MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Selasa / 22 April 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Geometri
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
1. Mengenali dan membuat garis lurus.
2. Membedakan garis lurus dan kurva lengkung pada benda-benda konkret.
3. Mengenali bentuk garis lurus.
Pe
·
Menetukan
titik sudut
Segitiga adalah bangun datar
yang mempunyai tiga sisi dan tiga titik sudut. Titik
sudut suatu segitiga adalah sudut-sudutnya. Jika Anda mencoba menentukan
lokasinya pada bidang koordinat, Anda perlu menemukan titik potong dua
sisinya . Titik potong memiliki koordinat x
dan y yang sama.
Untuk
mendapatkan sudut yang benar-benar persegi, Anda harus mengukur dengan
rasio 3:4:5 . Dengan kata lain, Anda harus mengukur dengan panjang tiga
kaki pada garis lurus, empat kaki pada garis tegak lurus, dan lima kaki di
bagian tengah. Jika ketiga pengukuran tersebut benar, Anda akan mendapatkan
sudut yang benar-benar persegi.
Materi : Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
· Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
Bersatu Menjaga Kebersihan Lingkungan
Rumah dan Sekitar
A.
Bersatu Menjaga Kebersihan Rumah
Nayla
selalu menjaga kebersihan setiap ruangan di rumahnya.
Barang-barang
diletakkan kembali pada tempatnya.
Hindari
membuang sampah sembarangan.
Sampah
yang berserakan memicu kuman penyakit.
Sehingga
orang yang tinggal mudah sakit.
Membersihkan
ruangan di rumah adalah tugas semua anggota keluarga.
Kita
harus mengerjakannya bersama-sama.
Mengerjakan
pekerjaan bersama-sama disebut kerja sama.
Keluarga
Nayla berkumpul di ruang keluarga.
Rumah Nayla bersih dan
nyaman.
Nayla dan keluarga
hidup bersatu dan rukun.
Nayla selalu
bekerjasama dalam menjaga kebersihan rumah.
A.
Merawat Kebersihan lingkungan
sekitar rumah
Nayla dan keluarga juga
menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.
Rumput yang tinggi harus
dipangkas.
Nayla membersihkan daun dan
sampah yang berserakan.
Ibu menyiram tanaman setiap
sore.
Lingkungan sekitar rumah
harus bersih.
Tujuannya agar dapat tinggal
dengan nyaman.
Selain dengan keluarga, kita
juga bisa membiasakan kerja sama dengan tetangga.
Kita dapat bekerja sama
membersihkan lingkungan sekitar.
Tetangga ibarat saudara kita
sendiri.
Perlakukan tetangga dengan
baik.
Agar dapat hidup dengan
rukun.
Kerja sama dengan tetangga
menciptakan persatuan.
B.
Tolong-menolong dengan Warga di
Sekitar Rumah Tetangga tinggal di sekitar rumah kita.
Tetangga adalah orang yang
rumahnya dekat dengan kita.
Kita harus menjaga hubungan
baik dengan tetangga.
Tolong-menolong dengan tetangga
dapat menciptakan kehidupan yang rukun.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, pada pembelajaran hari ini siswa mempelajari mengenai unsur-unsur bangun datar. Dimana siswa sudah cukup besar memahami dan membedakan antar sisi, sudut dan titik sudut. Pada pembelajaran Pancasila, siswa juga sudah memahami mengenai sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
BalasHapus