MATERI AJAR
P5 DAN BAHASA INDONESIA
Hari / Tanggal : Kamis / 22 Agustus 2024
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : P5
Aktivitas 2 : PERMAINAN PUZZLE KENDARAAN
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.
Apakah kalian tahu bagaimana suara dari berbagai macam alat transportasi?
Bagimana suara mobil? Bagaimana suara pesawat terbang?
Setiap alat transportasi pasti memiliki suara yang berbeda.
Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.
Apakah kalian masih ingat bagaimana suara dari berbagai macam alat transportasi?
Bagimana suara mobil? Bagaimana suara pesawat terbang?
Yaa benar.. Setiap alat transportasi pasti memiliki suara yang berbeda.
Nah, melalui pertemuan hari ini, kita akan lebih mengenal alat transportasi dengan menggunakan puzzle.. apakah anak-anak siap?
Yuk kita simak video berikut!
https://youtu.be/3BXEEjE991U?si=ypNj15Sq3xSHwokZ
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Mengenal Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata
CP :
· Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
· Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
· Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
TP :
- Melalui menyimak bacaan, peserta didik dapat menjelaskan informasi dalam bacaan dengan tepat.
- Melalui bermain bersama teman, peserta didik dapat menanyakan dan menjawab pertanyaan.
- Melalui latihan berulang, peserta didik dapat melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya ketika berdiskusi kelompok.
- Melalui membaca terbimbing, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
- Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
- Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik cerita.
- Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan oleh tokoh cerita.
- Melalui mengurutkan gambar, peserta didik dapat menceritakan sebuah kejadian secara runtut.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Bahasa Indonesia. Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
· Pastikan agar berhitung tidak terlalu cepat atau
lambat sehingga 20 hitungan setara dengan 20 detik.
·
Jika ada, gunakan stopwatch untuk kegiatan
ini.
·
Tanyakan kepada peserta didik, apakah 20 detik
adalah waktu yang singkat.
·
Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam 20
detik?
·
Setel alarm untuk menandai 20 menit, kemudian
lakukan kegiatan lain.
·
Jika tidak ada alarm, gunakan jam di dalam kelas
untuk pengingat.
·
Hentikan kegiatan yang Anda lakukan bersama peserta
didik ketika alarm berbunyi.
·
Tanyakan kepada peserta didik, apakah 20 menit
adalah waktu yang lama.
· Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam 20 menit?
Tekankan pada akhir kegiatan diskusi bahwa “Aturan 20-20-20” ditujukan bagi orang yang harus melihat layar gawai untuk jangka waktu yang lama.
Sementara
anak-anak tidak seharusnya menggunakan gawai lebih lama dari satu jam sehari.
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
BalasHapusDalam pembelajaran Bahasa Indonesia hari ini, digantikan dengan kegiatan perlombaan mewarnai dari susu Zee.
Untuk kegiatan P5 hari ini, anak-anak masih menyimak video mengenai permainan Puzzle Kendaraan. In syaa Allah pada hari Jumat, anak-anak akan secara langsung bermain puzzle kendaraan yang telah disiapkan oleh guru.