MATERI AJAR P5
Hari / Tanggal : Kamis / 16 Januari 2025
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : P5
Aktivitas 2 : Makananku, Budayaku
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Kearifan Lokal
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Contoh Tabel Data Makanan Kesukaan :
Contoh Grafik Gambar Makanan Kesukaan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Mengenal dan Menghargai Perbedaan, Menghargai Barang Kepunyaan Orang Lain, serta Berkomunikasi dengan Baik dan Sopan.
Media : Video
Capaian Pembelajaran :
Menyimak ·
Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang
baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media
audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan
dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa · Peserta didik
mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu
memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan
lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan
ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan ·
Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat,
berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai
konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan
menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik
dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan
secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu
menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta
menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri
dan lingkungan.
Menulis ·
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan
menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan
buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media
digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana,
menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi
berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur
tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan
sehari-hari.
|
Alur Konten Capaian Pembelajaran: |
|
·
Minta para peserta didik
mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna
kosakata baru.
Kunci Jawaban
1. Minder
2. Kawanan
3. Iba
·
Ingatkan
peserta didik tentang fungsi tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya yang telah diajarkan di bab-bab sebelumnya.
·
Jelaskan
bahwa tanda koma memiliki banyak fungsi, tetapi kali ini mereka hanya belajar fungsi tanda koma untuk memerinci
beberapa unsur dan mendahului kata
“tetapi” pada kalimat majemuk setar
Contoh:
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
·
Kemudian,
minta peserta didik membaca ulang fabel Rahasia Kaki Itik dan menemukan tanda koma di dalamnya.
Sekian pertemuan kita hari ini ya Nak..
Tetap semangat belajar dan ibadahnya yaa..
Sampai bertemu di hari Senin Kiddos.. ^,^
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah pada kegiatan hari ini, siswa belajar mengenai penggunaan tanda koma (,) sebelum kata tetapi. Dari 21 siswa, masih ada 5 siswa yang masih menemukan kesulitan dalam menyusun suatu kalimat dengan penggunaan kata koma (,) sebelum kata tetapi.
BalasHapusPada kegiatan P5 di semester 2 ini, mengambil tema Makananku, Budayaku. Pada kegiatan hari ini, siswa diminta untuk bertanya kepada rekan sejawatnya di kelas mengenai makanan kesukaannya. Dan siswa diminta untuk mengelompokkan jumlah makanan kesukaan tsb dalam bentuk tabel.