Senin, 14 April 2025

Kelas 2.B. "Matematika dan Pendidikan Pancasila"

                                                                     MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

  

Hari / Tanggal                   :  Selasa / 14 April 2025

Kelas                                 :  2. B

Mata Pelajaran                 :  Matematika

Materi                                :  Geometri

Media                            :  Video

CP                                       : 

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  

Peserta didik dapat :

1.      Mengenali dan membuat garis lurus.

2.      Membedakan garis lurus dan kurva lengkung pada benda-benda konkret.

3.      Mengenali bentuk garis lurus.

Pese

Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Arti lain dari Geometri adalah studi matematika yang mempelajari ruang bangun dengan berfokus pada pengukuran, pernyataan terkait bentuk, posisi relatif sebuah gambar ilmu ukur, padang ruang, dan lain sebagainya.

·         Perbedaan garis lurus dan garis lengkung

Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Dimensi yang dimiliki oleh garis hanya satu, yaitu panjang. Jenis garis antara lain garis lurus, garis lengkung datar dan garis lengkung ruang. Garis digunakan dalam teknik mengggambar, melukis dan ilusi mata. Aliran seni rupa yang memanfaatkan garis ialah neoplastisisme, futurisme dan kubisme. Keindahan dari garis dapat tampak pada perpaduan warna hitam dan putih

Garis lurus adalah garis dengan panjang tak terhingga yang tidak memiliki lengkungan di atasnya

Garis lengkung adalah garis yang arahnya membelok dan garis ini ada tiga macam, yaitu busur busur besar, kurva kubah, dan kurva mengambang. Untuk makna dan kesan garis lengkung yang memberikan kesan elegan, luwes dan halus.



Menggambar segitiga menggunakan tiga garis lurus dan segi empat menggunakan empat garis lurus






Mapel                            :  Pendidikan Pancasila

Materi                            :  Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah

CP                                       : 

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan  kepercayaan di lingkungan rumah  dan sekolah.


TP                                :  

·         Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.

        Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.


Menjaga Persatuan di Rumah dan Sekolah

A.      Persatuan di lingkungan rumah

Menjaga kebersihan lingkungan dapat mempererat persatuan. Rumah yang terjaga kebersihannya terasa nyaman.

Kita juga harus saling menghormati anggota keluarga lainnya dengan tidak mengganggu kakak yang sedang belajar.

Melakukan kegiatan bersama anggota keluarga seperti olahraga bersama. Akan tetapi, tidak boleh mengganggu tetangga yang berada di sekitar rumah kita.

Memotong dahan dan ranting yang memasuki halaman rumah tetangga. Ranting ini bisa mengotori rumah tetangga.

Kita harus menebangnya jika mengganggu. Merawat barang-barang yang ada di rumah

adalah sikap yang akan mewujudkan persatuan.

Barang-barang yang kita rawat membuat keluarga kita senang.

 

1.       Bagian-bagian Rumah


Setiap rumah memiliki bagian-bagian. Ada yang berupa ruangan, ada pula yang berupa lahan terbuka. Semua bagian merupakan satu-kesatuan dalam lingkungan rumah. Ayo kita mengingat kembali bagian-bagian rumah.

Ayo kita saksikan tayangan video berikut.


Rumah adalah tempat kita tinggal bersama keluarga.

Tempat berlindung dari. hewan dan bencana.

Setiap bagian rumah memiliki kegunaan yang berbeda.

Kita harus memanfaatkan ruangan sesuai dengan kegunaannya.

Gambar bagian rumah

 

Kita harus menjaga kenyamanan di rumah.

Mematikan listrik jika tidak dibutuhkan.

Ini adalah cara berhemat.

Menyalakan musik dengan tidak terlalu nyaring.

Dengan demikian semua anggota merasa nyaman.

Tidak ada yang merasa terganggu dan tercipta persatuan dan kesatuan.

Setiap ruangan harus digunakan dengan bijak.

Berikut ini kegunaan masing-masing ruangan di rumah.

Kamar tidur digunakan untuk tidur dan belajar.

Kamar tidur juga digunakan untuk tempat berganti pakaian dan aktivitas pribadi lainnya.

Kita dapat belajar di kamar dengan tenang dan nyaman.


Ruang tamu digunakan untuk menjamu tamu yang datang berkunjung ke rumah kita.

Saat ada yang berkunjung ke rumah, kita sebaiknya bersikap sopan dan tidak mengganggu.

Ruang makan digunakan untuk makan dan minum bersama keluarga.

Di ruang makan terdapat meja makan dan perabot seperti lemari es, penanak nasi, dispenser air.


Kamar mandi digunakan untuk tempat membersihkan badan kita.

Kita dianjurkan mandi dua kali sehari. Pagi dan sore hari.

Saat mandi sebaiknya kita menghemat penggunaan air.

Dapur digunakan untuk memasak makanan.

Dapur juga dipakai menyimpan makanan,

tempat menyiapkan makanan dan mencur

Setelah kita makan sebaiknya piring kotor peralatan di rumah. dicuci sendiri.

Garasi digunakan untuk menyimpan atau meletakkan kendaraan.

Kita meletakkan sepeda kita di garasi.

Ayah juga meletakkan mobil di garasi.

 

2.       Lingkungan Sekitar Rumah

Kita tinggal bersama tetangga sekitar.

Ada beberapa rumah yang ada di dekat rumah kita.

Kita harus menjaga kerukunan dengan tetangga kita.

Cara agar kerukunan tetap terjaga adalah dengan tidak mengganggu tetangga.

Saat mendengarkan musik, kita tidak boleh menyalakan terlalu keras.

Musik yang keras mengganggu tetangga sekitar.

Apabila akan mengadakan acara, sebaiknya membicarakannya dengan tetangga.

Kita harus meminta izin apabila akan menggunakan halaman rumah tetangga untuk tempat parkir tamu.

Kita juga memberi izin pada tetangga apabila mereka memili acara

Kita memperbolehkan halaman rumah kita digunakan sebagai tempat parkir kendaraan.

Sikap inilah yang menumbuhkan kerukunan 




Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, pada pembelajaran hari ini, siswa sudah dapat mengenal bentuk2 geometri, khususnya mengenai garis dan beberapa bangun datar. Pada pelajaran Pendidikan Pancasila, siswa diajak ke Perpustakaan untuk mencari refrensi buku mengenai menjaga persatuan di rumah.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                                     MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA   ...