MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Kamis, 4 April 2024
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 3 : Kebersamaan
di Tempat Bermain
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan
mempelajari tentang gerakan melempar dan menangkap bola di air, melakukan
gerakan melempar dan menangkap bola di air, memahami karakteristik teman
sekolah berdasarkan agama, menentukan sikap terhadap teman sekolah yang berbeda
agama, menemukan kata sapaan dalam dongeng, menjelaskan penggunaan kata sapaan
dalam dongeng. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti
kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru di sekolah.
Ayo Mengamati
Bermain Bola Estafet di Air
Permainan ini merupakan salah satu bentuk permainan pengenalan air secara
tidak sadar menggunakan alat. Permainan ini berjenis permainan kompetitif atau
perlombaan. Permainan ini juga sangat sederhana karena permainan ini tidak
membutuhkan banyak alat. Sehingga walaupun adanya keterbatasan alat permainan
ini tidak mengalami kendala. Alat yang digunakan hanyalah bola (boleh bola
kasti, bola karet, bola sepak, dan lain-lain).
Alat-yang dibutuhkan:
- Kolam renang
- Tiga buah bola
Aturan dan cara melakukan permainan:
- Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok
- Siswa akan melakukan perlombaan estafet dengan cara melempar dan
menangkap bola
- Lintasan estafet hanya lurus 2 baris dengan posisi zig-zag, estafet
pertama dilakukan dari anak paling ujung.
- Cara melempar dan menangkap bola dilakukan menggunakan tangan
- Kelompok siswa yang paling cepat melempar dan menangkap bola dari
ujung awal dan akhir adalah pemenang.
Ayo Mencoba
Lakukan gerakan melempar dan menangkap bola di air! Lakukan permainan bola
estafet!
Siti bersama teman-temannya berolahraga di air
Siti bermain bola estafet bersama teman-teman.
Sebelum bermain, mereka melakukan gerakan pemanasan dengan melempar dan
menangkap bola.
Siti bermain dengan senang gembira.
Ketika bermain, Dayu jatuh.
Kaki kirinya berdarah. Siti dan teman-temannya membantu.
Walaupun mereka berbeda agama, tetapi saling membantu.
Ayo Berdiskusi
Berilah contoh sikap kepada teman yang jatuh sementara teman tersebut
berbeda agama!
Sikap yang Baik |
Sikap yang Tidak Baik |
|
|
Siti bersama teman-temannya membawa Dayu ke ruang Unit Kesehatan Sekolah
(UKS).
Siti disambut petugas dari dokter kecil dan didampingi Ibu guru.
Dayu segera diobati, kemudian siswa sebagai dokter kecil berbincang dengan
Siti
Ayo Menulis
Buatlah kalimat perbincangan antara Siti dan dokter kecil yang menanyakan
kejadian jatuhnya Dayu! Tentukan kata sapaan yang digunakan! Jelaskan alasanmu
menggunakan kata sapaan tersebut!.
Siti |
: |
“Selamat Pagi, Dokter!” |
Dokter |
: |
“Selamat Pagi, Siti.” |
Siti |
: |
“Dokter, Dayu jatuh di kolam renang. Tolong bantu
dia.” |
Dokter |
: |
“Baiklah Siti, saya akan periksa dulu.” |
Siti |
: |
“Terima kasih, Dokter.” |
Siti |
: |
“Sama-sama, Siti.” |
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar