Senin, 07 Maret 2022

Kelas 1. Tema 7 Subtema 2 "Hewan di Sekitarku" PB 1 dan 2

                                                     MATERI PEMBELAJARAN

  

Hari/ Tanggal          : Senin, 07 Maret 2022

Tema 7                     : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 2               : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran         : 1 dan 2

Tujuan                     :

1.  Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat .

2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis dengan tepat

3.  Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan di rumah dengan benar.

4.  Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan benar.

5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dengan benar.

6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak alam dalam suatu tarian  dengan benar.


Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar anak sholih/ah Ibu Guru?

Alhamdulillah, 2 hari yang lalu kita sudah beristirahat sejenak dari kegiatan KBM ya Nak..

Bagaimana dengan semangatnya?

In syaa Allah tetap semangat ya sayang.. ^,^

Hari ini anak-anak baik Ibu guru akan melanjutkan materi berikutnya di Tema 7 Subtema 2.

Apakah Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Yuukkk, bersiap. Jangan lupa mandi terlebih dahulu, sarapan, menyimak tausiah, shalat dhuha serta murrajah ya sayang..

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.  Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Hewan merupakan benda hidup.

Benda hidup disebut juga makhluk hidup.

Ada banyak jenis hewan di sekitar kita.

Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar.

Tempat tinggalnya berbeda-beda.

Ukuran badannya berbeda.

Cara bergeraknya pun berbeda.

Hewan termasuk makhluk hidup ciptaan Tuhan.

Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.

 

 

Ayo Mengamati



Hewan Peliharaan Beni

Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita.

Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah.

Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah.

Beni memiliki kucing peliharaan.

Beni sangat menyayangi kucing tersebut.

Beni selalu merawat kucingnya.

Setiap hari Beni memberi makan dan minum.

Beni juga membersihkan badan dan kukunya.

Kucing Beni bersih dan sehat.

Beni senang bermain bersamanya.

Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.

 

  

Perhatikan gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini.

Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya.

Perhatikan tulisan tersebut.

Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan.

Beni memberi makan kucingnya dengan teratur.

Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan.

Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya.

Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni.

 


Sekarang perhatikan gambar berikut.

Apa pemberitahuan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut?

Iya benar sekali. Tanda tersebut adalah tanda bahwa kita di suatu tempat tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Seperti halnya jika kita naik pesawat.

 

Naaahh sekarang anak-anak perhatikan gambar berikut!



 

Hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda.

Lakukan permainan tebak gerak secara berkelompok.

Ciptakan sendiri gerakan menirukan hewan.

Kemudian mintalah temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.

 

 

Ayo Menari

Sekarang cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut.

Gerakan pertama


Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci.

Kedua tangan diletakkan di samping telinga.

Kaki sedikit ditekuk.



Gerakan kedua

Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat.

Kedua tangan diletakkan di samping telinga.

Kaki sedikit ditekuk.

Lompat ke kanan satu langkah.

Lalu lompat ke kiri satu langkah



Gerakan ketiga

Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci.

Kedua tangan diletakkan di samping telinga.

Kaki sedikit ditekuk.

Kepala menengok ke kiri satu kali.

Kepala menengok ke kanan satu kali.

 

 

Gerakan keempat

Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci.

Kedua tangan diletakkan di samping telinga.

Kaki sedikit ditekuk.

Kemudian badan digoyang ke kiri dan ke kanan.

 

Lakukan gerakan sesuai urutan berikut.

1. Lompat ke kanan

2. Lompat ke kiri

3. Lompat ke kanan

4. Goyang kepala

 

Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut.

1. Lompat ke kanan

2. Lompat ke kiri

3. Lompat ke kanan

4. Goyang badan

 

Gunakan aba-aba berikut.

Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang

Cobalah membuat gerakan sesuai imajinasimu.

 

 

Ayo Mengamati




Tempat Tinggal Hewan

Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku  tentang hewan.

Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan.

Hewan tinggal di tempat yang berbeda.

Ada hewan yang tinggal di darat.

Contohnya ayam, kelinci, dan kucing.

Ada hewan yang tinggal di air.

Contohnya ikan.

 

Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat.

Contohnya katak.

Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera.

Menurut Beni,  kera tinggal di darat.

Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon.

Bagaimana pendapatmu?

 

Tugas


Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...