Senin, 28 April 2025

Kelas 2.B. "Bahasa Indonesia"

 

MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA


Hari / Tanggal             :  Senin / 28 April 2025

Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia

Materi                    :  Sayang Lingkungan 

CP                          : 

Menyimak

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

 

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.


Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.


Menulis

·         Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


TP                                :  

  §  Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.

  §  Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.

  §  Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.

  §  Melalui menuliskan rencana, peserta didik dapat mempresentasikan rencana pembuatan perabot dari bahan eco brick dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi


·         Tuliskan kata eco brick di papan tulis, lalu bacalah dengan nyaring.

·         Sesudahnya, minta peserta didik mengulang cara membaca kata eco brick.

·         Beri peserta didik waktu untuk membaca nyaring bacaan “Sampah Plastik Jadi Perabot Cantik” bersama seorang temannya.

·         Kemudian, beri kesempatan kepada para peserta didik untuk menanyakan hal yang belum mereka pahami dari bacaan.



Kunci Jawaban

1. Eco brick

2. Terurai

3. Perabot

Minta para peserta didik mengerjakan soal latihan agar mereka memahami arti kosakata baru.


·         Minta para peserta didik untuk sekali lagi mengamati gambar yang berisi langkah-langkah pembuatan eco brick.

·         Kemudian, minta mereka menuliskan paragraf sederhana tentang cara pembuatan eco brick.

·         Berikut adalah langkah-langkah pembuatan eco brick yang ada di Buku Siswa.

Kata yang dicetak tebal adalah kata kunci yang perlu digunakan peserta didik.

 

Kumpulkan kemasan plastik seperti bungkus makanan.

Cuci hingga bersih, lalu keringkan.

Siapkan botol plastik bekas yang sudah bersih.

Masukkan kemasan plastik yang sudah dipotong-potong.

Tekan dengan tongkat agar plastik mampat.

Lakukan sampai botol tidak kempes jika ditekan.



·         Sesudahnya, minta peserta didik bercerita tentang pemanfaatan eco brick.

·         Peserta didik boleh menulis dulu di buku tulisnya dengan menggunakan

·         pertanyaan-pertanyaan berikut.

-   Perabot apa yang ingin kalian buat?

-   Mengapa kalian ingin membuatnya?

-   Bagaimana kalian akan membuatnya?

·         Sesudahnya, minta para peserta didik bergantian menceritakan rencana mereka di depan kelas



·         Dampingi peserta didik saat membaca cerita “Ketika Hujan Turun”

·         Minta peserta didik untuk mengamati ilustrasi cerita.

·         Beri kesempatan kepada para peserta didik untuk menanyakan kata-kata yang belum mereka kenali, tetapi jangan langsung memberi tahu jawabannya.

Minta mereka menebak arti kata-kata tersebut dengan bantuan gambar dan kalimat pendukung.




Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..


Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


1 komentar:

  1. Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini, siswa mempraktikkan langkah-langkah dalam pembuatan eco brick. Alhamdulillah siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pada hari ini.

    BalasHapus

Kisi-Kisi SAS TIK

Bismillah... Assalamu'alaikum anak solih dan solihah... Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melaksanakan...