Selasa, 20 Agustus 2024

Kelas 2.B. "Seni Rupa dan Matematika"

  SENI RUPA dan MATEMATIKA

 

Hari / Tanggal                  :  Rabu / 21 Agustus 2024

Kelas                                 :  2. B

Mata Pelajaran                :  Seni Rupa

Materi                               :  Bereksplorasi dengan Warna

CP                         : Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya mewarnai.

Peserta didik dapat menenali susunan warna pada benda di lingkungan sekitar

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu mengeksplor alat dan bahan dasar dalam berkarya dengan baik.

 

Semua benda punya bentuk. Benda juga punya warna. Warna termasuk unsur seni rupa. Warna membuat karya seni menjadi indah.

Contohnya lukisan. Lukisan diberi warna agar terlihat menarik.

Kenali warna disekitarmu!


Mengenali Jenis Warna

Warna termasuk unsur seni rupa. Warna juga dapat membuat lukisan menarik. Mari, kenali jenis warna untuk membuat karya seni.

Warna berfungsi untuk menampilkan gambar tampak seperti benda asli.



Ada 2 jenis warna, yaitu :

1. Warna Gelap

    Warna gelap menggambarkan kesan sedih dan takut. Contoh warna gelap yaitu :

   


2.  Warna Terang

    Warna gelap menggambarkan kesan senang dan ceria. Contoh warna gelap yaitu :

   


Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Menjumlahkan Bilangan dengan Menyimpan

CP                                       

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

 


 Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

TP                                :  Menuliskan kalimat matematika dari penjumlahan dua bilangan yang terdiri dari dua angka dari situasi tertentu dan mengungkapkan cara penghitungannya.


B.  Menjumlahkan Bilangan dengan Menyimpan

Paman Pino mengoleksi helm. Helmnya ditempeli stiker. Ada gambar dan angka.




Ada dua bilangan pada helmnya. Bilangan 46 dan 26. Berapa jumlah kedua bilangaan tersebut?



 Apakah anak-anak sudah memahami pembelajaran hari ini? 

Alhamdulillah... 

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Hamdalah... 

Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum wr. Wb. 

1 komentar:

  1. Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
    Dalam pembelajaran, Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah memahami penjumlahan tanpa menyimpan, baik dengan cara bersusun pendek maupun bersusun panjang. Namun, masih ada 3 anak yang masih harus didampingi dalam pembelajaran.
    Dalam pembelajaran Seni Rupa, mayoritas anak sudah mengenali berbagai warna. Hanya siswa masih ada beberapa yang kesulitan dalam menentukan warna primer maupun sekunder.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...