MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Hari / Tanggal : Senin / 14 April 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Sayang Lingkungan
CP :
Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi
penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi
dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang
berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca
dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi
pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari
bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi
imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari
teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara
dan Mempresentasikan ·
Peserta didik
mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan
volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya
tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru,
dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau
ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang
dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan
atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Menulis ·
Peserta didik
mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang
alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas
kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan
tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan
beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri,
menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar,
menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks
eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. |
TP :
§ Melalui membaca nyaring, peserta didik dapat
mengucapkan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.
§ Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik bacaan.
Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat.
·
Izinkan peserta didik membaca
bacaan “Ayo, Hemat Air!” sekali lagi.
·
Ingatkan peserta didik mengenai
definisi istilah topik yang pernah diperkenalkan sebelumnya.
·
Lalu, minta para peserta didik
menuliskan topik bacaan dan menjawab pertanyaan dari Buku Siswa di buku tulis masing-masing.
Kunci
Jawaban
1.
Jenis-jenis air
2. Air asin
dan air tawar
3. Masak,
mandi, mencuci
·
Minta peserta didik menyiapkan
buku dan alat tulis masing-masing. Beri tahu peserta didik bahwa ini
merupakan kegiatan yang dinilai.
·
Bacalah informasi cara
menghemat air dengan suara jelas sebanyak dua kali.
Pada saat Anda membaca, peserta didik belum boleh
mulai menulis.
·
Sesudahnya, minta para peserta
didik menuliskan keempat cara menghemat air di buku tulis mereka.
Kunci
Jawaban
·
Tidak berlama-lama ketika mandi.
·
Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.
·
Menyiram tanaman dengan alat penyiram.
·
Memeriksa apakah ada keran yang bocor.
Catatan:
·
Kata yang ditebalkan adalah kata kunci;
·
Peserta didik tidak harus
menulis keempat cara tersebut secara urut;
· Jawaban yang ditulis dengan
kata-kata lain dianggap benar selama maknanya sama dengan kunci jawaban.
·
Beri peserta didik waktu untuk mengamati gambar
“Buanglah Sampah di Tempat Seharusnya”.
·
Tanyakan kepada peserta didik
tentang perbedaan sampah anorganik dan organik.
·
Kemudian, minta para peserta
didik menyebutkan hal-hal yang mereka lihat dalam gambar.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, pada kegiatan pembelajaran hari ini, siswa sudah sebagian besar memahami mengenai cara menghemat air dan jenis2 air.
BalasHapus