Senin, 18 September 2023

Kelas 2. Tema 2 Subtema 4 PB 6

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Selasa, 19 September 2023

Tema 2                               :  Bermain di Lingkungan

Subtema 4                         :  Bermain di Tempat Wisata

Pembelajaran                   :  6

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 6. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan percaya diri, siswa dapat menyebutkan manfaat mematuhi aturan di tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari dengan disiplin, siswa dapat mensimulasikan kegiatan antrean sesuai aturan yang berlaku di tempat wisata dengan percaya diri. Serta, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

  

Kunjungan terakhir menuju kebun binatang.

Beni bersama teman sekelasnya membeli tiket.

Ia ikut antrean yang panjang. Beni ingin menunggangi gajah.

  

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!




Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!


Buatlah kalimat dengan menggunakan lima kata di atas!

      1.       Menunggangi: ....................................................... .

................................................................................

      2.       Sewa: ......................................................................

 .................................................................................

      3.       Pemandu: ...............................................................

 .................................................................................

      4.       Menekuk: ...............................................................

.................................................................................

      5.       Aba-aba: ................................................................

 .................................................................................

  

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut dengan cermat!


Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!

Keragaman Benda

Petunjuk:

1. Amatilah alat dan bahan pada gambar di atas satu per satu!

2. Isilah titik-titik di bawah!

 

Hasil pengamatan:

      1.       Nama benda : ..........................................

Ciri-ciri benda : ..........................................

Bentuk benda : ..........................................

 

      2.       Nama benda : ..........................................

Ciri-ciri benda : ..........................................

Bentuk benda : ..........................................

 

      3.       Nama benda : ..........................................

Ciri-ciri benda : ..........................................

Bentuk benda : ..........................................


      4.       Nama benda : ..........................................

Ciri-ciri benda : ..........................................

Bentuk benda : ..........................................




Ayo Berlatih

Sekarang ayo bacakan hasil pengamatanmu ke depan kelas!




Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu!

1. Bagaimana manfaat mematuhi aturan di tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari?

 

............................................................................ .

...........................................................................

2. Bagaimana akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di tempat wisata?

 

............................................................................

............................................................................

3. Bagaimana manfaat mematuhi aturan di rumah dalam kehidupan sehari-hari?

 

............................................................................

............................................................................

4. Bagaimana akibat yang tidak sesuai dengan aturan di rumah?

 

............................................................................

............................................................................

 

 

Ayo Mencoba

Coba lakukan kegiatan antrean membeli tiket masuk kebun binatang bersama teman di kelasmu!

Lakukan dengan tertib sesuai aturannya!


Perhatikan soal berikut!

Kerjakan dengan cermat!

 Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda.

Bantulah petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!

1. 16 :  8 :  2  =  ...  :  ... = ...    

2. 45 :  3  :  5  =  ...  :  ... = ...    

3. 33 :  11 :  3  =  ...  :  ... = ...  

4. 42 :  3 : 7  = ... : ... = ...   

5. 54  :  3  :  6  =  ...  :  ...   =  ... 

6. 56 :  4  :  7  =  ...  :  ...  = ... 

7. 40 :  4  :  5  =  ...  :  ...  =  ... 

8. 72   :  9  :  4  =  ...  :  ...  =  ... 

9. 84 :  7  :  4  =  ...  :  ...  =  ... 

10. 90 :  5  :  6  =  ...  :  ...  =  ...

 

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...