MATERI AJAR
BAHASA
INDONESIA
Hari / Tanggal : Senin / 5 Agustus 2024
Kelas : 2. B
Materi :
Mengenal Berbagai Jenis Perasaan dan
Penyebabnya
CP :
· Menyimak
1.
Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2.
Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio,
teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan
tujuan berkomunikasi.
· Membaca
dan Memirsa
1.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.
2.
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang
dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3.
Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau
tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara
dan Mempresentasikan
1.
Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan
santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2.
Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi
komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun
dalam suatu percakapan.
3.
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan
gambar dan/atau ilustrasi.
4.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau
didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca
dengan topik diri dan lingkungan.
· Menulis
1.
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan
benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan
garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2.
Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat
sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi
berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang
kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan
sehari-hari.
TP :
·
Melalui membaca bersama teman secara
bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang sering ditemui
sehari-hari.
·
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat
menulis huruf kapital pada unsur nama dalam penulisan kalimat.
·
Melalui membaca bersama teman secara
bergantian, peserta didik dapat menemukan informasi pada sebuah bacaan.
·
Melalui membuat peta berpikir, peserta didik
dapat menuliskan kata-kata penyebab rasa takut.
·
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat
menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca titik, huruf kapital, dan spasi
dengan tepat.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana
kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik,
hari ini kita akan belajar Bahasa Indonesia. Apakah anak-anak sudah siap untuk
belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Bahasa
Indonesia yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
·
Tunjukkan judul cerita “Kiki dan Cici”. Tanyakan kepada peserta didik,
siapakah Kiki dan Cici?
·
Apa yang kira-kira terjadi pada mereka berdua?
·
Mintalah peserta didik membaca cerita “Kiki dan Cici” bersama teman
secara bergantian.
·
Berkelilinglah untuk membantu peserta didik yang kesulitan membaca.
Jelaskan arti kosakata baru kepada
peserta didik.
·
Minta para peserta didik mengerjakan soal latihan agar mereka memahami
makna kosakata baru.
Kunci Jawaban
1. Usil
2. Dekorasi
·
Ingatkan pada Bahas Bahasa sebelumnya, yaitu tentang penggunaan huruf
kapital pada awal kalimat.
·
Lalu, jelaskan bahwa huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama
unsur nama.
·
Tegaskan bahwa ini tetap berlaku meskipun unsur nama berada di tengah
atau akhir kalimat.
·
Dampingi peserta didik untuk membaca ulang cerita.
·
Minta peserta didik untuk menemukan huruf kapital di setiap unsur nama.
·
Minta peserta didik untuk menyebutkan banyaknya nama Kiki disebut dalam
wacana.
·
Minta peserta didik untuk menyebutkan banyaknya nama Cici disebut dalam
wacana.
·
Dampingi peserta didik untuk mengamati dua kalimat tidak sempurna di buku
·
mereka.
·
Kemudian, mintalah peserta didik untuk menyunting kalimat tersebut dengan
menambahkan huruf kapital pada awal unsur nama.
Kunci Jawaban
1. Riri anak
yang usil.
2. Titu main
dengan Tuti.
·
Minta peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari empat anak.
·
Beri mereka waktu untuk berdiskusi mengenai rasa takut dan penyebabnya.
·
Berkelilinglah untuk mengamati jalannya diskusi tiap-tiap kelompok.
Catatlah cara peserta didik menyampaikan pendapat, menanggapi komentar teman,
dan menunggu giliran berbicara.
Minta peserta didik mengamati gambar
peta berpikir di Buku Siswa.
2. Kemudian, beri tahu para peserta
didik bahwa mereka akan bersama-sama membuat peta berpikir tentang penyebab
rasa takut.
3. Buatlah empat kelompok penyebab rasa
takut: keadaan, benda, suara, dan binatang.
4. Anda boleh membuat peta berpikir di
papan tulis atau di selembar karton besar.
5. Minta peserta didik bergantian
menuliskan penyebab rasa takut masin-gmasing pada peta berpikir.
6. Bila ada peserta didik yang kesulitan
menulis, bantulah dengan mengeja suku kata.
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini
ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua
hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya
sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar