MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Rabu / 15 Januari 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Perkalian
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
· Memahami pengertian dari representasi bilangan dan mengembangkan kemampuan peserta didik menggunakan bilangan. Mencoba untuk menghubungkan satu bilangan dengan bilangan yang lain. Memahami pengertian perkalian dan mampu menggunakannya.
· Mengetahui kapan perkalian digunakan. Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
·
Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang
Penjumlahan berulang adalah penjumlahan kelompok yang sama, yang sama dengan perkalian . Jika angka yang tepat diulang, maka kita dapat menulis penjumlahan berulang dalam bentuk perkalian. Misalnya,
Karena perkalian adalah penjumlahan berulang, setiap penjumlahan berulang dapat ditulis dalam dua cara:
Penjumlahan berulang juga membantu dalam mempelajari fakta perkalian. Misalnya, jika Anda belum familier dengan fakta 7 × 3, Anda mungkin merasa lebih mudah mengerjakan 7 × 3 dengan menulis 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 atau 7 + 7 + 7; lalu menjumlahkannya perlahan-lahan. Ini juga dapat membantu untuk angka yang lebih besar, seperti 5 × 40. Akan lebih mudah jika menulis 40 + 40 + 40 + 40 + 40 lalu menjumlahkan puluhannya.
Contoh : Andrew membeli 3 bungkus muffin. Setiap bungkus berisi 4 muffin. Berapa banyak muffin yang dibeli Andrew? Tiga bungkus yang masing-masing berisi 4 muffin juga dapat ditulis dalam bentuk angka sebagai 3 ✕ 4 atau 4 + 4 + 4, yang sama dengan 12. Jadi, totalnya, Andrew membeli 12 muffin.
Menggunting dan Menempel Kolase
Kolase termasuk karya seni rupa.
Yaitu seni dua dimensi.
Kolase dibuat dengan memotong bahan.
Bahan diberi lem lalu ditempel.
Bahan yang dipilih warna-warni.
Sehingga menampilkan karya seni.
Amati gambar atau video di samping ini!
Video tentang membuat karya kolase
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v= crkVYkvC_dM,
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah pada kegiatan hari ini, di bidang matematika siswa sudah sebagian besar memahami bagaimana membuat suatu kalimat perkalian dengan penjumlahan berulang. Pada kegiatan Seni Budaya, sebagian besar siswa telah memahami materi mengenai kolase. Siswa juga diajak untuk memulai mempraktikkan membuat kolase dari gambar anggur.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus