MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Selasa / 22 April 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Geometri
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
1. Mengenali dan membuat garis lurus.
2. Membedakan garis lurus dan kurva lengkung pada benda-benda konkret.
3. Mengenali bentuk garis lurus.
Pe
· Menetukan titik sudut
Segitiga adalah bangun datar yang mempunyai tiga sisi dan tiga titik sudut. Titik sudut suatu segitiga adalah sudut-sudutnya. Jika Anda mencoba menentukan lokasinya pada bidang koordinat, Anda perlu menemukan titik potong dua sisinya . Titik potong memiliki koordinat x dan y yang sama.
Untuk mendapatkan sudut yang benar-benar persegi, Anda harus mengukur dengan rasio 3:4:5 . Dengan kata lain, Anda harus mengukur dengan panjang tiga kaki pada garis lurus, empat kaki pada garis tegak lurus, dan lima kaki di bagian tengah. Jika ketiga pengukuran tersebut benar, Anda akan mendapatkan sudut yang benar-benar persegi.
Materi : Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
· Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
Persatuan di Lingkungan Sekolah
Sikap bersatu juga harus diterapkan di
sekolah. seberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga peraturan. Misalnya,
menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan dapat diatur dengan
piket.
1.
Bagian-bagian Sekolah
Nayla bersekolah di SD
Merdeka.
Sekolah Nayla memiliki
beberapa ruangan dan lahan terbuka.
Nayla senang berada di
sekolah.
Berikut ini bagian-bagian
sekolah Nayla.
Ruang kelas digunakan untuk
belajar
Nayla belajar dengan tertib.
Nayla mendengarkan penjelasan
guru dengan cermat.
Nayla tidak mengobrol saat
belajar.
Semua anak belajar dengan
tenang dan nyaman.
Terdapat banyak buku di
perpustakaan.
Kita dapat meminjam buku di
perpustakaan.
Nayla membaca buku di
perpustakaan.
Nayla membaca dengan tenang.
Nayla tidak membuat
kegaduhan.
Buku dikembalikan dalam kondisi
baik.
Kantin sekolah digunakan untuk
tempat beristirahat dan membeli jajanan.
Tersedia makanan dan minuman
sehat di kantin.
Kita harus menjaga kebersihan
kantin.
Kantin yang bersih memberikan
kenyamanan bagi siswa.
Halaman sekolah digunakan
berbaris ketika upacara.
Saat istirahat anak-anak juga
bisa bermain di halaman.
Halaman yang bersih membuat
kita bisa bermain dengan nyaman.
Kita harus menjaga kebersihan
halaman sekolah.
Kamar mandi dan toilet di
sekolah digunakan untuk membuang kotoran.
Kita harus menjaga kebersihan
kamar mandi dan toilet.
Kita harus menyiramnya
setelah buang air agar tetap bersih dan tidak berbau.
Toilet yang bersih dapat
meningkatkan kesehatan siswa.
2.
Lingkungan Sekitar Sekolah
Lingkungan sekolah Nayla
dikelilingi pintu dan pagar.
Pintu menjadi pembatas antara
sekolah dan sekitarnya.
Kita harus menghormati batas
lingkungan sekolah.
Keluar masuk sekolah harus
melalui pintu yang tersedia.
Pagar sekolah berfungsi agar
sekolah aman.
Warga luar tidak bisa keluar
masuk secara bebas.
Siswa juga dapat belajar
dengan tenang tanpa ada gangguan.
Sekolah harus menjadi tempat
yang aman dan nyaman untuk belajar.
3.
Bersatu menjaga lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih
terasa nyaman.
Sekolah yang bersih tidak ada
sampah berserakan.
Banyak tanaman yang tumbuh
dengan rapi dan indah.
Sekolah terasa sejuk dan
betah untuk belajar.
Kebersihan lingkungan sekolah
adalah tanggung jawab semua warga sekolah.
jika seluruh warga sekolah
bersatu menjaga kebersihan lingkungan maka akan tercipta sekolah yang bersih
dan nyaman.
Salah satu caranya adalah
dengan melakukan kerjasama dengan warga sekolah.
Contoh sikap kerjasama di
lingkungan sekolah
Menjaga kebersihan kantin
Menjaga kebersihan pagar
Membersihkan sekitar sekolah
bersama warga sekitar
4.
Tolong-menolong dengan Warga
Sekitar Sekolah
Contoh menjaga kerukunan
dengan warga sekitar sekolah:
Menjaga sikap saat melewati
pemukiman warga sekitar.
Berbicara tidak terlalu keras
agar tidak mengganggu.
Mengucapkan kata permisi saat
lewat.
Saling menolong warga sekitar
yang membutuhkan bantuan.
Warga sekolah mengumpulkan
sumbangan untuk warga sekitar yang membutuhkan.
Sekolah mengizinkan warga
sekitar berjualan di kantin sehat.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini, siswa dapat lebih memahami unsur-unsur yang ada pada bangun ruang. Siswa juga sudah dapat memahami bagian-bagian dari rumah beserta pemanfaatan ruang tersebut.
BalasHapus