MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis,
25 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
3 : Pengalamanku di Tempat
Bermain
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu
kalian mampu Menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf”
untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan
konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur
panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian
menggunakan pola lantai. Melakukan
gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan
iringan musik. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam
tarian sesuai dengan iringan musik.
Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^
Bacalah
percakapan berikut! Kamu harus membaca dengan teliti.
Buatlah
percakapan antara Beni dan Dayu.
Percakapan
tentang permintaan maaf.
Beni
meminta maaf kepada Dayu. Karena Beni
tidak
dapat hadir pada ulang tahun Dayu. Beni juga
mengatakan
alasannya.
Dayu pun memaafkan Beni.
Peragakan
percakapan tersebut di depan kelas!
Beni, Dayu, dan teman lain akan
bermain.
Mainan rangku alu. Permainan ini
berasal dari
Nusa Tenggara Timur. Secara
nasional rangku alu
disebut tongkat bambu. Untuk
bermain rangku
alu, membutuhkan empat batang
tongkat bambu.
Ukurannya sama panjang.
Beni pun mengukur panjang bambu.
Panjang
bambu diukur dengan meteran atau
penggaris.
Meteran dan penggaris adalah
alat ukur panjang
benda. Meteran dan penggaris
adalah ukuran baku.
Dayu membantu Beni mengukur panjang.
1. Beni memiliki bambu berukuran
4 m. Beni
memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa
meter sisa bambu yang telah dipotong?
2. Ani memiliki pita merah
sepanjang 1 m. Pita
tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini
untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa
sentimeterkah sisa pita Ani?
Bentuklah
kelompok kecil di kelasmu.
Coba
cari 3 benda yang ada di kelasmu. Ukurlah 3
benda
tersebut dengan meteran.
Catat
hasil pengukuranmu di buku. Bandingkan
panjang ketiga benda dari hasil pengukuranmu.
Buatlah
laporan secara tertulis. Laporan kegiatan
mengukur
tiga benda di kelasmu.
Bacalah
laporanmu di depan kelas!
Bel
tanda akhir pelajaran berbunyi.
Beni
dan temannya berdoa untuk pulang.
Sampailah
Dayu di rumah.
Kemudian, Dayu ke belakang rumah.
Di
belakang rumahnya ada pohon cemara.
Pohon
cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemara
bergoyang
ke kiri dan ke kanan.
Gerakannya terlihat sangat indah.
Perhatikan
gambar di atas!
Buatlah
pertanyaan sesuai gambar di atas!
Tukarkan
dengan teman sebangkumu.
Jawab
pertanyaan tersebut dengan benar!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Kamu
telah mencermati gambar di atas. Pohon
cemara
yang tertiup angin. Gerakannya ke kiri dan
ke kanan. Ayo, tirukan gerakannya.
Coba kamu peragakan gerakan
seperti Dayu.
Lakukan dengan hitungan 1 2 3 4
5 6 7 8.
Gabungkan dan lakukan gerakan
tersebut secara berulang.
Nyanyikan lagu berikut!
Bernyanyi sambil
peragakan gerakan pohon cemara.
Peragakan gerakan tersebut
dengan pola. Polanya
adalah lantai lurus dan segitiga.
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar