Buatlah sebuah puisi!
Puisi yang berkaitan dengan alam. Perhatikan pilihan katanya!
Kamu telah belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan benda di rumahmu. Apakah di rumahmu ada penggaris? Adakah meteran? Adakah jangka sorong? Adakah mikrometer sekrup?
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar