MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Senin, 07 Maret
2022
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 2 : Hewan di Sekitarku
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan :
1. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberitahuan secara
tertulis dengan tepat .
2. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menulis ungkapan pemberitahuan secara tertulis
dengan tepat
3. Setelah
membaca teks, siswa dapat menyampaikan informasi tentang aturan merawat hewan
di rumah dengan benar.
4. Setelah
membaca teks, siswa dapat menyampaikan kegiatan merawat hewan di rumah dengan
benar.
5. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan
gerak alam dengan benar.
6. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak
alam dalam suatu tarian dengan benar.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Apa kabar anak sholih/ah Ibu Guru?
Alhamdulillah, 2 hari yang lalu kita sudah beristirahat sejenak dari kegiatan KBM ya Nak..
Bagaimana dengan semangatnya?
In syaa Allah tetap semangat ya sayang.. ^,^
Hari ini anak-anak baik Ibu guru akan melanjutkan materi berikutnya di Tema 7 Subtema 2.
Apakah Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Yuukkk, bersiap. Jangan lupa mandi terlebih dahulu, sarapan, menyimak tausiah, shalat dhuha serta murrajah ya sayang..
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.
Hewan merupakan benda hidup.
Benda hidup disebut juga makhluk hidup.
Ada banyak jenis hewan di sekitar kita.
Ada hewan peliharaan dan ada hewan
liar.
Tempat tinggalnya berbeda-beda.
Ukuran badannya berbeda.
Cara bergeraknya pun berbeda.
Hewan termasuk makhluk hidup ciptaan
Tuhan.
Hewan peliharaan harus dirawat dan
disayangi.
Ayo Mengamati
Hewan Peliharaan Beni
Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita.
Ada kucing yang
berkeliaran di luar rumah.
Ada kucing yang
dipelihara di dalam rumah.
Beni memiliki
kucing peliharaan.
Beni sangat
menyayangi kucing tersebut.
Beni selalu
merawat kucingnya.
Setiap hari
Beni memberi makan dan minum.
Beni juga
membersihkan badan dan kukunya.
Kucing Beni
bersih dan sehat.
Beni senang
bermain bersamanya.
Hewan
peliharaan harus dirawat dengan baik.
Perhatikan
gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini.
Beni memberikan
tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya.
Perhatikan
tulisan tersebut.
Beni ingin
memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan.
Makanan yang
diberikan untuk kucing tidak sembarangan.
Hanya Beni yang
boleh memberi makanan pada kucingnya.
Semua anggota
keluarga mengikuti saran Beni.
Sekarang perhatikan gambar berikut.
Apa
pemberitahuan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut?
Iya benar
sekali. Tanda tersebut adalah tanda bahwa kita di suatu tempat tidak
diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Seperti halnya jika kita naik pesawat.
Naaahh
sekarang anak-anak perhatikan gambar berikut!
Hewan memiliki
cara bergerak yang berbeda-beda.
Lakukan
permainan tebak gerak secara berkelompok.
Ciptakan
sendiri gerakan menirukan hewan.
Kemudian mintalah
temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.
Ayo Menari
Sekarang
cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut.
Gerakan
pertama
Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci.
Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat.
Kedua tangan
diletakkan di samping telinga.
Kaki sedikit
ditekuk.
Lompat ke kanan
satu langkah.
Lalu lompat ke
kiri satu langkah
Gerakan ketiga
Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci.
Kedua tangan diletakkan di samping telinga.
Kaki sedikit ditekuk.
Kepala menengok ke kiri satu kali.
Kepala menengok ke kanan satu kali.
Gerakan keempat
menirukan gerakan badan kelinci.
Kedua tangan
diletakkan di samping telinga.
Kaki sedikit
ditekuk.
Kemudian badan
digoyang ke kiri dan ke kanan.
Lakukan gerakan
sesuai urutan berikut.
1. Lompat ke
kanan
2. Lompat ke
kiri
3. Lompat ke
kanan
4. Goyang
kepala
Ulangi gerakan
dengan urutan sebagai berikut.
1. Lompat ke
kanan
2. Lompat ke
kiri
3. Lompat ke
kanan
4. Goyang badan
Gunakan aba-aba
berikut.
Kanan – kiri –
kanan – goyang-goyang
Cobalah membuat
gerakan sesuai imajinasimu.
Ayo Mengamati
Tempat Tinggal Hewan
Udin, Edo, dan
Beni sedang membaca buku tentang hewan.
Mereka
mengamati gambar tempat tinggal hewan.
Hewan tinggal
di tempat yang berbeda.
Ada hewan yang
tinggal di darat.
Contohnya ayam,
kelinci, dan kucing.
Ada hewan yang
tinggal di air.
Contohnya ikan.
Ada pula hewan
yang dapat tinggal di air dan di darat.
Contohnya
katak.
Namun Udin
merasa bingung menentukan tempat tinggal kera.
Menurut
Beni, kera tinggal di darat.
Namun menurut
Edo, kera tinggal di pohon.
Bagaimana
pendapatmu?
Tugas
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan
belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih..
Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar