MATERI AJAR
MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Selasa / 7 Januari 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Perkalian
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
·
Memahami pengertian dari representasi bilangan dan
mengembangkan kemampuan peserta didik menggunakan bilangan. Mencoba untuk
menghubungkan satu bilangan dengan bilangan yang lain. Memahami pengertian
perkalian dan mampu menggunakannya.
·
Mengetahui kapan perkalian digunakan. Mengetahui
kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara
mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca
kalimat matematikanya.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
·
Perkalian
Definisi Perkalian dalam
Matematika
Perkalian adalah salah satu dari empat operasi hitung matematika dasar,
di samping penjumlahan , pengurangan , dan pembagian . Dalam
matematika, perkalian berarti penjumlahan berulang dari kelompok-kelompok yang
ukurannya sama.
Ada banyak cara untuk membaca persamaan yang melibatkan
perkalian.
Misalnya, 2 x 3 = 6 Dapat dibaca sebagai berikut:
·
Dua dikalikan tiga hasilnya enam.
·
Dua kali tiga adalah enam.
·
Dua angka tiga adalah enam.
Simbol Perkalian dilambangkan dengan tanda silang (×),
tanda bintang (*), atau titik (·). Saat menulis di buku catatan, Anda
kemungkinan besar akan menggunakan tanda silang. Tanda bintang dan titik
digunakan dalam bahasa komputer dan aljabar (matematika tingkat
tinggi).
Misalnya:
1. 6 x 5 = 30
2. 6 * 5 = 30
3. 6 . 5 = 30
·
Perkalian sebagai penjumlahan berulang
Penjumlahan
berulang juga dikenal sebagai perkalian. Ini karena kedua metode, meskipun berbeda, memberikan jawaban
yang sama. Misalnya, jika 3 diulang empat kali,
kita dapat menyelesaikannya sebagai 3 + 3 + 3 + 3 = 12 ATAU kita dapat
menyelesaikannya sebagai 4 kali 3 = 4 ✕ 3 = 12
.Contoh : Ada 3 kantong kelereng. Setiap kantong berisi 10
kelereng. Banyak kelereng seluruhnya dapat ditentukan dengan cara berikut.
Perhatikan contoh bentuk
perkalian bilangan lainnya berikut!
1.
4 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 = 28
2.
6 x 9 = 9 + 9
+ 9 + 9 + 9 + 9 = 54
Penjumlahan berulang juga membantu dalam
mempelajari fakta perkalian. Misalnya, jika Anda belum familier dengan fakta 7
× 3, Anda mungkin merasa lebih mudah mengerjakan 7 × 3 dengan menulis 3 + 3 + 3
+ 3 + 3 + 3 + 3 atau 7 + 7 + 7. lalu menjumlahkannya perlahan-lahan.
Ini juga dapat membantu untuk angka yang
lebih besar, seperti 5 × 40. Akan lebih mudah jika menulis 40 + 40 + 40 + 40 +
40 lalu menjumlahkan puluhannya.
Contoh lainnya:
·
Andrew membeli 3 bungkus permen.
Setiap bungkus berisi 4 permen. Berapa banyak permen yang dibeli Andrew?
Jawab : Tiga bungkus yang masing-masing
berisi 4 permen juga dapat ditulis dalam bentuk angka sebagai 3 ✕ 4 atau 4 + 4 + 4, yang sama
dengan 12.
Jadi, totalnya, Andrew membeli 12
permen.
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Materi : Menyebutkan identitas diri secara lengkap
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai
identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama
dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.
Identitas diri adalah informasi dasar tentang
seseorang yang digunakan untuk memperkenalkan diri. Identitas diri biasanya
memuat beberapa informasi seperti:
- Nama lengkap
- Nama panggilan
- Usia
- Kelas
- Alamat
- Hobi
- Cita-cita
Apakah kamu tahu hobi?
Hobi adalah kegiatan yang disukai.
Hobi sering dilakukan saat senggang.
Hobi dapat dilakukan di rumah.
Hobi dapat dilakukan juga di luar rumah.
Hobi setiap orang berbeda-beda.
Ada juga yang hobinya sama.
Hobi dapat dilakukan di dalam rumah.
Ada juga yang dilakukan di luar rumah.
Hobi harus aman dari bahaya.
Hobi dilakukan sesuai waktu dan tempat.
Contohnya membaca buku di tempat terang,
bersepeda pada siang hari di luar rumah, menari di tempat yang cukup luas.
Dapatkah kalian memberi contoh yang lain?
Namaku Ujang.
Aku belajar di kelas dua sekolah dasar.
Hobiku di rumah bersepeda.
Aku juga hobi bermain kelereng bersama
teman-teman.
Aku senang dengan hobi tersebut.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah di hari kedua, siswa sudah mulai terlihat kembali semangatnya untuk mengikuti pembelajaran hari ini.
BalasHapusPada pembelajaran matematika, anak-anak mengenal konsep perkalian. Alhamdulillah, dari 19 siswa yang masuk hari ini, sudah 80% siswa sudah memahami konsep perkalian. Dengan antusias anak-anak menghafal perkalian 2 dan 3 melalui lagu.
Pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, siswa belajar mengenai keragaman identitas teman-temannya. Siswa diajak untuk membuat kalimat perkenalan yang baik bersama teman sebangkunya, dan mempraktikan dialog tersebut di depan kelas secara bergantian.