Kamis, 04 April 2024

kelas 2. Tema 7 Subtema 3 PB 6

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :  Jumat,  5 April 2024

Tema 7                               :  Kebersamaan 

Subtema 3                         :  Kebersamaan di Tempat Bermain

Pembelajaran                   :  6

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan mempelajari tentang memahami kebersamaan di tempat bermain, menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dalam bahasa tulis, menuliskan kata sapaan dalam kalimat, menyatakan pecahan setengah, seperempat dan sepertiga sebagai bagian dari keseluruhan, menyajikan pecahan setengah, seperempat, dan sepertiga yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret, mengidentifikasi ciri-cirii, mengidentifikasi bahan, cara menggunakan bahan, mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif dengan bahan alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.



Bermain di Halaman Rumah

Seusai sekolah teman-teman Siti pergi ke rumah Siti.

Rumah teman-teman Siti saling berdekatan.

Mereka bermain di halaman. Siti dan teman-temannya bermain berburu hewan.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

 

1. Bagaimana cara bermain Berburu Hewan?

Jawab: Permainan Tradisional Berburu Hewan

Pertama diawali dengan cara diundi/Hompimpa “Hompimpa alaium gambreng. Mpok Ipah pakai baju rombeng.“ untuk mencari dua orang untuk menjadi pemburu dan yang lainnya menjadi binatang sebagai sasarannya. Anak yang terkena lemparan bola dari pemburu, maka dia harus keluar dari arena permainan.

 

2. Sebutkan tempat bermainmu yang sering kamu lakukan bersama temanmu!

Jawab: Bermain di halaman rumah

 

3. Sebutkan contoh sikap baik terhadap teman yang memiliki permainan kesukaan yang berbeda!

Jawab: Menghormati dan menghargai teman yang memiliki kesukaan permainan yang berbeda

 

4. Sebutkan contoh sikap jelek terhadap teman yang memiliki permainan kesukaan yang berbeda!

Jawab: Menghina, mengejek, mengolok-olok teman yang memiliki kesukaan permainan berbeda

 

5. Sebutkan sikap yang diperbolehkan kepada semua teman!

Jawab: Menghormati, menyayangi , saling menolong dan lain sebagainya

 

6. Sebutkan sikap yang tidak diperbolehkan kepada semua teman!

Jawab: Menghina, mengejek, memusuhi dan lain sebagainya

 

Setiap siswa memiliki ciri dan sifat sendiri.

Ada yang menyukai warna kuning, ada siswa yang menyukai biru.


Ayo Menulis

Buatlah kalimat yang menggunakan kata sapaan berikut ini!

Siti- Pak Guru- Adik - Kakak - Kamu - Kami - Kita

Dayu

:

Siti, tolong ambilkan bukuku!”

Siti

:

“Selamat pagi, Pak Guru!”

Siti

:

Adik, kemana Ibu pergi?”

Ali

:

“Tunggu aku, Kakak!”

Siti

:

“Aku akan membantu Ibu memasak, Kamu bantu Ayah membersihkan selokan!”

Dayu

:

“Hari ini ada lomba kebersihan, Kami akan bekerja sama membersihkan kelas”

Udin

:

“Kebersihan lingkungan kelas adalah tugas bersama, Kita harus menjaganya.”

 

Siti dan teman-temannya bermain Berburu Hewan.

Siswa yang berperan sebagai hewan jika terkena lemparan harus keluar area.

Siti melempar bola ke arah Dayu.

Kaki Dayu terkena lemparan Siti. Dayu pun harus keluar area karena kakinya terkena lemparan bola.

 

Ayo Berlatih

Nyatakan seekor hewan berikut dalam bentuk pecahan dari kumpulannya!



Ayo Berlatih

Pasangkanlah antara pecahan dan gambar yang sesuai!


Membuat Patung Hewan

Proses pembuatan patung:

  1. Siapkan tanah liat atau plastisin.
  2. Siapkan alat bantu dan air.
  3. Siapkan meja putar (jika ada).
  4. Siapkan gambar rancangan patung.
  5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.
  6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
  7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.
  8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.

Ayo Berkreasi

Buatlah patung hewan dari tanah liat atau plastisin!

Alat dan bahan: 

1. Tanah liat atau plastisin 

2. Air 

Buatlah sketsa patung yang akan kamu buat! Gambarlah di bawah ini!

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...