MATERI AJAR
BAHASA
INDONESIA
Hari / Tanggal : Senin / 12 Agustus 2024
Kelas : 2. B
Materi :
Mengenal Berbagai Jenis Perasaan dan
Penyebabnya
CP :
· Menyimak
1.
Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2.
Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio,
teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan
tujuan berkomunikasi.
· Membaca
dan Memirsa
1.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.
2.
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang
dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3.
Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau
tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara
dan Mempresentasikan
1.
Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan
santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2.
Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi
komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun
dalam suatu percakapan.
3.
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan
gambar dan/atau ilustrasi.
4.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca
dengan topik diri dan lingkungan.
· Menulis
1.
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan
benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan
garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2.
Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat
sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi
berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang
kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan
sehari-hari.
TP :
·
Melalui membaca bersama teman secara
bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang sering ditemui
sehari-hari.
·
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat
menulis huruf kapital pada unsur nama dalam penulisan kalimat.
·
Melalui membaca bersama teman secara
bergantian, peserta didik dapat menemukan informasi pada sebuah bacaan.
·
Melalui membuat peta berpikir, peserta didik
dapat menuliskan kata-kata penyebab rasa takut.
·
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat
menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca titik, huruf kapital, dan spasi
dengan tepat.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana
kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik,
hari ini kita akan belajar Bahasa Indonesia. Apakah anak-anak sudah siap untuk
belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Bahasa Indonesia
yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini
ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua
hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya
sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
BalasHapusDalam pembelajaran, Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah memahami penempatan tanda baca pada suatu kalimat. Masih ada 2 atau 3 siswa yang masih kesulitan dalam menentukan tanda baca pada suatu kalimat. Dan dalam penulisan kalimat menggunakan huruf kapital, masih ada sebagian siswa yang masih lupa dalam menggunakan huruf kapital di awal kalimat.