Selasa, 20 Agustus 2024

Kelas 2.B. "Matematika dan Pendidikan Pancasila"

 

MATERI AJAR

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 

 

Hari / Tanggal                    :  Selasa / 20 Agustus 2024

Kelas                                   :  2. B

Materi                                 :  Bilangan yang Lebih Besar dari 100

CP                                       

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

 


 Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

TP                                :  Menuliskan kalimat matematika dari penjumlahan dua bilangan yang terdiri dari dua angka dari situasi tertentu dan mengungkapkan cara penghitungannya.

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

 








 A. Menjumlahkan Bilangan tanpa Menyimpan

Yumna senang memelihara ikan koi. Ikan koi ada bermacam warna. Yumna dibuatkan kolam oleh ayahnya. Sekarang, Yumna memiliki 2kolam.

Mari kita hitung ikan koi Yumna.

Ikan koi di kolam 1 ada 14 ekor.

Ikan koi di kolam 2 ada 22 ekor.

Berapa banyak ikan koi Yumna?

Cara menjumlahkannya seperti berikut :


Danish dan Niko senang memancing ikan. Keduanya pergi ke sungai. Danish mendapat ikan banyak. Niko mendapat ikan lebih sedikit.



Jika sudah selesai matematikanya, kita lanjutkan ke pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak..

Dimana Ibu Guru harapkan kalian nantinya bisa mengenali lima simbol Pancasila dalam Garuda Pancasila dengan tepat.

 

Materi                                  :  Hubungan Simbol dan Sila Pancasila

CP                                           : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

TP                                :  Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games snowball throwing dan diskusi kelompok tentang simbol dan sila Pancasila, peserta didik dapat menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila dengan tepat.

Arti 5 Sila Pancasila

Pancasila terdiri dari lima sila atau asas yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

1.    Sila pertama: Ketuhanan yang Maha Esa (simbol bintang)

Bintang menggambarkan sebuah cahaya. Cahaya pada simbol bintang ini diibaratkan sebagai cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada manusia.

 

2.    Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (simbol rantai)

Rantai pada simbol kedua terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu bermakna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu membahu, dan saling membutuhkan.

 

3.    Sila ketiga: Persatuan Indonesia (Simbol pohon beringin)

Pohon beringin digambarkan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah Negara Indonesia. Pohon beringin yang bersifat menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

 

4.    Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan (Simbol kepala banteng)

Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan.

 

5.    Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Simbol padi dan kapas)

Padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.

 

 Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar.
    Dalam pembelajaran, Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah memahami penjumlahan tanpa menyimpan, baik dengan cara bersusun pendek maupun bersusun panjang. Namun, masih ada 3 anak yang masih harus didampingi dalam pembelajaran.
    Dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, anak-anak sudah memahami makna dari 2 simbol Pancasila, yaitu bintang dan rantai emas.

    BalasHapus

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...