MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Selasa / 14 April 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Geometri
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
1.
Mengenali dan membuat garis lurus.
2.
Membedakan garis lurus dan kurva lengkung pada
benda-benda konkret.
3. Mengenali bentuk
garis lurus.
Pese
Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan
sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Arti lain dari Geometri adalah studi matematika yang mempelajari ruang bangun dengan berfokus
pada pengukuran, pernyataan terkait bentuk, posisi relatif sebuah gambar ilmu
ukur, padang ruang, dan lain sebagainya.
·
Perbedaan garis lurus dan garis lengkung
Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Dimensi yang dimiliki oleh garis
hanya satu, yaitu panjang. Jenis garis antara lain garis lurus, garis lengkung
datar dan garis lengkung ruang. Garis digunakan dalam teknik mengggambar,
melukis dan ilusi mata. Aliran seni rupa yang memanfaatkan garis ialah
neoplastisisme, futurisme dan kubisme. Keindahan dari garis dapat tampak pada perpaduan
warna hitam dan putih
Garis lurus adalah garis dengan panjang tak terhingga yang tidak memiliki
lengkungan di atasnya
Garis lengkung adalah garis yang arahnya membelok dan
garis ini ada tiga macam, yaitu busur busur besar, kurva kubah, dan kurva
mengambang. Untuk makna dan kesan garis lengkung yang memberikan kesan elegan,
luwes dan halus.
Menggambar segitiga menggunakan tiga garis lurus dan segi empat menggunakan empat garis lurus
Materi : Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
· Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
Menjaga Persatuan di Rumah dan Sekolah
A.
Persatuan di lingkungan rumah
Menjaga kebersihan lingkungan
dapat mempererat persatuan. Rumah yang terjaga kebersihannya terasa nyaman.
Kita juga harus saling
menghormati anggota keluarga lainnya dengan tidak mengganggu kakak yang sedang
belajar.
Melakukan kegiatan bersama
anggota keluarga seperti olahraga bersama. Akan tetapi, tidak boleh mengganggu
tetangga yang berada di sekitar rumah kita.
Memotong dahan dan ranting
yang memasuki halaman rumah tetangga. Ranting ini bisa mengotori rumah
tetangga.
Kita harus menebangnya jika
mengganggu. Merawat barang-barang yang ada di rumah
adalah sikap yang akan
mewujudkan persatuan.
Barang-barang yang kita rawat
membuat keluarga kita senang.
1.
Bagian-bagian Rumah
Setiap rumah memiliki bagian-bagian. Ada yang berupa
ruangan, ada pula yang berupa lahan terbuka. Semua bagian merupakan
satu-kesatuan dalam lingkungan rumah. Ayo kita mengingat kembali bagian-bagian
rumah.
Ayo kita saksikan tayangan video berikut.
Rumah adalah tempat kita tinggal bersama keluarga.
Tempat berlindung dari. hewan dan bencana.
Setiap bagian rumah memiliki kegunaan yang berbeda.
Kita harus memanfaatkan ruangan sesuai dengan kegunaannya.
Gambar bagian rumah
Kita harus menjaga kenyamanan di rumah.
Mematikan listrik jika tidak dibutuhkan.
Ini adalah cara berhemat.
Menyalakan musik dengan tidak terlalu nyaring.
Dengan demikian semua anggota merasa nyaman.
Tidak ada yang merasa terganggu dan tercipta persatuan dan
kesatuan.
Setiap ruangan harus digunakan dengan bijak.
Berikut ini kegunaan masing-masing ruangan di rumah.
Kamar tidur digunakan untuk tidur dan belajar.
Kamar tidur juga digunakan untuk tempat berganti pakaian
dan aktivitas pribadi lainnya.
Kita dapat belajar di kamar dengan tenang dan nyaman.
Ruang tamu digunakan untuk menjamu tamu yang datang
berkunjung ke rumah kita.
Saat ada yang berkunjung ke rumah, kita sebaiknya bersikap sopan dan
tidak mengganggu.
Ruang makan digunakan untuk makan dan minum bersama
keluarga.
Di ruang makan terdapat meja makan dan perabot seperti lemari es,
penanak nasi, dispenser air.
Kamar mandi digunakan untuk tempat membersihkan badan kita.
Kita dianjurkan mandi dua kali sehari. Pagi dan sore hari.
Saat mandi sebaiknya kita menghemat penggunaan air.
Dapur digunakan untuk memasak makanan.
Dapur juga dipakai menyimpan makanan,
tempat menyiapkan makanan dan mencur
Setelah kita makan sebaiknya piring kotor peralatan di rumah. dicuci
sendiri.
Garasi digunakan untuk menyimpan atau meletakkan kendaraan.
Kita meletakkan sepeda kita di garasi.
Ayah juga meletakkan mobil di garasi.
2.
Lingkungan Sekitar Rumah
Kita tinggal bersama tetangga sekitar.
Ada beberapa rumah yang ada di dekat rumah kita.
Kita harus menjaga kerukunan dengan tetangga kita.
Cara agar kerukunan tetap terjaga adalah dengan tidak
mengganggu tetangga.
Saat mendengarkan musik, kita tidak boleh menyalakan
terlalu keras.
Musik yang keras mengganggu tetangga sekitar.
Apabila akan mengadakan acara, sebaiknya membicarakannya
dengan tetangga.
Kita harus meminta izin apabila akan menggunakan halaman
rumah tetangga untuk tempat parkir tamu.
Kita juga memberi izin pada tetangga apabila mereka memili
acara
Kita memperbolehkan halaman rumah kita digunakan sebagai
tempat parkir kendaraan.
Sikap inilah yang menumbuhkan kerukunan
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, pada pembelajaran hari ini, siswa sudah dapat mengenal bentuk2 geometri, khususnya mengenai garis dan beberapa bangun datar. Pada pelajaran Pendidikan Pancasila, siswa diajak ke Perpustakaan untuk mencari refrensi buku mengenai menjaga persatuan di rumah.
BalasHapus