MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal : Selasa, 1 Agustus 2023
Tema
1 : Hidup Rukun
Subtema
2 : Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema
1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 3 . Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan
mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala, melakukan gerak
koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan, membuat teks percakapan
yang mengandung kalimat ajakan, memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada
teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara, membandingkan
bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan, dan membubuhkan tanda
<, = , atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat. Sebagai
catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan
pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo
Mengamati
Pentas
seni diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.
Dalam
acara pentas seni, Siti dan teman-teman akan menari.
Mereka
bersemangat mempersiapkan tarian.
Inilah
tarian yang akan ditampilkan Siti
Lakukanlah
gerakan-gerakan tarian tersebut secara berurutan sesuai hitungan!
Perhatikan
koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala.
Lakukan
gerakan bersama-sama dengan temanmu.
Gerakan
juga dapat dikembangkan sendiri.
Lani
memperhatikan Siti berlatih menari.
Ia juga
ingin ikut menari.
Apa
yang sebaiknya dilakukan Siti?
Menurutku,
sebaiknya Siti :
Menurutku,
sebaiknya Siti mengajak Lani berlatih menari bersama.
Ayo
Bermain Peran
Buatlah
percakapan antara Siti dan Lani!
Percakapan
mereka berisi tentang ajakan Siti kepada Lani.
Siti
mengajak Lani untuk ikut menari.
Siti
mengatakan agar Lani mau menari di depan teman-teman.
Peragakan
percakapan tersebut di depan kelas!
Percakapan
Siti dan Lani:
Siti |
: |
"Lani, ayo
ikut aku berlatih menari" |
Lani |
: |
"Tapi aku
belum bisa menari, Siti" |
Siti |
: |
"Tidak
apa-apa, aku akan membantumu berlatih" |
Lani |
: |
"Baiklah Siti,
terimakasih sudah membantuku" |
Ayo
Mengamati
Tidak
hanya anak-anak yang sibuk.
Ibu-ibu
pun sibuk mempersiapkan konsumsi.
Ada 225
makanan kotak dan 252 minuman botol. Manakah yang lebih banyak?
Cara
untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan
membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan
bilangan 225 dan 252
Nilai
angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 200.
Nilai
angka pada tempat puluhannya tidak sama, yaitu 20 dan 50.
Karena
20 kurang dari 50, maka 225 kurangdari 252.
Perbandingan
kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.
Simbol “
< “ menunjukkan bilangan kurang dari.
Simbol “
> “ menunjukkan bilangan lebih dari.
Simbol “
= “ menunjukkan bilangan sama dengan.
Jadi,
dapat ditulis 225 < 252
Ayo
Berkreasi
Membuat
Kartu Bilangan
Bahan
dan Alat:
· Kertas
karton bekas bungkus pasta gig
· Spidol
· Gunting
Cara
Membuat:
· Buatlah
pola seukuran kartu.
· Jiplakkan
pada kertas karton kosong.
· Tuliskan
angka 1 sampai 9 pada pola.
Gunakan
kartu bilangan buatanmu untuk bermain dengan teman sebangkumu.
Simpan
semua bilangan di atas meja dengan posisi tertutup.
Masing-masing
mengambil tiga kartu.
Kartu
disusun menjadi bilangan tiga angka.Bandingkan kedua bilangan yang diperoleh
Perhatikan
contoh berikut ini
Ambillah
3 kartu secara acak.
Tulislah
tiga angka tersebut menjadi bilangan ratusan.
Misalkan
kartu 3 kartu yang kita ambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 365
Kembalikan
kartu ke meja.
Ambil
lagi 3 kartu secara acak. Lalu tulis lagi menjadi bilangan ratusan.
Misalkan
3 kartu yang diambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 347
Bandingkan
kedua bilangan tersebut dengan simbol < atau >
1.
Pada nilai tempat ratusan kedua bilangan
memiliki ratusan yang sama.
2.
Selanjutnya ke nilai tempat satuan 6 lebih
besar dari 4
3.
Sehingga 365 > 347
Berikut
ini beberapa contoh yang lain
Bilangan
1 |
Simbol |
Bilangan
2 |
965 |
> |
867 |
574 |
< |
678 |
754 |
> |
253 |
198 |
> |
145 |
546 |
< |
657 |
Ayo
Berlatih
Bandingkan
dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
||||
349 = |
300 |
+ |
40 |
+ |
.9 |
325 |
300 |
+ |
20 |
+ |
5 |
394= |
300 |
+ |
90 |
+ |
4 |
352 |
300 |
+ |
50 |
+ |
2 |
Bilangan 349 kurang
dari 394 |
Bilangan 325 kurang
dari 352 |
||||||||||
Jadi, 349 < 394 |
Jadi, 325 < 352 |
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
||||
668 = |
600 |
+ |
60 |
+ |
.8 |
512 |
500 |
+ |
10 |
+ |
2 |
662= |
600 |
+ |
60 |
+ |
2 |
521 |
500 |
+ |
20 |
+ |
1 |
Bilangan 668 lebih
dari 662 |
Bilangan 512 kurang
dari 521 |
||||||||||
Jadi, 668 > 662 |
Jadi, 512 < 521 |
Lengkapi
titik-titik dengan tanda “< , = , atau > “!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar