MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Selasa, 01 Maret 2022
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1 : Benda Hidup dan Tak
Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan Pembelajaran :
- Setelah
menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan
benar.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam
sebuah lagu dengan benar.
- Setelah membaca
teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar secara
lisan dengan tepat.
- Setelah membaca
teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup
dan tak hidup dengan benar.
- Melalui kegiatan
identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang
berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
- Setelah
berdiskusi, siswa dapat menggunakan
kosa kata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan
tepat.
- Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
- Setelah
mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol
sila keempat Pancasila dengan benar.
- Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Apa kabar anak sholi/ah Ibu Guru?
Alhamdulillah, 2 hari yang lalu kalian sudah menyelesaikan Penilaian Harian Tema 6 ya Nak...
Bagaimana dengan hasilnya? In syaa Allah, hasil terbaik ya Nak..
Itu berarti, hari ini anak-anak baik Ibu guru akan melanjutkan materi berikutnya di Tema 7.
Apakah Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Yuukkk, bersiap. Jangan lupa mandi terlebih dahulu, sarapan, menyimak tausiah, shalat dhuha serta murrajah ya sayang..
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.
Udin dan teman-teman pergi bersama ke
sekolah.
Mereka mengenakan seragam dengan rapi
dan lengkap.
Topi termasuk bagian dari seragam yang
harus dikenakan.
Topi dan seragam merupakan contoh benda
tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi?
Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar?
Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar
bersama teman-temanmu.
Perhatikan lirik lagu tersebut.
Apakah topimu juga berbentuk bundar?
Kemudian perhatikan tanda yang ada di
bawah syair lagu berikut ini.
Diskusikan bersama temanmu.
Apa saja benda yang memiliki kesamaan
dengan topi?
Ayo Berlatih
Mari, belajar mengenali benda-benda di
sekitar kita.
Amati gambar di bawah ini.
Apa saja benda hidup yang ada di
sekitarmu?
Apa saja benda tak hidup yang ada di
sekitarmu?
Coba kelompokkan benda-benda tersebut
berdasarkan cirinya.
Perhatikan gambar benda-benda berikut.
Dari benda-benda di atas, apakah
anak-anak mengetahui mana saja benda yang hidup dan benda ya mati?
Ya benar sekali anak-anak Ibu Guru..
Yang merupakan benda hidup adalah Edo,
Lani, Udin, Anak bebek.
Yang merupakan benda tak hidup adalah
Tiang
bendera, gedung sekolah, sepeda, boneka, mobil-mobilan dan garuda Pancasila.
Ayo Mengamati
Benda-benda di kelas harus kita
pelihara dengan baik.
Kegiatan memelihara benda dengan baik
termasuk perbuatan yang terpuji.
Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada
dinding kelas.
Pada lambang negara tersebut terdapat
sila-sila Pancasila.
Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai
sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan
bunyi sila ke-4 Pancasila.
Simbol sila ke-4 Pancasila adalah
kepala banteng.
Bacalah
dengan nyaring!
Udin dan Lani bermain bersama.
Udin membawa kucing peliharaannya.
Lani membawa boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin memberi makan
kucingnya.
Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering mengajak kucingnya
berjalan-jalan di taman.
Udin merawat kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan
bonekanya.
Lani membersihkan bonekanya setiap
hari.
Tugas
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan
belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih..
Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar