MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jumat, 5 April 2024
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 3 : Kebersamaan
di Tempat Bermain
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan
mempelajari tentang memahami kebersamaan di tempat bermain, menjelaskan
penggunaan kata sapaan dalam percakapan dalam bahasa tulis, menuliskan kata
sapaan dalam kalimat, menyatakan pecahan setengah, seperempat dan sepertiga
sebagai bagian dari keseluruhan, menyajikan pecahan setengah, seperempat, dan
sepertiga yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret,
mengidentifikasi ciri-cirii, mengidentifikasi bahan, cara menggunakan bahan,
mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif dengan bahan
alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti
kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Bermain di Halaman Rumah
Seusai sekolah teman-teman Siti pergi ke rumah Siti.
Rumah teman-teman Siti saling berdekatan.
Mereka bermain di halaman. Siti dan teman-temannya bermain berburu hewan.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Bagaimana cara bermain Berburu Hewan?
Jawab: Permainan Tradisional Berburu Hewan
Pertama diawali dengan cara diundi/Hompimpa “Hompimpa alaium gambreng. Mpok
Ipah pakai baju rombeng.“ untuk mencari dua orang untuk menjadi pemburu dan
yang lainnya menjadi binatang sebagai sasarannya. Anak yang terkena lemparan
bola dari pemburu, maka dia harus keluar dari arena permainan.
2. Sebutkan tempat bermainmu yang sering kamu lakukan bersama temanmu!
Jawab: Bermain di halaman rumah
3. Sebutkan contoh sikap baik terhadap teman yang memiliki permainan
kesukaan yang berbeda!
Jawab: Menghormati dan menghargai teman yang memiliki
kesukaan permainan yang berbeda
4. Sebutkan contoh sikap jelek terhadap teman yang memiliki permainan
kesukaan yang berbeda!
Jawab: Menghina, mengejek, mengolok-olok teman yang memiliki
kesukaan permainan berbeda
5. Sebutkan sikap yang diperbolehkan kepada semua teman!
Jawab: Menghormati, menyayangi , saling menolong dan lain
sebagainya
6. Sebutkan sikap yang tidak diperbolehkan kepada semua teman!
Jawab: Menghina, mengejek, memusuhi dan lain sebagainya
Setiap siswa memiliki ciri dan sifat sendiri.
Ada yang menyukai warna kuning, ada siswa yang menyukai biru.
Ayo Menulis
Buatlah kalimat yang menggunakan kata sapaan berikut ini!
Siti- Pak Guru- Adik - Kakak - Kamu - Kami - Kita
Dayu |
: |
Siti, tolong ambilkan bukuku!” |
Siti |
: |
“Selamat pagi, Pak Guru!” |
Siti |
: |
“Adik, kemana Ibu pergi?” |
Ali |
: |
“Tunggu aku, Kakak!” |
Siti |
: |
“Aku akan membantu Ibu memasak, Kamu bantu
Ayah membersihkan selokan!” |
Dayu |
: |
“Hari ini ada lomba kebersihan, Kami akan
bekerja sama membersihkan kelas” |
Udin |
: |
“Kebersihan lingkungan kelas adalah tugas bersama, Kita
harus menjaganya.” |
Siti dan teman-temannya bermain Berburu Hewan.
Siswa yang berperan sebagai hewan jika terkena lemparan harus keluar area.
Siti melempar bola ke arah Dayu.
Kaki Dayu terkena lemparan Siti. Dayu pun harus keluar area karena kakinya
terkena lemparan bola.
Ayo Berlatih
Nyatakan seekor hewan berikut dalam bentuk pecahan dari kumpulannya!
Ayo Berlatih
Pasangkanlah antara pecahan dan gambar yang sesuai!
Membuat Patung Hewan
Proses pembuatan patung:
- Siapkan tanah liat atau plastisin.
- Siapkan alat bantu dan air.
- Siapkan meja putar (jika ada).
- Siapkan gambar rancangan patung.
- Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi
sedikit.
- Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara
global.
- Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa
dikurangi.
- Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir
dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.
Ayo Berkreasi
Buatlah patung hewan dari tanah liat atau plastisin!
Alat dan bahan:
1. Tanah liat atau plastisin
2. Air
Buatlah sketsa patung yang akan kamu buat! Gambarlah di bawah ini!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar